Posted on

Tips-trik Meningkatkan Performa Website WordPress

wpJakarta – Tips-trik Meningkatkan Performa Website WordPress. WordPress memang CMS yang paling popular saat ini untuk membuat sebuah website. Dengan wordpress anda bisa membuat website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman. Dan jika anda membuat website dengan platform WordPress kami bagikan Tips-trik Meningkatkan Performa Website WordPress. Tips Trik ini juga tips trik kategori pemula. Dengan bahasa yang mudah anda mengerti. Kami hanya membahas hal-hal yang tidak terlalu teknis. Hanya hal-hal dasar namun paling penting dalam membangun sebuah website. Dimana kualitas hosting, tema, instalasi plugin adalah menurut kami hal dasar yang paling penting.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Perencanaan yang baik

Ini adalah tahapan atau tips-trik paling awal yang mesti anda lakukan untuk meningkatkan performa website WordPress anda. Meskipun hanya sebuah perencanaan ringan tapi akan membantu anda dalam memaintain website anda nantinya. Perencanaan ini mencakup jenis website apa yang ingin anda buat, apakah blog, toko online, berita, landing page atau yang lainnya. Lalu bagaimana trafik anda nantinya.

Apakah anda juga akan menargetkan trafik dari luar negeri atau anda hanya menargetkan trafik dari dalam neger saja. Berikut ini beberapa langkah awal untuk memaksimalkan performa website anda saat live nantinya.

1. Tips-trik meningkatkan performa website WordPress dengan menententukan provider hosting yang tepat

Silahkan anda riset sendiri hosting mana yang paling baik menurut anda. Banyak hosting yang bisa anda gunakan baik dalam negeri atau luar negeri. Tapi kalau boleh kami menyarankan supaya anda menggunakan hosting dalam negeri saja. Karena akan memudahkan anda berkomunikasi saat anda memerlukan support nantinya. Apalagi jika target trafik anda kebanyakan berasal dari dalam negeri. Menurut kami anda tidak perlu mengkontrak hosting luar negeri.

Blog revyou.id sendiri menggunakan hosting niagahoster. Karena blog ini kami bangun untuk berartisipasi membantu promosi usaha kecil di indonesia. Yang otomatis kami targetkan trafiknya juga dari indonesia.

2. Tips-trik meningkatkan performa website WordPress dengan memilih tema website atau template yang berkualitas

Ini juga bagian paling penting untuk anda pertimbangkan. Mengingat kita membuat website dengan menggunakan template yang sudah jadi. Banyak informasi yang bisa anda dapatkan untuk mencari tema website yang bagus. Silahkan anda riset tema apa yang ingin anda gunakan. Responsif, Mobile friendly, Multipurpose, Toko online atau hal lainnya.

Lebih baik anda matangkan di awal daripada anda menggunakan tema yang tidak berkualitas. Dan anda akan sulit mengganti tema nantinya saat website anda sudah live dengan banyak konten. Just info bahwa Tema website dari dalam negeri juga tidak kalah dalam hal kualitas. Tahukah anda dalam hal bidang teknologi IT, sumber daya Indonesia juga unggul bahkan jika harus dibandingkan dengan negara-negara eropa.

Tema website buatan dalam negeri yang tidak kalah bagus adalah tema website buatan OKE THEMES. Ada banyak jenis template yang bisa anda pilih mulai dari toko online, Listing, Blog, bahkan maksimalisasi adsense.

Biasanya pihak pengembang tema website juga akan membuat link demo secara live untuk anda mengksplore kemampuan dari tema website tersebut. Selain PC atau laptop gunakan juga handphone anda untuk melihat performa dan tampilannya melalui browser handphone anda.

Test juga halaman demo tersebut menggunakan tools google pagespeed. Lihat angka DOMnya, pastikan anda memilih dengan angka DOM yang rendah, sedikit HTTP request, ukuran file size yang kecil dan waktu loading yang cepat.

