Posted on

Redirect HTTPS Dengan Really Simple SSL Plugin

wpJakarta – Redirect HTTPS Dengan Really Simple SSL Plugin. Kira-kira apa yang akan anda lakukan jika anda sedang browsing dan anda mendapati halaman yang anda kunjungi berlabel “Not Secure”? Kalau saya secara spontan akan membatalkan kunjungan ke website tersebut. Ya, seketika saya akan membatalkan kunjungan tersebut karena khawatir dengan keamanan jika kita memaksakan untuk tetap mengunjungi halaman tersebut. Pada browser chrome versi 68+ mulai menyematkan label “Not Secure” sebagai peringatan minimnya keamanan koneksi pada halaman tersebut.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Baca Juga :

Pengaruh SSL (HTTPS) terhadap SEO

Sesuai ilustrasi diatas, dimana kebanyakan orang akan membatalkan kunjungannya ke sebuah website dengan label “Not Secure. Maka hal tersebut sudah pasti berpengaruh terhadap SEO. Bayangkan jika website anda sendiri yang dilabel “Not Secure” karena memang tidak dilapisi dengan SSL. Peluangnya banyak yang tidak ingin untuk mengunjungi website anda.

Instal SSL di website

Berbicara tentang HTTP atau HTTPS akan kami bahas pada artikel lainnya. Disini kami hanya akan membahas mengenai pemasangan SSL pada website dan melakukan redirect HTTP ke HTTPS dengan plugin really simple SSL.

Penyedia layanan hosting menyediakan untuk memasang SSL gratis, tapi anda tentu punya pilihan untuk membeli SSL premium terutama jika anda menjalankan website toko online. Dimana kemampuan untuk memberikan kemanan mutlak harus dilakukan karena transaksi keuangan secara digital yang terjadi pada website toko online.

Salah satu hosting dengan kemampuan yang baik dan menyediakan SSL gratis serta instalasi yang mudah adalah :

Redirect HTTPS dengan Really Simple SSL Plugin

Jika anda sudah berhasil memasang SSL baik berbayar maupun gratis, maka anda harus melakukan redirect HTTPS pada website anda. Yang paling mudah adalah dengan menginstall plugin “Really simple SSL”. Versi gratisnya dapat anda download melalui WordPress.

Versi gratisnya menurut kami cukup untuk memaintain satu website anda. Tapi tidak ada salahnya juga jika anda melirik versi PRO untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Anda dapat mendownloadnya disini Really Simple SSL Premium.

Setting Really Simple SSL versi gratis

Setelah anda menginstal plugin Really Simple SSL. Plugin yang akan melakukan beberapa setting secara background misalnya :

  • Cek sertifikat SSL yang terpasang.
  • Cek dan fix masalah mixed content.
  • Redirect WordPress 301 pada file .htaccess (anda perlu secara manual melakukan enable redirect WordPress 301, dari TAB menu setting/pengaturan aktifkan dua pengaturan berikut :
    • Aktifkan pengalihan 301 WordPress untuk SSL : set ke ON
    • Aktifkan pengalihan .htaccess 301 : set ke ON

Selebihnya beberapa yang harus anda setting secara mudah adalah :

  • Aktifkan pengalihan Javascript ke SSL
  • Debug
  • Berhenti menyunting berkas .htaccess
  • Use alternative method to fix mixed content
  • Dismiss all Really Simple SSL notices
  • Nonaktifkan plugin dan pertahankan SSL

Baca Juga :

Alternatif redirect melalui file .htaccess

Plugin really simple ssl sebenarnya sangat ringan dan tidak menyebabkan source website anda menjadi “gendut”. Tapi jika anda familiar dengan WordPress redirect dan file .htaccess dan tidak ingin menginstall plugin hanya untuk redirect HTTP ke HTTPS, maka anda dapat meredirect HTTPS melalui file .htacess.

Cukup tambahkan kode berikut pada file .htaccess anda :

 <IfModule mod_rewrite.c>
 RewriteEngine On
 RewriteCond %{HTTPS} !=on
 RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301,NE]