Posted on

Tips-trik Memperbaiki Error WordPress not a valid JSON response

Tips-trik Memperbaiki Error WordPress not a valid JSON response

wpJakarta.Com – Tips-trik Memperbaiki Error WordPress not a valid JSON response. Hari ini seharian utak atik masalah error “Updating failed. Error message: The response is not a valid JSON response”. Coba sekian banyak solusi ternyata tidak membantu. Jika anda mengalami masalah yang sama coba beberapa langkah berikut untuk memperbaiki error “Updating failed. Error message: The response is not a valid JSON response WordPress”.

Meskipun yang berhasil memperbaiki error tersebut adalah dengan mengedit kode di dalam file .htaccess. Tapi tidak ada salahnya anda mengecek satu persatu langkah-langkah atau melihat kemungkinan penyebab error tersebut. Kami sendiri menggunakan tema website storefront dengan plugin yang aktif yaitu WooCommerce.

Tips trik WordPress lainnya

Memperbaiki error WordPress not valid JSON response dengan mengedit file .htaccess

Cara pertama yang bisa anda lakukan dan mudah-mudahan ini cara yang paling ampuh adalah dengan memasukan kode berikut kedalam file .htaccess anda. Tuliskan di antara # BEGIN WordPress dan #END WordPress. Jika sebelumnya sudah ada kode di dalam tag tersebut, hapus saja kode yang lama dan ganti dengan kode berikut.

 <IfModule mod_rewrite.c>
 RewriteEngine On
 RewriteBase /
 RewriteRule ^index\.php$ - [L]
 RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
 RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
 RewriteRule . /index.php [L]
 SecFilterEngine Off
 SecFilterScanPOST Off
 </IfModule>

Cara diatas seharusnya dapat mengatasi masalah error tersebut. Jika ternyata belum beberapa hal berikut bisa anda coba.

Tips trik WooCommerce lainnya

Memperbaiki error WordPress not valid JSON response dengan mengecek Content Mixer

Coba untuk mengecek masalah “content mixer”. Content mixer adalah dimana dari halaman website anda beberapa halaman “belum” mendukung https. Hal tersebut bisa saja terjadi karena meskipun anda sudah menggunakan SSL atau HTTPS. Namun ada elemen yang masuk ke website anda yang berasal dari source yang masih http. Mengenai bagaimana mengatasi masalah content mixer kami pernah menuliskannya disini. Mengatasi Masalah Mixed Content Di WordPress. Apalagi jika anda menggunaka plugin “WooCommerce” atau tema website “Storefront”, maka seluruh halaman website anda harus HTTPS tanpa terkecuali.

Memperbaiki error WordPress not valid JSON response dengan mengecek URL Website

Dari dashboard admin, coba menuju Setting >> General. Dan cek apakah “WordPress Address (URL)” dan “Site Address URL” sudah sama. Pastikan juga sudah mendukung prefix HTTPS, misalnya “https://wpjakarta.com”. Jika perlu ketikan lagi alamat URL website anda dan pastikan benar.

Memperbaiki error WordPress not valid JSON response dengan menginstall Classic Editor

Beberapa masalah error tersebut ternyata dapat diatasi dengan menginstall classic editor untuk menggantikan block editor atau gutenberg. Anda bisa mencoba menginstall plugin tersebut. tetapi jika ingin tetap menggunakan block editor maka pada Setting >> Writing pilih opsi untuk menggunakan block editor. Dan setting “NO” pada opsi beralih ke classic editor.

Cari penyebab error valid JSON response WordPress dengan menonaktifkan semua plugin

Kemungkinan error tersebut bisa juga disebabkan masalah pada salah satu plugin yang anda pasang. Nonaktifkan semua plugin dan coba refresh website atau coba untuk mengedit halaman dimana terdapat error invalid JSON response tersebut. Lalu aktifkan satu-persatu untuk melihat plugin apa yang menyebabkan masalah.

Artikel lainnya

Lakukan debugging

Jika ingin mengetahui secara detail dimana masalah yang terjadi anda dapat melakukan proses “debugging”. Tambahkan kode berikut pada file “wp-config.php” tepat sebelum atau di atas komen “/* That’s all, stop editing! Happy publishing. */”.  Biasanya pada baris tersebut sudah terdapat kode define( 'WP_DEBUG', false ); ganti “false” menjadi “true” dan tambahkan dua baris kode berikutnya hingga menjadi seperti berikut :

define('WP_DEBUG', true);
define('WP_DEBUG_LOG', true);
define( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false );

Lihat pada folder wp-content file untuk melihat file dengan nama : debug.log. Lihat pada bagian baris dimana berisi kalimat : PHP Fatal error: bla_bla_bla_bla(). Setelah menemukan dimana masalahnya. Kembalikan mode debug seperti sebelumnya menjadi define( 'WP_DEBUG', false );

wpJakarta.Com – Tips-trik Memperbaiki Error WordPress not a valid JSON response.