Posted on

Tips-trik Membuat Paginasi Halaman WordPress – Memisahkan Post Ke Beberapa Halaman

wpJakarta – Tips-trik Membuat Paginasi Halaman WordPress – Memisahkan Post Ke Beberapa Halaman. Membuat paginasi halaman (Post Pagination) di WordPress yang fungsinya memisahkan satu buah artikel ke dalam beberapa halaman. Paginasi halaman sangat berguna untuk “mensplit” artikel yang panjang. Untuk SEO yang baik terhadap website, maka anda harus membuat artikel “cornerstone content”. Dan cornerstone content biasanya identik dengan artikel yang panjang hingga melebihi 1000 kata.

Membuat paginasi halaman WordPress berefek baik terhadap SEO

Bayangkan jika “cornerstone content” adalah artikel paling informatif yang anda siapkan sebagai landing page. Sukses nangkring pada halaman pertama google. Namun sayangnya tidak banyak orang yang mengunjungi artikel tersebut karena “bouncing back”.

Baca Juga :

Membuat Paginasi Halaman WordPress

Ya mereka tidak mengunjungi artikel anda karena lola alias loading lambat. Itu karena artikel anda berisi ribuan kata plus banyak gambar yang di sematkan. Di situlah perlu di pisahkan artikel kedalam beberapa halaman. Hingga dalam beberapa halaman tersebut hanya akan berisi beberapa ratus kata dan beberapa gambar yang di sematkan tadi.

Paginasi halaman tidak memberikan efek jelek akan hal SEO, justru sebaliknya akan sangat baik dalam hal SEO. Karena membuat loading halaman artikel akan menjadi lebih ringan karena halaman baik teks atau gambar pada artikel akan di load ke dalam beberapa bagian, dan baru akan di tampilkan saat pengunjung mengaksesnya dengan mengklik tombol “NEXT PAGE”.

Tips-trik Membuat Paginasi Halaman WordPress

Sangat mudah untuk membuat paginasi post di wordpress. Anda hanya perlu menyematkan TAG <!--nextpage-->

disetiap bagian artikel yang ingin di pisahkan. Pastikan untuk membuat TAG tersebut pada mode teks editor, bukan visual editor. Artinya artikel yang berada di atas tag tersebut akan di posting pada halaman satu, dan artikel yang berada di bawah tag tersebut akan di post pada halaman selanjutnya, begitu seterusnya.

Pada beberapa tema website WordPress yang di tulis dengan baik sudah disematkan fungsi untuk memudahkan membuat post paginasi, yaitu hanya dengan menyematkan tag tersebut. Tapi jika langkah diatas tidak berhasil, anda perlu menyematkan beberapa baris kode ke dalam file single.php loop.

Cari file single.php lalu edit dengan memasukan kode berikut: <?php wp_link_pages(); ?>

Insert kode tersebut di luar loop (sebelum atau sesudah). Ketika hendak membuat paginasi halaman atau post pagination terhadap artikel-artikel lama website WordPress anda. Mungkin anda perlu untuk melakukan edit pada setiap artikel tersebut untuk membuat kode dan TAG tersebut bekerja. Lihat contohnya pada artikel ini. Saat ini anda berada pada Page 1 dan untuk melihat kelanjutan dari artikel ini, silahkan pilih page 2 berikut