Posted on

8 Langkah Perencanaan Membuat Website Atau Blog WordPress

Perencanaan Membuat Website Atau Blog

wpJakarta.Com – Melakukan Perencanaan Membuat Website Atau Blog WordPress. Mungkin ini adalah tahapan paling awal ketika anda ingin membuat sebuah blog atau website. Banyak orang yang ketika membuat blog atau website langsung “ba-bi-bu”. Tanpa perencanaan membuat website atau blog yang matang, bikin blog dan langsung live.

Tips-trik dan tutorial WordPress

Selain 8 Langkah Perencanaan Membuat Website Atau Blog WordPress. Artikel kategori WordPress kami mungkin bisa membantu anda mengkustom website WordPress anda. Kami banyak menulis tentang artikel, tips-trik dan tutorial WordPress. Yang di tulis berdasarkan masalah yang kami temui ketika sedang mengkustomisasi website kami sendiri. Kebanyakan di dapatkan dari sumber lain dengan penyesuaian pada skrip tema website yang kami gunakan.

Perencanaan membuat website atau blog meskipun hanya blog pribadi

Banyak orang berfikir tidak perlu repot-repot membuat perencanaan hanya untuk sekedar sebuah blog pribadi. Kebanyakan berfikir bahwa hanya tipe website bisnis, layanan dan toko online yang perlu di buat perencanaan yang matang. Nyatanya, setelah blog atau website tersebut live, banyak kesalahan-kesalahan. Seperti merubah struktur permalink, Merubah penamaan halaman dan kategori artikel. Atau kurang puas dengan tampilan tema website. Karena tema website WordPress banyak yang gratis dan mudah menginstal tema.

Akhirnya gonta-ganti tema. Install dan Uninstall plugin. Dan tanpa di sadari semua itu telah merusak struktur SEO, Banyak redirection, hingga halaman 404, bukan hanya akan menyakiti SEO anda. Hal tersebut mungkin saja mempengaruhi kecepatan optimal website yang dibuat karena banyaknya file-file sampah akibat peninggalan plugin yang sudah di unisntall.

Perencanaan membuat website atau blog untuk SEO yang optimal

Perencanaan Membuat Website Atau Blog

Ilustrasi di atas bukanlah hasil karangan kami yang menggambarkan bagaimana website yang dibuat tanpa perencanaan. Namun itu adalah pengalaman kami ketika awal-awal membuat website ini. Kami ingat dulu ketika di awal membuat website dengan nama domain revyou.id dengan niche tentang berita-berita ringan dan sejarah. Di awal semua terlihat oke, hingga google memberikan hadiah “searchlink searchbox”. Beberapa artikel tampil di peringkat pertama halaman pencarian google dengan query “blog promosi umkm dan produk lokal”.

Namun hal-hal indah tersebut hilang begitu saja ketika kami mulai mengganti tema website. Bongkar pasang plugin, hingga merubah penamaan halaman dan kategory. Mulailah bencana datang dimana semua konten jadi “tenggelam” karena banyaknya halaman 404 dan redirection. Bahkan terpikir untuk mengganti nama domain karena nama domain “revyou.id” rasanya terdengar kurang “keren”.

Bikin lagi website baru dengan perencanaan yang lebih matang

Website lama akhirnya harus di buang hingga akhirnya kami memutuskan untuk lahir kembali dengan nama wpjakarta.com. Cuma buang-buang waktu yang benar-benar tidak produktif. Maka tidak ingin mengulang masa kelam dulu. Kami mulai dengan pemilihan nama domain yang kami pilih dengan lebih cermat. Hingga kami pilih wpjakarta karena kami ingin fokus pada niche tips-trik, tutorial dan cara bikin website WordPress.

Karena kata WP memang berdiri untuk WordPress. Meskipun demikian kami bisa melebarkan niche kami ke topik digital marketing atau topik pengembangan usaha kecil, karena WP kami artikan juga dengan Warung Produktif. Meskipun akhirnya kami menyadari bahwa wpjakarta lebih kuat ke masalah “open BO” dan kupu-kupu malam. Baca juga wpJakarta Warung Produktif Jakarta, Website Optimasi Bisnis, Blog Dan Komunitas.

Tips-trik dan tutorial WooCommerce

Kami juga banyak menulis artikel, tips-trik, tutorial WooCommerce dan kustomisasi tema website storefront by WooCommerce. Artikel yang juga kami tulis karena masalah yang kami temui dan kustomisasi yang di lakukan pada portofolio website kami. Lihat selengkapnya artikel-artikel yang di tag sebagai “storefront” mungkin dapat membantu perencanaan membuat website atau blog WordPress menjadi lebih matang.

Urutan perencanaan membuat website atau blog berbasis WordPress

perencanaan membuat website atau blog

Kami coba uraikan bagaimana urutan perencanaan membuat website atau blog berbasis WordPress. Sederhana namun di yakini akan membuat website atau blog anda akan tampil apik nantinya. Dengan beberapa perencanaan dasar sebagai berikut.

