Posted on

Mengembalikan Akses User Administrator WordPress

wpJakarta -Mengembalikan Akses User Administrator WordPress. Pernahkah anda mengalami tiba-tiba kehilangan hak akses anda sebagai administrator website. Dalam beberapa case kita memang bisa saja secara tiba-tiba kehilangan akses sebagai administrator dari website yang kita manage. Pada artikel kali ini kami ingin membahas penyebab hilangnya hak akses administrator dan bagaimana Mengembalikan Akses User Administrator WordPress melalui phpMyAdmin.

Baca Juga :

Penyebab hilangnya hak akses User administrator

Mengembalikan Akses User Administrator WordPress

Banyak hal yang menyebabkan kita kehilangan hak akses administrator pada website WordPress yang kita handle. Misalnya saat kita sedang menginvestigasi plugin yang konflik dengan plugin lainnya atau plugin konflik dengan tema website. Biasanya kita akan mendisable secara sementara semua plugin yang terinstal. Lalu akan mengaktifkannya lagi satu persatu untuk melihat plugin mana yang konflik dengan plugin lainnya.

Saat kita mendisable semua plugin dengan cara “bulk” atau mendisable semua secara langsung. Untuk alasan kemanan maka wordpress akan memverifikasi dengan meminta kita untuk login ulang. Jika kita salah memasukan user dan password kredensial kita, di situ bisa saja kita kehilangan hak sebagai administrator.

Atau karena hal lainnya memang bisa menyebabkan kita kehilangan akses sebagai administrator.Tapi jangan khawatir, anda bisa melakukannya sendiri mengembalikan hak akses anda sebagai administrator wordpress tanpa harus susah-susah meminta bantuan support wordpress atau hosting anda.

Update WP_USERMETA dengan phpMyAdmin melalui cPanel

Jika anda memiliki akses phpMyAdmin melalui cPanel, silahkan anda akses database yang namanya wp_usermeta. Masuk cPanel dengan kredensial anda sendiri.

  • Pada menu cPanel cari lah menu phpMyAdmin.
  • Temukan database wp_usermeta.
  • Lakukan edit pada table wp_usermeta dengan mengklik edit.
  • Update value pada kolom wp_capabilities menjadi :
a:1:{s:13:”administrator”;b:1;}
  • Save atau Commit untuk memastikan value sudah terupdate.
  • Logout dari admin dashboard wordpress anda dan coba login kembali.

Pada langkah diatas seharusnya anda sudah dapat mengakses dashboard wordpress anda dengan hak akses administrator.

Bagaimana Jika masih belum bisa mengembalikan hak akses User administrator WordPress ?

Tapi bagaimana jika anda sudah melakukan hal tersebut namun belum berhasil mengembalikan hak akses administrator anda? Coba untuk mengecek table “WP_USERS”. Cari kemungkinan jika user profil anda mungkin double. Ada kemungkinan satu user anda mungkin double dengan nama user atau email lain yang anda gunakan.

Anda bisa mendelete user yang double tersebut. Dan coba login dengan nama user atau username yang ada pada value di “WP_USERS”. Semoga artikel tips trik kami ini dapat membantu anda Mengembalikan Akses User Administrator WordPress yang sempat hilang.


100% website WordPress transparan dan “ecofriendly”, tidak ada data pengunjung yang kami kumpulkan dan tidak ada tracking data apapun terhadap data-data pengunjung”.​ Selengkapnya kunjungi halaman tentang kami.

wpJakarta

Blog “native” yang fokus pada usaha online berbasis WordPress & WooCommerce. Lihat penawaran terbaik untuk merchandise WordPress (Kaos, Hoodie, Topi, Tas dll).

Selengkapnya, klik : https://wpjakarta.com/shop/

Fresh (+62)

e-Commerce produk fresh online. Order secara online sayur, daging, buah dan bumbu rempah atau kirim list pesanan untuk pemenuhan usaha makanan dan restoran.

Selengkapnya, klik : https://freshplus62.com/about/