Posted on

Tips-trik Mengganti Email Administrator WordPress

wpJakarta.Com – Tips-trik Mengganti Email Administrator WordPress. Suatu ketika mungkin kita akan merubah alamat email administrator website WordPress. Misalnya jika kita membuat project website untuk klien dimana pada awalnya website tersebut dibuat dengan email kita sendiri. Lalu pada saatnya kita menyerahkan website tersebut kepada klien.

Atau kita memiliki dua atau tiga website dengan satu alamat email administrator yang sama sehingga gravatarnya pun sama. Karena akun gravatar memang dibuat dengan alamat email yang sama tersebut. Lalu kita ingin supaya gravatar menampilkan gambar yang berbeda-beda pada tiap website. Alhasil kita harus membuat tiga akun gravatar dengan tiga alamat email yang berbeda di masing-masing website.

Tips-trik Mengganti Email Administrator WordPress melalui dashboard admin

Ada dua cara tips-trik mengganti email administrator WordPress. Cara pertama sangat mudah dan dapat di akses pada menu “pengguna” atau user di dalam dasboard admin WordPress. Tapi entah mengapa, cara pertama tersebut seperti tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dan sudah menjadi masalah umum yang di alami para pengguna WordPress.

Tips-trik Mengganti Email Administrator WordPress
  • Akses halaman dashboard admin.
  • Lalu menuju dan klik menu pengguna.
  • Klik semua pengguna atau langsung “profil anda”.
  • Klik edit atau sunting pada user yang ingin di rubah emailnya.
  • Pada “info kontak” ketikan email baru dengan benar.
  • Tunggu email konfirmasi perubahan alamat email.
  • Setelah mendapatkan email, Klik link konfirmasi perubahan.
  • Dan email baru akan aktif sebagai administrator.

Tapi seringkali cara diatas tersebut tidak membuahkan hasil. Nyatanya email yang di tunggu tidak juga kunjung datang. Status perubahan masih tetap dalam penangguhan seperti pada gambar diatas. WordPress benar-benar PHP, dan usut punya usut masalah tersebut terjadi karena server hosting website anda tidak terkonfigurasi pada fungsi mail().

Tips-trik Mengganti Email Administrator WordPress melalui database menggunakan phpMyAdmin

Jika cara pertama tidak berhasil maka cara kedua adalah dengan mengganti tabel wp_option dan wp_user pada tabel database WordPress dan mengganti “record” alamat email disana ke email yang baru. Berikut langkah-langkahnya :

  • Akses database WordPress menggunakan aplikasi phpMyAdmin.
  • Carilah tabel database dengan nama “wp_option”.
  • Cari option_id nomor 6 atau option name “admin_email”.
  • Edit dan ketikan alamat email yang baru pada field “email adress”.
  • Save / commit dengan mengklik “GO”.
  • Lalu cari tabel data base dengan nama “wp_users”.
  • Edit field “user_email”.
  • Ketikan email tang baru dan klik “GO”.

Tips-trik kedua, yaitu merubah database untuk mengganti email administrator WordPress. Jika di jalankan dengan langkah yang benar, maka akan berhasil merubah alamat email administrator anda.

Kesimpulan tips-trik mengganti email administrator WordPress

Terkait masalah “PHP” (pemberi harapan palsu) yang menyebabkan masalah email yang tak kunjung datang. Terjadi karena server hosting website anda tidak terkonfigurasi pada fungsi mail(). Masalah tersebut mengakibatkan bukan hanya pada perubahan email administrator saja. Tapi bisa saja menyebabkan masalah lainnya terkait pengiriman email konfirmasi dari WordPress. Seperti misalnya user yang terblokir atau yang lainnya. Dan berikut artikel kami mengatasi masalah konfigurasi fungsi mail() WordPress.


100% website WordPress transparan dan “ecofriendly”, tidak ada data pengunjung yang kami kumpulkan dan tidak ada tracking data apapun terhadap data-data pengunjung”.​ Selengkapnya kunjungi halaman tentang kami.

wpJakarta

Blog “native” yang fokus pada usaha online berbasis WordPress & WooCommerce. Lihat penawaran terbaik untuk merchandise WordPress (Kaos, Hoodie, Topi, Tas dll).

Selengkapnya, klik : https://wpjakarta.com/shop/

Fresh (+62)

e-Commerce produk fresh online. Order secara online sayur, daging, buah dan bumbu rempah atau kirim list pesanan untuk pemenuhan usaha makanan dan restoran.

Selengkapnya, klik : https://freshplus62.com/about/