Posted on

Tips-trik Memaksimalkan SEO WordPress Dengan Cornerstone Content

Tips-trik Memaksimalkan SEO Cornerstone Content

wpJakarta – Tips-trik Memaksimalkan SEO WordPress Dengan Cornerstone Content. Beberapa post atau artikel kami belakangan memang sedang memfokuskan bagaimana memaksimalisasi website. Baik dari sisi performa maupun SEO. Kini kami coba membuat artikel mengenai tips-trik bagaimana memaksimalkan SEO WordPress dengan cornerstone content

Apa itu cornerstone content ?

Anda yang terbiasa “memanage” website atau blog dengan dukungan plugin SEO tentu tidak asing dengan yang namanya “Cornerstone Content”. Jika kebetulan anda menginstall plugin SEO Yoast, anda bisa meng “ON” atau “OFF” kan cornerstone content secara mudah untuk artikel yang ingin anda terbitkan.

Baca Juga :

Cornerstone content sama seperti artikel pada umumnya. Tapi cornerstone content memuat informasi lebih dalam dari apa yang ingin anda sampaikan. Biasanya artikel cornerstone content lebih panjang dibandingkan artikel biasa. Cornerstone content juga ingin anda posisikan untuk menempati halaman pertama search engine. Itulah sebabnya aspek-aspek SEO benar-benar tidak boleh anda lewatkan saat anda membuat sebuah cornerstone content.

Prinsip Dasar SEO

Banyak layanan jasa SEO baik gratis atau berbayar dengan “iming-iming” agar blog atau website kita bisa maksimal dalam hal SEO. Tapi sebenarnya kekuatan dan rahasia SEO adalah bagaimana anda menulis. Google ingin agar artikel internet di tulis secara original dan natural. Original artinya asli atau bukan “copy paste”. Natural artinya di ketik dengan 10 jari manusia atau bukan hasil BOT.

Sehingga jutaan artikel yang beredar didunia maya dapat memberikan informasi yang baik bagi pengguna internet. Dan google dengan mesin pencarinya akan menyajikannya secara relevan sesuai apa yang orang cari.

Jika artikel anda paling tidak sudah memenuhi hal di atas artinya dasar SEO sudah anda genggam. Hal di luar lainnya adalah kita membutuhkan bantuan plugin SEO dan struktur website yang baik.Plugin SEO kita butuhkan karena dapat memberikan parameter-parameter SEO yang mungkin saja kita lewatkan. Sehingga tulisan anda bisa “terdeliver” melalui struktur website yang anda gunakan.

Membuat cornerstone content dengan Plugin Yoast SEO

Banyak plugin SEO yang bisa kita instal pada website wordpress. Tapi plugin yoast adalah satu yang terbaik yang bisa anda pilih. Tidak banyak setting, mudah dan versi gratisnya sudah benar-benar menggali aspek-aspek SEO untuk memaksimalkan baik artikel maupun website secara keseluruhan.

Untuk menghidupkan parameter-parameter SEO cornerstone content pada yoast SEO plugin, lihat pada tab cornerstone content lalu aktifkan toggle ke ON. Mulailah menuliskan artikel yang anda ingin jadikan artikel cornerstone. Disini bukan berarti selalu artikel baru yang bisa anda jadikan artikel cornerstone. Tapi anda juga bisa membuat artikel cornerstone dari artikel lama yang sudah anda terbitkan sebelumnya.

Ide yang sangat bagus jika anda melakukan edit pada artikel lama anda yang tidak populer alias terbenam di mesin pencari. Yang penting jangan ubah permalink artikel anda untuk menghindari “404 not found” atas artikel lama tersebut. Yang penting pastikan parameter cornerstone content anda semuanya menyala hijau.

Artikel yang sebelumnya terbenam bisa saja secara ajaib muncul pada halaman pertama mesin pencari jika anda benar-benar memperhatikan aspek cornerstone content anda. Baik artikel lama atau artikel baru pastikan anda memperhatikan hal-hal dan tips-trik untuk memaksimalkan SEO WordPress dengan cornerstone content:

  • Keyword, bagaimanapun lakukan research yang relevan untuk artikel cornerstone anda. Pilihlah yang benar-benar relevan dan aktual dari trend keyword.
  • On-page SEO, perhatikan aspek-aspek on-page SEO seperti heading, outbond dan internal link, dan aspek on-page SEO lainnya. Baca : SEO : Mengenal SEO Dan Tujuannya (Search Engine Optimization)
  • Dengan bantuan yoast SEO plugin pastikan semua parameter cornerstone content anda menyala hijau sebelum anda mempublish artikel anda. Lihat pada analisis parameter apa saja yang masih merah lalu lakukan perbaikan pada artikel anda.
  • Yang terakhir pastikan anda untuk me-reindex artikel anda pada google search console.