Posted on

Tips Trik Memperbaiki Error Breadcrumbs WordPress

wpJakarta – Tips Trik Memperbaiki Error Breadcrumbs WordPress Di Google Search Console. Bagi anda yang tidak mau banyak basa-basi, Silahkan langsung melompat ke “Tips Trik“. Bagi yang suka kongkow-kongkow dulu, silahkan lanjutkan baca artikel ini. Sekitar pertengahan bulan september lalu google menambahkan report breadcrumbs pada tools google search console. Report tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada pemilik dan pengelola website mengenai masalah yang ada pada struktur data di websitenya.

Breadcrumbs untuk menghasilkan hasil pencarian yang lebih akurat

Tips Trik Memperbaiki Error Breadcrumbs

wpJakarta termasuk yang terdampak dari error tersebut. Syukurlah karena tidak banyak halaman yang terdampak karena blog ini memang masih baru sejak pertama kali di release.

“ Search Console
Fix Breadcrumbs markup for revyou.id
Google systems show that your site is affected by 0 instances of Breadcrumbs markup issues. This means that your Breadcrumbs pages might not appear as rich results in Google Search.
Search Console has created a new report just for this rich result type. The new report enables you to identify, fix and resubmit affected pages to Google so that they can start appearing in Search Results with rich result features.”

Baca Juga :

Balik ke tahun 2015 silam google memang sudah mengenalkan dukungannya pada struktur data schema.org, termasuk struktur data URL breadcrumbs. Yang akan membantu search engine atau mesin pencari google untuk menemukan dan mengidentifikasi tujuan dari sebuah halaman website. Ujung-ujungnya tidak lain untuk membuat hasil pencarian google menjadi lebih akurat.

Cari referensi yang tepat untuk memperbaiki error breadcrumbs

Setelah cari referensi sana-sini termasuk bikin thread di forum kaskus ternyata enggak banyak bantu. Sayangnya enggak ada yang kasih jawaban. Kaskus sepertinya lebih cocok jadi forum rumpi para anak alay ketimbang forum interaktif yang positif.

Sempet kirim juga email ke pihak pembuat themes website. Tanggapannya kurang memuaskan seolah defense bahwa tidak ada masalah pada kode tema websitenya. Padahal saya yakin bahwa masalah error breadcrumbs ini pasti datang dari struktur yang salah pada kode di tema website. Akhirnya sambil berekpserimen dan action sendiri. Karena ini masalah pada breadcrumbs, maka investigasi langsung tertuju pada file dimana post atau artikel di posting. Pada tema yang kami gunakan itu terdapat pada file content-single.php.

Tips Trik atau langkah memperbaiki error breadcrumbs WordPress

Masuk melalui FTP dan tanpa basa-basi langsung Hapus beberapa baris kode dimana fungsi breadcrumbs di selipkan. Setelah di delete, konsekwensinya tidak ada informasi navigasi di halaman post atau artikel wpJakarta. No problem yang penting errornya bisa di atasi dulu.

Setelah menghapus baris kode tersebut. Langsung coba inspect URL lalu test live URL di search console google. Error yang sebelumnya terdeteksi dengan warna merah langsung hilang. Cuma karena fungsi breadcrumbs yang sudah dihapus tadi menimbulkan konsekwensi hilangnya navigasi pada halaman posting.

Sayang juga kalau sebuah halaman website tidak dilengkapi oleh breadcrumbs. Mengingat breadcrumbs merupakan hal penting dalam hal SEO, yang memungkinkan menghadirkan hasil pencarian yang “rich snippet”. Maka untuk tetap dapat menginformasikan navigasi dari sebuah artikel atau post. Kami mengaktifkan fitur breadcrumbs dari plugin YOAST SEO.

