Posted on

Tips-trik Kustomisasi Footer WordPress

wpJakarta.Com – Tips-trik Kustomisasi Footer WordPress. Pada artikel kami sebelumnya adalah bagaimana membuat menu sederhana pada seksi topbar. Kali ini kami menulis tentang tips-trik sederhana membuat menu pada footer WordPress. Tempat yang biasanya berisi tentang informasi copyright dan informasi tentang design tema yang digunakan.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Tips-trik Kustomisasi Footer WordPress tema website WordPress versi lite

Tips-trik Kustomisasi Footer WordPress

Lagi-lagi tidak perlu khawatir jika menggunakan tema website WordPress premium. Pada website premium WordPress sudah ada setting, biasanya pada halaman customizer untuk membuat informasi pada bagian footer tersebut.

Namun pada tema versi free atau lite, biasanya agak terbatas untuk mengkustomisasi bagian tersebut. Bahkan tidak ada akses whitelabel alias informasi pada footer masih akan mengarah ke pihak pengembang tema tersebut. Salah satu contoh tema website yang masih plain adalah “storefront”. Meskipun lite dan plain, namun storefront sangat beken. Pastinya terbuka untuk di modifikasi atau di kustomisasi. Ada tips-trik untuk meng- kustomisasi footer tema website WordPress.

Tips-trik Kustomisasi Footer WordPress (Storefront)

Tips-trik untuk menambahkan dan meng- kustomisasi footer di website WordPress bisa dilakukan tanpa plugin. Pada tema website storefront yang di gunakan, kami menambahkan potongan kode untuk mengkustomisasi bagian footer halaman website sebagai berikut. Untuk melakukan demikian tambahkan kode berikut ke dalam file function.php. Namun mengedit langsung file function.php bukanlah cara yang baik, karena kode yang biasa di tambahkan pasti akan terhapus jika terdapat update tema website.

Untuk menyiasatinya bisa dengan membuat site specific plugin khusus untuk menambahkan setiap kode tambahan ke dalam file WordPress. Untuk lebih jelas mengenai apa itu “site specific plugin” ? Kunjungi artikel Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress. yang pernah di tulis di website ini.

// TEKS & LINK DI FOOTER
function storefront_credit() {
?>
<div class="site-info">
© 2020 wpJakarta - an e-Commerce airline.<br/><a href="https://wpjakarta.com/privacy-policy/" title="Kebijakan privasi">Privacy</a>
| <a href="https://wpjakarta.com/privacy-policy/#syarat-dan-ketentuan" title="Terms of Use">Syarat & Ketentuan</a>
| <a href="https://wpjakarta.com/sitemap/">SiteMap</a>
| Social media: <a href="https://www.facebook.com/warungproduktifjakarta/">fb</a> / <a href="https://twitter.com/plus62_network">tw</a> / <a href="https://www.instagram.com/plus_62_network/">ig</a>
</div><!-- .site-info -->
<?php
}

Pada kode di atas hanya di tambahkan link-link sederhana yang berisi tentang privacy policy, TOS, sitemap dan link ke halaman media sosial. Tentu saja kustomisasi bisa di sesuaikan dengan yang di inginkan. Misalnya dengan menambahkan icon media sosial dan bukan hanya link. Tentang menambahkan icon media sosial pada tema website storefront lihat artikel berikut. Membuat menu sosial media tema storefront.

Selanjutnya adalah menambahkan kode css dengan selector .site-info. Style tentu bisa di sesuaikan sesuai desain yang di inginkan.

.site-info {
 text-alignment:center;}

Dengan melakukan kustomisasi footer dengan kode sendiri, tentu lebih bebas mau seperti apa footer tersebut di design. Artikel berikut mungkin bisa menjadi referensi untuk mendesain bagian footer tema website kita. 20 Best Website Footer Designs for Inspiration.

Tips-trik Kustomisasi Footer WordPress menggunakan plugin

Cara atau tips-trik lainnya ketika melakukan kustomisasi footer pada website WordPress bisa dilakukan dengan menggunakan plugin. Banyak plugin bisa di temukan pada halaman repository plugin WordPress, diantaranya.

Artikel lainnya