Posted on

Tips-trik Mengatasi WordPress Error Establishing a Database Connection

wpjakarta.Com – Tips-trik Mengatasi WordPress Error Establishing a Database Connection. Sesekali mungkin pernah mengalami error WordPress “Error establishing a database connection” Error tersebut bersifat fatal karena membuat situs website WordPress tidak dapat diakses oleh pengguna. Kesalahan tersebut terjadi karena WordPress tidak dapat membuat koneksi ke database.

Artikel tentang WordPress lainnya

Ketahui penyebab untuk mengatasi errror establishing database connection

Mengatasi Error Establishing Database Connection

Penyebabnya bisa beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah koneksi ke database WordPress. Pada artikel ini, tips-trik untuk mengatasi masalah WordPress “Error Establishing a Database Connection”.

Penyebab error ‘establishing database connection’ dapat disebabkan oleh informasi database yang salah dalam pengaturan WordPress, Database yang rusak atau corrupt, atau server yang tidak memberikan “respon”.

Database adalah software yang berfungsi untuk menyimpan, mengatur, dan mengambil data ke software yang lain. Sebagai sebuah CMS, WordPress menggunakan database untuk menyimpan semua konten dan data situs website yang di buat. Kemudian akan terhubung ke database setiap kali pengguna mengunjungi situs website tersebut.

Informasi yang dibutuhkan WordPress untuk terkoneksi ke database

  • Nama database
  • Nama pengguna database
  • Password database
  • Server database

Informasi tentang database website yang dibuat dengan WordPress tersimpan pada file wp-config.php. Jika ada informasi yang salah dari beberapa informasi diatas, maka menyebabkan WordPress gagal terhubung ke server database. Dan akan menyebabkan “Error Establishing a Database Connection”.

Penyebab lainnya bisa jadi ada pada server database di pihak hosting. Istilahnya “lagi down”. Atau file database yang rusak atau corrupt.

Bagaimana mengatasi error establishing database connection

Lalu langkah apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi error establishing database connection pada website WordPress tersebut ? Beberapa langkah berikut mungkin bisa di lakukan.

Periksa informasi database WordPress

Yang paling sering terjadi adalah kesalahan informasi database di WordPress. Apalagi jika masalahnya baru saja melakukan migrasi atau memindahkan situs website WordPress ke hosting baru. Informasi database WordPress tersimpan dalam file wp-config.php. Yang bisa dilakukan pertama kali untuk mengatasi error establishing database connection adalah dengan memeriksa informasi database WordPress tersebut.

Atau karena mencoba merubah prefix database. Seperti di ketahui bahwa prefix database WordPress di mulai dengan “wp_” namun karena hal tersebut dinilai “tidak aman”, beberapa orang mencoba melakukan perubahan nama database tersebut. Di website ini terdapat artikel tentang bagaimana merubah prefix database WordPress secara cepat dan aman pada artikel ini. Cara Merubah Prefix Nama Database WordPress.

<?php
/**
 * The base configuration for WordPress
 *
 * The wp-config.php creation script uses this file during the
 * installation. You don't have to use the web site, you can
 * copy this file to "wp-config.php" and fill in the values.
 *
 * This file contains the following configurations:
 *
 * * MySQL settings
 * * Secret keys
 * * Database table prefix
 * * ABSPATH
 *
 * @link https://codex.wordpress.org/Editing_wp-config.php
 *
 * @package WordPress
 */

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define( 'DB_NAME', 'u1234567_wp123' ); // --> contoh nama, user dan password database

/** MySQL database username */
define( 'DB_USER', 'u1234567_wp123' );

/** MySQL database password */
define( 'DB_PASSWORD', 'P@s5W0rd' );

/** MySQL hostname */
define( 'DB_HOST', 'localhost' );

/**
 * WordPress Database Table prefix.
 *
 * You can have multiple installations in one database if you give each
 * a unique prefix. Only numbers, letters, and underscores please!
 */
$table_prefix = 'wp_';  // --> prefix database WordPress

Artikel lainnya

Periksa Informasi Host Database

Ketika yakin dengan informasi data diatas sudah benar. maka perlu juga untuk memastikan bahwa informasi host database di pihak hosting juga benar. Umumnya untuk website WordPress, perusahaan hosting menggunakan localhost sebagai host database. Tetapi pada beberapa perusahaan hosting ada yang menggunakan server terpisah untuk “meng-host” database tersebut. Dalam hal ini, maka informasi host database tidak akan menjadi localhost.

Periksa apakah server database (hosting) sedang “Down”

Jika ini terjadi, tampaknya tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu. Cek pada pihak hosting website atau lihat status operasional server hosting. Jika menggunakan shared hosting, lihat informasi server dimana instalasi WordPress berada, apakah termasuk yang terdampak. Jika misalnya ini sering terjadi, maka sudah saatnya memikirkan untuk “pindah” ke hosting yang kualitasnya lebih baik dengan jaminan uptime diatas 98%.

Bisa jadi masalahnya terjadi karena trafik server yang padat. Ketika server hosting tidak mampu lagi menangani beban, apalagi jika website menggunakan hosting bersama atau shared hosting. Situs website bisa jadi akan menjadi sangat lambat bahkan beberapa pengguna akan menemui error.


100% website WordPress transparan dan “ecofriendly”, tidak ada data pengunjung yang kami kumpulkan dan tidak ada tracking data apapun terhadap data-data pengunjung”.​ Selengkapnya kunjungi halaman tentang kami.

wpJakarta

Blog “native” yang fokus pada usaha online berbasis WordPress & WooCommerce. Lihat penawaran terbaik untuk merchandise WordPress (Kaos, Hoodie, Topi, Tas dll).

Selengkapnya, klik : https://wpjakarta.com/shop/

Fresh (+62)

e-Commerce produk fresh online. Order secara online sayur, daging, buah dan bumbu rempah atau kirim list pesanan untuk pemenuhan usaha makanan dan restoran.

Selengkapnya, klik : https://freshplus62.com/about/