 <?php
 if ( function_exists('yoast_breadcrumb') ) {
   yoast_breadcrumb( '<p id="breadcrumbs">','</p>' );
 }
 ?>

Langsung selipin kode breadcrumbs yoast seo tersebut ke baris dimana kode breadcrumbs yang sebelumnya di hapus. Atau di tempat dimanapun bagian artikel yang anda mau. Breadcrumbs boleh di taruh di bagian atas artikel (atas gambar) atau setelah gambar, atau bahkan di akhir artikel. Singkat kata kami hanya mereplace kode breadcrumbs bawaan tema website dengan kode breadcrumbs dari plugin yoast SEO.

Tentang dimana letak posisi kode fungsi tersebut diselipkan akan menentukan dimana letak navigasi breadcrumbs anda berada. Bisa diatas sebelum gambar featured, atau biasanya di antara gambar featured dan judul. Jika mau anda juga bisa menyelipkan breadcrumbs di bawah artikel. Intinya breadcrumbs bisa di taruh dimanapun menyesuaikan estetika content website, dan google tetap dapat menemukannya.

Mengaktifkan Yoast SEO breadcrumbs

Anda dapat mengaktifkan fitur Yoast SEO Breadcrumbs pada menu Yoast >> Search Appearance >> dan toggle ke enable breadcrumbs.

Berikut adalah ringkasan memperbaiki Error Breadcrumbs WordPress tersebut :

Silahkan cek php file dimana artikel atau post di posting. Biasanya pada tiap-tiap tema mungkin beda nama aja, bisa content-single.php, atau single.php atau content.php atau mungkin page.php, eksplor sendiri sesuai tema website wordpress anda.

1. Delete beberapa baris kode dimana fungsi breadcrumbs di selipkan.
2. Langsung coba inspect salah satu URL yang error di search console google. Lanjutkan dengan test live URL.

Sampai di sini errornya sudah bisa di atasi tapi halaman homepage akan kehilangan navigasi breadcrumbs. Untuk tetap memiliki navigasi, silahkan lanjut dengan langkah berikut

3. Aktifkan fitur breadcrumbs dari plugin YOAST SEO, atau plugin breadcrumbs yang anda suka.
4. Selipkan kode breadcrumbs dari plugin tersebut ke baris dimana kode breadcrumbs sebelumnya di hapus.

5. Lakukan validate fix, dan tunggu google untuk kembali merayapi website anda.

Peranan Breadcrumbs Untuk SEO

Breadcumbs adalah suatu elemen yang sangat penting bagi mesin pencari. Alasannya sangat sederhana, breadcrumbs “trail” atau “jejak” breadcrumbs dapat memberikan informasi baik kepada mesin pencari maupun pengunjung website anda. Algoritma mesin pencari dapat mengidentifikasi bagaimana susunan struktur data pada sebuah website.

  • Pengunjung juga dapat mengetahui di mana “posisi” saat sedang menjelajah halaman website.
  • Pengunjung juga dapat lebih “intens” saat sedang mengunjungi website anda.

Apakah breadcrumbs bagus untuk SEO ? Ya, Apapun yang di senangi mesin pencari dari sebuah website. Sudah pasti menjadi sebuah hal yang bagus juga dalam hal SEO.

Aktifkan breadcrumbs pada halaman website anda

Secara default template website anda sudah dibekali breadcrumbs. Jika anda tidak menemukannya, coba eksplor pada “customizer” dashboard wordpress anda. Anda hanya perlu menampilkannya atau tidak. Jika memang tidak ada, anda bisa mengaktifkan dengan mengisntall plugin yang bisa menampilkan breadcrumbs. Selain Yoast SEO, anda bisa menginstall Breadcrumb Trail, atau yang lebih populer adalah Breadcrumb NavXT.

Jika error breadcrumbs anda masih bermasalah, segera lakukan perbaikan. Dan segera mungkin lakukan validate fix di google search console. Semoga artikel Tips Trik Memperbaiki Error Breadcrumbs , dapat membantu anda mengatasi error breadcrumbs.

Baca Juga :