(1) Perencanaan membuat website atau blog – Niche atau topik yang ingin anda kembangkan

Kini anda memiliki ketertarikan untuk membuat blog dan sedang memikirkan niche apa yang ingin di kembangkan. Perencanaan membuat website atau blog yang pertama adalah memilih niche yang anda kuasai atau anda sukai. Misalnya tentang teknologi secara umum, atau anda ingin breakdown menjadi ke niche yang lebih sempit (microniche), misalnya tentang android, atau tentang dunia game. Apapun yang anda senangi, karena nantinya ini akan membantu ketika sehari-hari membuat posting (artikel). Menulis sesuatu yang anda kuasai akan menjadi mudah nantinya, termasuk ketika anda membuka seksi komentar atau forum. Karena memang di situlah dunia anda

(2) Perencanaan membuat website atau blog – Nama domain

Perencanaan membuat website atau blog berikutnya adalah menentukan dan membeli Nama domain. Setelah memiliki nichenya pikirkan tentang nama domain. Katanya domain dengan ekstensi .com lebih baik dari ekstensi lainnya. Meskipun oleh google hal tersebut bukanlah jadi persoalan. Karena untuk hasil SEO yang baik adalah isi (konten) dan struktur website itu sendiri.

Tapi untuk urusan nama memang sebaiknya pilihlah yang benar-benar relevant dengan niche yang sudah anda pilih. Karena itu urusan “identitas” yang akan membuat anda confident alias percaya diri ketika anda mengelolanya. Misalnya : andro.id –> Jika misalnya niche anda akan berbicara tentang topik-topik android. Atau apapun yang menurut anda nama domain tersebut terdengar “cool”.

(3) Perencanaan membuat website atau blog – Di mana website anda akan di hosting

Setelah menentukan nama domain, maka anda harus membelinya melalui perusahaan registrar. Pada tahap ini anda bisa membeli domain sekalian juga membeli (tepatnya menyewa) hosting. Ya, memilih hosting adalah, menurut kami ini adalah bagian yang paling penting dari perencanaan membuat website atau blog. Karena kualitas hosting akan sangat mempengaruhi website anda nantinya. Terutama dalam masalah pagespeed. Memang ada banyak cara untuk meningkatkan performa website. (Baca juga: Cara Mempercepat Performa Website WordPress. Namun sekuat apapun usaha untuk meningkatkan performa dan pagespeed, tapi jika hosting yang digunakan memang berkualitas rendah, maka hal tersebut sia-sia.

Shared hosting, Cloud hosting atau VPS hosting

Kami tidak ingin mempengaruhi anda tentang memilih hosting yang baik di indonesia. Sebaiknya anda lakukan study sebelum menentukan hosting yang menurut anda baik bagi website WordPress anda. Kunjungi artikel-artikel yang membahas perbandingan perusahaan hosting di indonesia. Namun biasanya sangat umum jika perusahaan hosting menawarkan tiga pilihan jenis hosting. Yaitu Shared hosting, Cloud hosting atau VPS hosting.

Menurut kami sendiri hosting nasional yang menawarkan performa dan kualitas cukup baik adalah Niagahoster. Anda bisa membeli domain dan menyewa hosting niagahoster seperti layanan hosting pada umumnya. Niagahoster menawarkan hosting jenis shared, cloud atau vps. Yang di bagi lagi ke masing-masing level hosting tersebut. Berikut sedikit overview tentang shared, cloud dan vps hosting.

Shared hosting

Shared hosting biasanya di tawarkan dengan harga yang murah karena kualitasnya relatif rendah. Spek server untuk shared hosting biasanya cukup baik dan sesuai dengan standar server website. Namun server tersebut di isi hingga lebih dari 10 website secara bersamaan. Makanya, jika website atau blog anda di host pada jenis shared hosting maka akan memiliki kemampuan yang relatif “biasa-biasa” saja. Namun untuk website atau blog yang baru di buat, shared hosting sudah lebih dari cukup. Seiring meningkatnya trafik atau jumlah kunjungan ke website anda, anda bisa mengaupgradenya di masa depan.

Cloud hosting

Secara spesifikasi teknis komputer server “cloud hosting” bisa jadi lebih baik dari shared, atau mungkin bisa jadi sama. Namun yang pasti hosting jenis cloud adalah dimana komputer server tersebut anda gunakan untuk website anda sendiri. Makanya secara performa pilihan jenis hosting cloud akan lebih baik dari shared. Hosting jenis cloud juga pastinya akan lebih mahal karena spesifikasi yang lebih baik. Yang juga membuatnya lebih mahal adalah anda tidak perlu mengurusi urusan maintenance server. Semuanya sudah di handle oleh perusahaan penyedia jasa hosting.

VPS hosting

VPS (Virtual Private Server) hosting, biasanya setara dengan cloud hosting. Baik dari sisi spesifikasi maupun kemampuan dalam menghandle trafik website. Namun dari segi harga sewa, VPS hosting bisa jadi lebih murah dari cloud hosting. Itu karena anda sendiri yang akan menghandle urusan maintenance server tersebut, backup, cleaning database, setup maupun urusan lainnya.

