Posted on

Mengatasi Error WordPress “An automated WordPress update has failed to complete”

wpJakarta – Mengatasi Error WordPress “An automated WordPress update has failed to complete”. Pagi ini saya melakukan update pada tiga website rekanan atas pembaruan plugin Wordfence. Update dua website berjalan lancar jaya tanpa ada hambatan berarti seperti biasanya. Sayangnya satu website mengalami kendala dimana proses update tidak selesai-selesai. Celakanya lagi akses ke dashboard admin tidak bisa dilakukan alias ke”Block”. Karena saat proses update WordPress memang menjalankan prosedur “maintenance mode”. Dimana saat update berlangsung maka website baik frontpage maupun backend tidak bisa diakses untuk sementara waktu.

Baca Juga :

Mengatasi Error WordPress “An automated WordPress update has failed to complete”

Rename folder plugin yang bermasalah

Apakah anda mengalami hal yang sama ? Artikel ini mungkin berguna bagi anda yang sedang mencari solusi pemecahannya. Untuk mengakses dashboard admin, lakukan rename terhadap folder plugin yang bermasalah. Dalam masalah kami tentu saja folder plugin Wordfence. Tunggu beberapa saat setelah merename seharusnya website bisa diakses baik frontend maupun backendnya.

Mengatasi Error automated WordPress update failed

Meskipun sudah bisa diakses namun sepertinya ini belum bisa mengatasi masalah sepenuhnya. Rasanya masih ada keanehan pada website. Hal tersebut memang belum dapat mengatasi error WordPress sepenuhnya, karena pada halaman dashboard terpampang notifikasi error “An automated WordPress update has failed to complete – please attempt the update again now”. Atau update otomatis wordpress gagal dan coba update lagi sekarang. Dan meskipun coba diulangi lagi proses updatenya tetap saja masih gagal. Notifikasi juga tidak mau hilang.

Masalahnya adalah website tidak bisa melakukan koneksi ke wordpress.org. Jika mencari referensi-referensi terkait masalah tersebut, kemungkinan masalahnya ada pada sisi server atau hosting. Tentu saja sampai disini anda mesti lapor dan tanyakan support hosting anda.

Mudah-mudahan bantuan dari team support hosting anda bisa menyelesaikan masalah tersebut. Kalaupun tidak coba beberapa langkah berikut mungkin dapat membantu menyelesaikan error WordPress “An automated WordPress update has failed to complete” tersebut.

Delete file .maintenance

Cara berikut bisa sedikit membantu, yaitu menghilangkan notifikasi error pada dashboard admin. Pada file direktori root anda, temukan file .maintenance dan delete file tersebut. Menghapus file .maintenance memang tidak menyelesaikan masalah atau Mengatasi Error automated WordPress update failed secara keseuruhan. Coba anda lakukan “site health check”, kemungkinan masih ada masalah “komunikasi” antara website anda ke wordpress.org mungkin masih bermasalah. Download dan upload secara manual file WordPress mungkin bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Download dan Install WordPress secara manual

  • Download WordPress dari sini https://wordpress.org/download/.
  • Unzip pada lokal folder anda dan upload ulang semua file dan folder KECUALI file wp_config.php dan folder wp-content.
  • File-file instalasi WordPress anda akan tergantikan dengan file WordPress baru, tanpa merubah atau merusak setting atau pengaturan website anda.