Posted on

Versi Dan Fitur WordPress 5.7

Versi Dan Fitur WordPress 5.7

wpJakarta.Com – Versi Dan Fitur WordPress 5.7. WordPress versi 5.7 telah di rilis hari ini. Dan rilis ini akan menjadi major release yang pertama di tahun 2021. Versi dan fitur WordPress 5.7 ini di beri kode nama “Esperanza”, Di namakan Esperanza untuk menghormati Esperanza Spalding, seorang ahli musik modern.

Versi dan fitur WordPress 5.7

WordPress 5.7 hadir dengan beberapa fitur dan peningkatan baru. Kami mengikuti beberapa perkembangannya dan mencoba beberapa fitur baru di situs website ini. Tentang informasi WordPress versi sebelumnya (5.6), lihat di sini.

Artikel WordPress lainnya

Perbaikan Editor di WordPress 5.7

Halaman editor pada backend WordPress adalah area di mana user pemilik situs website menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menulis konten. Semenjak blok editor (gutenberg) menjadi editor default WordPress, maka setiap rilis WordPress menghadirkan fitur baru dan peningkatan pada editor. Pada WordPress 5.7 ini juga terdapat beberapa fitur dan peningkatan baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Pada Versi Dan Fitur WordPress 5.7 ini, WordPress menghadirkan warna-warna segar. Editor akan membantu kita bekerja di beberapa tempat yang tidak bisa dilakukan sebelumnya. Memang apa yang menjadi fokus dari blok editor adalah user tidak perlu menuliskan kode / skrip pemrograman. Atau bahkan tanpa harus mempekerjakan web desainer. Penulisan konten atau desain halaman di buat lebih mudah dan sederhana.

  • Drag and drop blok editor
    • Pada WordPress versi 5.7 ini memungkinkan kita untuk melakukan drag and drop dari inserter blok langsung ke dalam area konten. Sebelumnya mungkin kita bisa menuliskan misalnya /heading untuk menggunakan heading.
  • Reusable Blok atau blok yang dapat digunakan kembali
    • Beberapa peningkatan yang membuat reusable blok lebih stabil dan lebih mudah digunakan. Reusable blok akan menyimpan secara otomatis pada posting ketika ketika kita melakukan pembaruan pada blok tersebut.
  • Improvisasi pada blok tombol
    • WordPress versi 5.7 ini memperkenalkan perataan vertikal untuk tombol di editor blok. Pengguna juga dapat memilih dari lebar persentase preset untuk tombol mereka.
  • Ukuran Social Icon
    • Pada WordPress versi 5.7 kita bisa melakukan menyesuaikan ukuran ikon di blok ikon media sosial.
  • Penyesuaian ukuran font / huruf
    • Peningkatan lainnya pada konteks blok editor adalah kemampuan untuk menyesuaikan ukuran font atau huruf di lebih banyak blok termasuk daftar atau list dan blok kode.
  • Full height blok
    • Untuk menggunakan blok lebar penuh, biasanya untuk cover, kolom, atau blok grup. Pada Versi Dan Fitur WordPress 5.7 ini memungkinkan kita membuat seksi secara Full height. Blok ini akan mengisi ketinggian layar pengguna dan menjadi lebih menarik.

Penyesuaian ukuran huruf pada blok kode dan list


<html>
  <head>
  </head>
  
   <body>
    <h1>Hello World<h1>
    <p>Contoh dari blok kode yang ukuran hurufnya di perkecil. Anda bisa melakukan penyesuaian ukuran huruf jika menggunakan WordPress 5.7<p>
   </body>

</html>

<html>
  <head>
  </head>
  
   <body>
    <h1>Hello World<h1>
    <p>Contoh dari blok kode yang ukuran hurufnya di perbesar. Anda bisa melakukan penyesuaian ukuran huruf jika menggunakan WordPress 5.7<p>
   </body>

</html>

Penyesuaian ukuran huruf pada blok list

  • List atau daftar dengan ukuran huruf yang di perbesar
  • Sub list
  • sub dar sub list

Artikel Tentang WooCommerce

Migrasi dari HTTP ke HTTPS dengan satu klik

Update ini juga yang menurut kami paling menarik. Pada Versi Dan Fitur WordPress 5.7 ini kita dapat melakukan update dari dari HTTP ke HTTPS hanya dengan satu klik. WordPress secara otomatis akan memperbarui URL dan database (konten) saat beralih ke https. Migrasi http ke https dapat di lakukan melalui halaman admin (dashboard) >> Tools >> Site Health. Jika situs belum HTTPS maka akan ada tombol untuk melakukan update. Tentu saja situs website anda sudah harus menginstall SSL. Tentang apa itu SSL dan HTTPS, lihat artikel-artikel yang kami tag sebagai SSL.

API Robot Baru

API Robot baru memungkinkan kita untuk menyertakan perintah / arahan filter pada tag robot meta. API baru tersebut juga menyertakan arahan max-image-preview: large secara default. Ini akan memungkinkan mesin pencari dapat menampilkan pratinjau gambar besar. API ini sebenarnya akan memungkinkan developer (pengembang) untuk mengontrol secara terprogram dan memperbarui tag meta robot di situs website.

Robot meta tag memungkinkan kita untuk memberikan informasi kepada crawler search engine untuk merayapi dan mengindeks atau tidak situs website atau halaman-halaman tertentu. Biasanya ini dilakukan dengan menambahkan file robots.txt ke folder foot instalasi website kita atau dengan menggunakan tag meta robot.

Fungsi baru bernama wp_robots() kini ada pada Versi Dan Fitur WordPress 5.7. Pengembang akan dapat mengubah tag meta robot dengan menambahkan filter custom sendiri ke fungsi tersebut. Contohnya yang kami kutip dari halaman make.wordpress.org :


function wporg_wp_robots_add_follow( $robots ) {
    $robots['follow'] = true;
    return $robots;
}
add_filter( 'wp_robots', 'wporg_wp_robots_add_follow' );

Pada Versi Dan Fitur WordPress 5.7 juga akan menambahkan arahan max-image-preview: large ke tag meta robot secara default. Ini akan menambah nilai “follow” selain nilai yang ada sebagai berikut :


<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
     <meta name="robots" content="max-image-preview:large, follow" />
   </head>

Lazy-load iFrames

Pada versi dan fitur WordPress 5.7 ini, WordPress secara default akan menambahkan atribut loading = “lazy” pada tag iframe ketika lebar dan tingginya ditentukan. Lazy Loading adalah salah satu teknik yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan situs website selama proses pemuatan halaman. Lazy load memberi tahu browser untuk memuat sebuah element (paling umum adalah gambar) pada viewport saat di lihat oleh pengunjung website.

Untukmlazy load gambar sebenarnya sudah ada pada versi WordPress 5.5. Ini berarti semua embed yang menggunakan iframe, seperti video YouTube, akan menggunakan lazy load untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman website. Beberapa plugin yang anda gunakan mungkin memiliki fitur seperti ini. Untuk mendisable fitur lazy load dari core WordPress anda bisa mendisable fitur ini dengan cara menambahkan perintah berikut : add_filter('wp_lazy_loading_enabled', '__return_false');

WordPress 5.7 Field Guide

Untuk mengetahui setiap perubahan atau perubahan lainnya pada versi dan fitur WordPress 5.7 ini, lihat WordPress 5.7 Field Guide di halaman WordPress.Org.

Snippet dan tutorial HTML, CSS, JS

Artikel lainnya