Posted on

Tips-trik Membatasi Jumlah Revisi Post Website WordPress

Tips-trik Membatasi Revisi Post WordPress

wpJakarta.Com – Tips-trik Membatasi Jumlah Revisi Post Website WordPress. Salah satu cara paling mudah untuk “mempercepat” performa website WordPress adalah dengan membatasi jumlah revisi post (post revision). Semudah juga melakukannya, simak beberapa cara atau tips-trik membatasi jumlah revisi post website WordPress.

Tentang revisi post WordPress

Seringkali ketika menulis atau menerbitkan sebuah artikel post, maka di lakukan revisi pada artikel tersebut. Entah karena ada kesalahan ketika mengetik atau memang melakukan update pada artikel tersebut. Nyatanya WordPress menyimpan setiap jumlah revisi post yang dilakukan, bahkan WordPress juga menyimpannya secara otomatis setiap interval waktu tertentu.

Justru yang masih menjadi “perdebatan” adalah dengan banyaknya jumlah revisi post, maka hal tersebut dapat memperlambat performa website WordPress. Sebagian kalangan mengatakan YA dan dapat memperlambat performa. Tapi sebagian lainnya mengatakan bahwa banyaknya jumlah revisi post tidak mempengaruhi performa website.

Artikel WordPress & WooCommerce lainnya

Tips-trik membatasi jumlah revisi post website WordPress melalui file wp-config.php

Terlepas Ya atau Tidak, ada beberapa cara atau tips-trik untuk membatasi jumlah revisi post di website WordPress. Pilihan pertama dengan memberikan sebaris kode berikut kedalam file wp-config.php. define('WP_POST_REVISIONS', 5);tambahkan kode tersebut sebelum /* That's all, stop editing! Happy publishing. */

Pada skrip tersebut maka jumlah revisi maksimum terbatasi pada 5 revisi post terakhir. Ganti 5 dengan angka jumlah revisi yang di inginkan. Jika yakin dan tidak ingin ada revisi post yang tersimpan, maka dapat menambahkan “false” untuk menggantikan jumlah angka hingga menjadi define('WP_POST_REVISIONS', false);.

Tips-trik membatasi jumlah revisi post website WordPress menggunakan plugin

Sebelum menginstall plugin untuk membatasi jumlah revisi post website WordPress, sebaiknya cek dulu plugin caching yang di gunakan. Beberapa plugin caching seperti litespeed memiliki fitur/setting khusus untuk membatasi jumlah post WordPress. Pada plugin litespeed cache fitur atau tool tersebut dapat di temukan melalui halaman wp-admin :

  • Litespeed.
    • Database.
      • Tab “DB Optimization Settings”.
      • Set jumlah post atau berapa hari revisi post yang ingin dipertahankan.

Selain plugin caching beberapa plugin berikut bisa digunakan untuk membatasi jumlah revisi post

Artikel lainnya :