Saat Website Anda Sudah Live

Saat Website anda sudah live anda perlu memperhatikan tips-trik berikut untuk mendukung dan Meningkatkan Performa Website WordPress anda, yaitu sebagai berikut:

1. Tips-trik meningkatkan performa website WordPress dengan mengoptimasi gambar

Saat anda memposting konten dengan gambar. Pastikan anda sudah mereduksi gambar anda. Selain bisa anda resize atau kompres sebelum anda posting. Anda juga perlu menginstall plugin untuk melakukan optimasi gambar saat anda mengupload gambar. Banyak plugin untuk mengoptimasi gambar anda yang bisa anda gunakan gratis. Anda juga mesti mengaktifkan Imagick pada level server anda untuk membantu mengoptimasi gambar yang anda upload pada website anda

Baca Juga :

2. Tips-trik meningkatkan performa website WordPress dengan menggunakan caching plugin yang tepat

Menurut kami ini adalah bagian paling penting saat website anda sudah live. Anda mesti menentukan plugin yang paling berkualitas untuk menghandle “caching website” anda. Karena dengan caching plugin nantinya anda akan bisa melakukan optimasi website anda mulai dari meminify, mereduksi waktu saat mengurai, mengkompile dan mengeksekusi kode-kode HTML, JS atau CSS. Baca juga : Optimasi Website WordPress Dengan Litespeed Cache.

3. Tips-trik meningkatkan performa website WordPress dengan menggunakan layanan CDN

Ini hanya optional. Jika target trafik anda hanya berasal dari dalam negeri. Kami pikir anda tidak perlu menggunakan layanan CDN. Lain halnya jika trafik anda juga berasal dari luar negeri, maka anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan layanan CDN

4. Tips-trik meningkatkan performa website WordPress dengan mengaktifkan kompresi GZip

Sama halnya anda mengkompresi file pada computer anda. Anda juga perlu melakukan kompresi pada website anda. Gunakan metode kompresi GZip. Hal tersebut akan sangat membantu mereduksi penggunaan bandwith dan mempercepat loading saat website anda saat di akses. GZip mengkompres berbagai macam file pada saat pengunjung website mengakses website anda. Proses tersebut membantu mereduksi  penggunaan bandwith sampai dengan batas tertentu.

5. Tips-trik meningkatkan performa website WordPress dengan membersihkan database WordPress

Menghapus file-file yang tidak diperlukan dari database website akan sangat membantu menekan penggunaan pada server website. Beberapa hal dasar yang perlu dilakukan untuk membersihkan database website adalah menghapus gambar-gambar yang tidak di gunakan. Komen spam, user yang tidak aktif atau user palsu. Menghapus secara permanen artikel/post yang sudah di hapus atau draft artikel/post. Menghapus tag-tag yang tidak diperlukan.

Bahkan anda juga perlu untuk menonaktifkan atau meng-uninstall plugin yang tidak perlu anda pasang di website anda. Anda juga perlu menghapus tema website yang tidak anda gunakan. Pastikan hanya ada tiga tema pada dashboard admin anda yaitu : Tema utama yang sedang anda gunakan. Tema anak atau sering di sebut child theme. Dan satu tema bawaan atau default wordpress. Saat ini tema default wordpress adalah “Twenty twenty”.

6. Gunakan script/kode eksternal hanya yang benar benar penting

Dalam beberapa hal kita mesti “menanam” script atau kode eksternal ke dalam file website kita, misalnya : Script google analytic, TAG dan adsense. Belum lagi jika anda menggunakan provider iklan yang lain. Tapi jika hal tersebut memang perlu pastikan memang hanya kode-kode yang benar-benar penting untuk di tanam pada file website anda.

7. Tips-trik meningkatkan performa website WordPress dengan menon-aktifkan fungsi/addons plugin yang tidak digunakan

Tips-trik Meningkatkan Performa Website WordPress

Contohnya saat kita menginstall CMS wordpress. Sangat umum jika kita juga akan menginstall plugin jetpack. Ada fungsi-fungsi jetpack plugin yang memang kita butuhkan. Misalnya proteksi pada DDOS dan aset CDN. Tapi plugin jetpack sendiri membawa puluhan fungsi lain yang mesti anda nonaktifkan karena memang tidak anda butuhan. Begitu juga pada plugin lainnya yang juga membawa fungsi lain atau addon diluar dari fungsi core yang website anda butuhkan.

Banyak faktor yang menentukan kecepatan dan performa sebuah website. Dan banyak hal atau tips-trik untuk Meningkatkan Performa Website WordPress. Uraian diatas paling tidak adalah hal dasar yang mesti anda pertimbangkan diawal-awal saat anda mulai membangun sebuah website. Juga hal dasar yang mesti anda lakukan saat website anda sudah live.