wpJakarta Blueprint

wpJakarta – wpJakarta Blueprint. Ini adalah catatan mengenai blueprint website kami. Mungkin anda ingin tau tentang bagaimana website ini di buat dan teknologi yang di gunakan ? Kami dengan senang hati menjabarkannya pada halaman ini, wpJakarta Blueprint.

Terkait dengan kecepatan dan performa website wpJakarta.Com ? Apa yang anda rasakan ketika anda mengakses website ini ? Cepat atau lambat ? Kami dengan senang hati untuk mendengarkan feedback yang anda berikan.

Apa itu blueprint website ?

Blueprint website adalah rencana terperinci secara keseluruhan dari proyek mendesain atau mendesain ulang situs website. Website blueprint juga merupakan langkah penting dan yang utaman dari proyek mendesain atau desain ulang situs website. Blueprint Website mencakup sebagian besar penetapan tujuan, penelitian, dan perencanaan. Dalam hal ini pemilik website memiliki kepentingan yang signifikan dalam dokumen blueprint yang akan membentuk setiap elemen dari desain sebuah situs website.

wpJakarta Blueprint

Berikut beberapa list terkait dengan komponen dan teknologi web wpJakarta.Com yang bisa kami informasikan sebagai bagian dari Blueprint Website ini.

Blog Platform

Seperti sudah yang anda terka, bahwa wpJakarta.Com di tenagai platform blog terbaik dan paling populer sejagat raya, WordPress. Ya… kami menggunakan “self hosted” platform WordPress (WordPress.Org). Meskipun pada periode awal, kami menggunakan WordPress.Com. Sama-sama WordPress, tapi ada perbedaan yang signifikan tentang bagaimana membuat website dengan platform .org dan .com. Anda mungkin ingin mengetahui tentang perbedaan antara WordPress.Com dan WordPress.Org.

Nama Domain

Nama domain kami, “wpjakarta.com”. Di awal kami registrasi nama domain tersebut, kata WP di depannya berdiri untuk WordPress. Meskipun dalam beberapa aspek kami mengartikannya dengan Warung Produktif, itu karena kami juga mengembangkan situs website toko online dengan basis yang sama sebagai mesin usaha. Yang pasti kata WP di depan bukan berarti “Wanita Panggilan”.

Url domain wpjakarta.com sudah mendukung https dan hsts untuk lebih menjaga keamanan website ini. Tentang apa itu http atau hsts lihat artikel yang kami tag sebagai “SSL”.

Hosting

Ini seperti rumah yang kami kontrak, Tidak mewah namun nyaman kami tempati. Kami menggunakan produk hosting dalam negeri, NIAGAHOSTER. Performanya menurut kami sudah sangat mumpuni, lebih dari cukup dari yang kami harapkan. Anda mungkin sedang mencari produk hosting dalam negeri dengan performa yang mantap. Kami dapat merekomendasikan layanan niagahoster ini kepada anda. Dalam memilih produk hosting, selain performanya yang stabil, jangan lupa juga tentang layanan yang di berikan hoster tersebut.

Cek tentang layanan niagahoster di sini. Website Hosting niagahoster. Atau lihat halaman review kami tentang produk hosting niagahoster disini.

Tema Website

Bisa di bilang, kami ini adalah WordPress enthusiast. Tapi kami menempatkan diri hanya sebagai pengguna (user). Kami tidak secara khusus mendesai produk digital WordPress baik themes maupun plugins. Juga tidak secara khusus menawarkan layanan membuat website. Meskipun kami mungkin bisa membantu anda jika anda dalam tahap pemula dan ingin membangun website menggunakan platform WordPress.

Dalam wpJakarta blueprint kami memutuskan untuk menggunakan tema website yang sudah jadi. Karena menurut kami, itu lebih produktif di bandingkan jika harus membuatnya dari nol.

Kami memilih themes website dengan tema “viral”. Anda yang sudah intens dengan dunia tema website WordPress mungkin sudah tau tema website yang kami gunakan ini. Ceritanya ada orang baik yang menawarkan kami tema website bimber ini. Ialah Apriani Hani pemilik website https://bibittanaman.store yang memberikan kami tema website yang kami gunakan saat ini.

Plugin Website

Beberapa plugin esensial kami pasang di website ini diantaranya : Plugin SEO, Plugin caching dan Plugin keamanan. Kami sebisa meungkin membatasi penggunaan plugin dalam jumlah yang sangat minimal. Beberapa plugin kami gantikan dengan menambahkan kode script PHP ke dalam file function.php.

Litespeed cache plugin kami pilih sebagai plugin caching dan plugin optimisasi halaman dan web ini secara keseluruhan. Selain karena setting dan fitur optimisasi yang lengkap, juga ada layanan Quic cloud yang bisa di gunakan sebagai CDN.

Rankmath kami pasang sebagai plugin optimisasi SEO, sedangkan untuk plugin keamanan kami memilih plugin Wordfence. Yang keduanya bekerja dengan baik sesuai fungsinya menaikan trafik dan menjaga kemanan website ini meskipun kami sedang tidur.

Plugin lainnya mungkin kami kategorikan sebagai plugin non esensial. Yang fungsinya sebatas mengakomodasi niche “Viral” yang kami usung.

Kustom script

Beberapa script kustom kami sematkan ke dalam plugin yang kami buat sendiri. Beberapa di antaranya adalah untuk mematikan fitur WordPress yang tidak kami perlukan sebagai penunjang pagespeed loading website ini. Beberapa script yang kami gunakan, bisa di lihat di halaman repository github.