Nah, sekarang mana yang mau anda ambil ? Jika anda ingin hosting dengan sumber daya yang besar maka Cloud dan VPS bisa jadi pilihan. Jika anda familiar dengan urusan maintenance server dan ingin harga yang relatif murah, maka VPS adalah pilihan yang harus anda ambil. Namun tanpa skill maintenance server dan tetap ingin sumber daya yang besar, maka anda bisa membeli hosting jenis cloud. Selengkapnya lihat perbandingan jenis hosting di niagahoster.

(4) Perencanaan membuat website atau blog – Install dan setting WordPress anda

Setelah memiliki nama domain dan hosting, maka setting selanjutnya tentang konfigurasi server tidak perlu anda pikirkan. Semuanya sudah di atur oleh pihak penyedia hosting. Namun anda sendirilah yang harus menginstall WordPress melalui cPanel anda. Browse atau telusuri halaman kategori WordPress kami untuk mengetahui bagaimana melakukan setting initial WordPress.

Namun yang paling penting adalah melakukan setting permalink. Karena ini akan berhubungan langsung dengan struktur website dan sangat berpengaruh pada performa SEO anda. Artikel kami tentang pengaturan permalink WordPress berikut mungkin bisa memberikan anda masukan. Note: Sebelum anda benar-benar melakukan setting WordPress secara keseluruhan, kami sarankan untuk tidak mempublish apapun dari website anda. Anda bisa menggunakan plugin Maintenance mode. Dan jangan izinkan crawler (bot mesin pencari) mengindex halaman website anda.

(5) Perencanaan membuat website atau blog – Pemilihan tema website

Membuat tampilan websit WordPress menjadi “indah” adalah hal yang mudah. Itu karena banyaknya tema website yang bisa anda gunakan baik versi free maupun premium. Versi free berarti anda bisa menggunakan tema website tersebut tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Namun biasanya banyak keterbatasan. Jika anda familiar dengan memodifikasi tampilan frontend WordPress menggunak skrip php dan CSS. Maka anda bisa bisa menggunakan versi free untuk membuatnya tampil lebih baik.

Jika anda tidak familiar dengan kode dan skrip pemrograman, namun bisa membuat desain tampilan website menjadi indah sesuai dengan nalar. Maka pilihlah tema website premium. Karena tema website premium memiliki “kemampuan” yang lebih baik dari sisi tampilan frontend. Maka dengan keahlian mendesain website akan membuat website WordPress anda jadi enak di pandang.

Dimana anda bisa menemukan ribuan tema website baik gratis maupun premium ? Anda bisa mengunjungi website themeforest. Ribuan tema website bisa di download secara gratis. Atau anda bisa memilih mode langganan “subscription” untuk mendownload tema apapun yang anda mau. Atau anda mau menggunakan tema website buatan dalam negeri ? Artikel kami berikut, Tema Website WordPress Oketheme (Buatan Dalam Negeri), adalah tentang tema website berkualitas buatan dalam negeri. Setelah menemukan tema website yang cocok, kami sarankan untuk menggunakannya secara konsisten

(6) Perencanaan membuat website atau blog – Pemilihan plugin

Pemilihan dan pemasangan plugin adalah tergantung dengan tujuan dari website atau blog yang ingin anda buat. Namun secara esensial saja, anda haru memasang beberapa plugin berikut karena sifatnya yang umum dan penting, apapun jenis website anda.

Atau anda bisa menemukan plugin lainnya yang cocok di halaman repository plugin WordPress.

(7) Perencanaan membuat website atau blog – Jumlah dan nama halaman

Perencanaan membuat website atau blog berikutnya adalah menentukan jumlah dan nama halaman. Memang anda bisa membuat sebanyak halaman yang anda mau. Namun menurut kami di sini anda harus membuat nama halaman yang konsisten. Halaman yang harus anda buat adalaha halaman homepage, halaman privacy policy. Halaman homepage adalah dimana halaman utama dan menceritakan tentang identias website anda. Sedangkan halaman privacy policy biasanya di butuhkan ketika anda berhubungan dengan “API” dari google dan facebook atau layanan aplikasi lainnya.

Halaman privacy policy juga penting tentang bagaimana website anda “memperlakukan” data pengunjung. Halaman lainnya adalah opsional, namun setelah website anda live dan di index oleh mesin pencari. Usahakan untuk tidak lagi mengganti nama halaman, kecuali jika benar-benar terpaksa.

(8) Perencanaan membuat website atau blog – Jumlah dan nama kategori

Sama dengan point nomor 7, perencanaan membuat website atau blog terakhir adalah tentang jumlah dan nama kategori. Buatlah kategori dimana masing-masing post anda akan di klasifikasikan. Misalnya anda berencana untuk keliling nusantara dan ingin menamakan kategori sesuai nama provinsi di indonesia. Anda bisa memberikan nama misalnya Aceh, Bali dan Papua. Namun sekali lagi setelah membuat nama kategori, maka anda harus membuat nama kategori da struktur URL yang konsisten. Nantinya SEO website anda akan menjadi cemerlang.

blogPost : 8 Langkah Perencanaan Membuat Website Atau Blog WordPress.

Artikel lainnya