Posted on

Tips-trik Modifikasi Dan Kustomisasi Link Login WordPress

Kustomisasi Link Login WordPress

wpJakarta.Com – Tips-trik Modifikasi & Kustomisasi Link Login WordPress. Pernahkan anda menempatkan link login pada baris menu navigasi website WordPress. Namun biasanya link tersebut secara default akan bersifat statis. Di mana ketika ada orang yang melakukan login maka teks link tersebut akan tetap sebagai “login”.

Mungkin anda ingin ketika pada “state” logout atau tidak login link tersebut adalah “login”. Dan pada kondisi setelah link tersebut akan berubah menjadi “my-acount”. Jika jawabannya adalah ya dan itu adalah yang di inginkan, maka lanjutkan untuk membaca artikel ini. Artikel ini akan memberikan tips-trik modifikasi & kustomisasi ringan untuk meribah link login WordPress dalam kondisi logged-in atau logged-out.

Tips-trik WordPress & WooCommerce

Kenapa harus melakukan kustomisasi link login WordPress ?

Untuk website blog personal, link login mungkin bukan sesuatu hal yang penting. Karena tidak ada yang perlu untuk melakukan login selain anda sendiri sebagai pemilik website/blog tersebut. Sebaiknya, tahukah anda bahwa link login yang “jelas” sangat penting jika website tersebut adalah toko online, membership, forum dan jenis website lainnya di mana banyak orang harus melakukan login.

Itulah sebabnya bahwa link login seharusnya bukan hanya sekedar sebuah link yang di letakan di menu website. Namun link login harus benar-benar menjelaskan “state” user tersebut. Apakah dalam kondisi sudah login, belum login. Termasuk juga clear kemana user harus di arahkan ketika ingin mengakses dashboardnya dalam kondisi login. Termasuk juga “clear” ketika ingin melakukan logout.

Tips-trik modifikasi & kustomisasi link login WordPress menggunakan plugin

Tips-trik yang paling mudah untuk meng kustomisasi link login WordPress adalah dengan menggunakan plugin. Salah dua yang bisa di gunakan adalah Simple Login Logout atau Login-Logout. Simple dan mudah, install dan aktivasi plugin lalu ikuti setiap petunjuk pemasangan plugin tersebut. Plugin yang kami sebut kedua, bahkan akan menampilkan nama user dan “ngelink” ke halaman profil user tersebut.

Tips-trik modifikasi & kustomisasi link login WordPress tanpa plugin

Namun jika memilih untuk tidak menggunakan plugin, nyatanya memang ada cara atau tips-trik untuk meng kustomisasi link login WordPress dengan hanya menambahkan beberapa baris kode ke dalam file function.php. Namun sekali lagi kami sekedar mengingatkan bahwa mengedit langsung file function.php bukanlah cara yang baik. Karena kode yang biasa di tambahkan pasti akan terhapus jika terdapat update tema website.

Untuk menyiasatinya bisa dengan membuat site specific plugin khusus untuk menambahkan setiap kode tambahan ke dalam file WordPress. Untuk lebih jelas mengenai apa itu “site specific plugin” ? Kunjungi artikel Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress. yang pernah di tulis di website ini. Tambahkan baris kode berikut ke dalam file kode snippet anda.

add_filter( 'wp_nav_menu_items', 'ganti_teks_login', 10, 2 ); 
function ganti_teks_login( $items, $args ) { 
   if ( ! is_user_logged_in() ) { 
      $items = str_replace( "Akun saya »", "Login »", $items ); 
   } 
   return $items; 
}

Lihat juga artikel umum kami lainnya