Posted on

3 Cara Merubah Teks Secara Otomatis Pada Website WordPress

wpJakarta.Com – 3 Cara Merubah Teks Secara Otomatis Pada Website WordPress. Pernahkah anda ingin merubah spesifik text yang ada di dalam website WordPress anda. Hal yang sepele memang, namun rasanya ini sangat mungkin dan sering terjadi. Misalnya jika anda memiliki banyak halaman produk yang di dalamnya terdapat informasi, nomor telepon atau alamat email dimana orang dapat menghubungi anda. Lalu ada satu hal dimana anda mengganti nomor telepon atau nomor hp tersebut. Begini cara merubah teks secara otomatis di website WordPress. Tanpa tools atau bisa di lakukan tanpa plugin.

Tips-trik & Tutorial WordPress kami mungkin berguna untuk mengkustomisasi website anda

Kenapa anda harus merubah teks secara otomatis di website WordPress ?

Merubah Teks Secara Otomatis

Kedengarannya, seperti hal yang sangat sepele. Namun sudah pasti bisa saja terjadi. Jika biasanya merubah teks bisa anda lakukan secara manual dengan mengganti teks yang ingin anda ganti. Namun, jika misalnya ketika anda menjalankan website toko online dimana terdapat ratusan bahkan ribuan produk di dalamnya. Di masing-masing halaman single produk anda menempatkan nomor telepon yang bisa di hubungi oleh pelanggan anda. Atau anda menempatkan alamat email untuk melayani query permintaan dari pelanggan.

Hingga saatnya anda melakukan perubahan pada nomor telepon atau alamat email tersebut. Tentu repot jika jika harus merubah satu persatu halaman produk anda bukan ? Makanya di perlukan cara yang bisa merubah teks secara otomatis di website WordPress anda. Beberapa cara berikut bisa dilakukan untuk merubah spesifik teks di dalam website WordPress anda.

Tutorial WordPress yang mungkin berguna untuk mengkustomisasi website anda

Merubah spesifik teks secara manual

Jika hanya beberapa teks saja mungkin anda bisa menempuh secara manual. Misalnya anda ingin merubah alamat kantor yang yang hanya ada di halaman “about us” atau halaman “contact us” dari website usaha anda. Cukup ubah teks yang di inginkan dengan menuliskan teks yang baru secara manual.

Merubah teks secara otomatis dengan plugin

Ini cara paling umum, anda bisa memasang plugin, salah satunya Better Search Replace. Atau ada kondisi di mana anda merubah nama domain atau server baru. Anda kemungkinan akan mengalami kebutuhan untuk menjalankan pencarian lalu menggantinya di database agar semuanya berfungsi dengan benar. Plugin ini memiliki fitur-fitur berikut :

  • Perubahan pada semua tabel
  • Perubahan pada tabel tertentu
  • “Trial” untuk melihat berapa banyak teks yang akan di ubah

Tips-trik WooCommerce yang mungkin berguna untuk mengkustom toko online anda

Merubah teks secara otomatis tanpa plugin

Ini yang kami lakukan pada salah satu website portofolio kami. Freshplus62.Com harus merubah nomor handphone yang biasa di gunakan untuk di hubungi oleh customer atau pengunjung websitenya. Nomor handphone tersebut terdapat pada setiap halaman produk yang di jual. Masalahnya terdapat lebih dari 300 halaman produk pada website tersebut. Di tambah nomor telepon yang di sematkan juga di halaman homepage, halaman “tentang kami” dan halaman bantuan.

Syukurlah bahwa WordPress menyediakan hook-hook yang berguna jika kita ingin melakukan perubahan. Pada masalah ini kami “mengatrol” hook the_content untuk merubah spesifik teks yang ada di setiap halaman WordPress tersebut. Ini akan merubah teks secara otomatis spesifik teks yang ingin di ubah. Perubahan akan terjadi di halaman (page), post, dan halaman produk WooCommerce. Namun tidak akan merubah jika teks tersebut berada pada widget, baik sidebar maupun footer. Untuk merubah pada sidebar anda perlu menggunakan hook get_sidebar.

Tutorial WooCommerce yang mungkin berguna untuk mengembangkan toko online anda

Kode php untuk merubah teks secara otomatis

function replace_spesifik_teks($content) {
    // ganti teks yang ingin di ubah dengan teks baru
}
add_filter('the_content','replace_spesifik_teks');

Lihat kode selengkapnya di halaman kode snippet kami yang memuat kode tersebut. https://wpjakarta.com/snippet/php/kode-php-merubah-teks-secara-otomatis/. Tambahkan kode tersebut ke dalam file function.php anda. Lalu jalankan atau refresh website WordPress anda secara normal. Kode tersebut akan membuat fungsi php dengan meng”katrol” hook the_content. Teks spesifik yang ingin anda ubah seharusnya bisa berubah. Nah, merubah teks secara otomatis di website WordPress ? Gampang bukan ?

Eits… nanti dulu, mengedit langsung file function.php bukanlah cara yang baik, karena kode yang biasa di tambahkan pasti akan terhapus jika terdapat update tema website. Untuk menyiasatinya bisa dengan membuat site specific plugin khusus untuk menambahkan setiap kode tambahan ke dalam file WordPress. Untuk lebih jelas mengenai apa itu “site specific plugin” ? Kunjungi artikel Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress, yang pernah di tulis di website ini.

Artikel kami lainnya