in

Cara Mencegah File Upload Vulnerabilities WordPress

wpJakarta.Com – Cara Mencegah File Upload Vulnerabilities WordPress. Sebelum mengetahui bagaimana cara mencegah file upload vulnerabilities, perlu untuk mengetahui apa itu File Upload Vulnerabilities ? File Upload Vulnerabilities, frasa bahasa inggris yang sepertinya tidak perlu di artikan secara bahasa. Karena jika di artikan secara bahasa akan menjadi “Kerentanan Unggahan File”, terasa kurang enak di dengar. https://translate.google.com/File-Upload-Vulnerabilities.

Advertisement (Iklan)

Hal ini tentu dapat menyebabkan kerusakan yang parah, pencurian data, spamming, atau bahkan merusak halaman (deface). Belum lagi resiko situs website di blacklist oleh Google. Itulah sebabnya mengapa menjaga keamanan situs website dari praktek pembajakan, khususnya mencegah File Upload Vulnerabilities adalah prioritas yang utama. Dalam artikel ini, kita akan mendalami beberapa tips teratas tentang cara mencegah file upload vulnerabilities pada website WordPress.

Artikel Tentang WordPress

Apa itu File Upload Vulnerabilities

Akan lebih penting untuk mengetahui secara definisi. Lubang kecil di situs WordPress akan dapat dengan mudah dieksploitasi oleh peretas dan digunakan untuk mengambil alih situs website secara keseluruhan. Resiko dari praktik hacking yang paling umum dan rentan saat ini adalah pengunggahan file secara keseluruhan atau File Upload Vulnerabilities. Terutama pada situs website berbasis WordPress.

Resiko utama kerentanan bisa bersifat lokal dan jarak jauh. Kerentanan lokal adalah dimana aplikasi memiliki kerentanan keamanan yang memungkinkan pengguna dengan niat buruk untuk mengunggah dan mengeksekusi file berbahaya. Sedangkan kerentanan jarak jauh adalah ketika input pengguna dari suatu aplikasi digunakan untuk mengambil file secara remote dan kemudian file tersebut disimpan secara lokal.

Contoh File Upload Vulnerabilities lokal baru-baru adalah yang terjadi pada plugin Contact Form 7 baru-baru ini. Plugin Contact Form 7 adalah plugin WordPress yang sangat populer dengan instalasi lebih dari 5 juta. Dengan fitur memberi pengguna kemampuan untuk menambahkan beberapa formulir yang berbeda ke dalam situs website atau blog WordPress. File Upload Vulnerabilities di temukan bahwa hacker dapat mengunggah file berbahaya pada versi versi 5.3.1 dan versi sebelumnya. (Baca : A Challenging Exploit: The Contact Form 7 File Upload Vulnerability.

Advertisement (Iklan)

Sedangkan Contoh File Upload Vulnerabilities jarak jauh adalah TimThumb exploit. TimThumb adalah skrip PHP yang biasa digunakan untuk mengubah ukuran gambar di situs WordPress. Kerentanan tersebut memungkinkan penjahat dunia maya mengupload file PHP ke situs website atau blog menggunakan plugin. Yang kemudian memungkinkan membuat sebuah thumbnail di situs website. Ketika file thumbnail tersebut di klik akan menjalankan kode PHP berbahaya.

Baik lokal atau jarak jauh adalah suatu ancaman utama bagi situs website WordPress karena dapat memberi peretas kemampuan untuk mengunggah software berbahaya. Menyebarkan spam, merusak situs website bahkan Mengambil alih situs website. Akan semakin besar dampaknya jika anda menjalankan situs website untuk usaha. Selain dapat merusak reputasi bisnis, juga dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian finansial yang sangat cukup signifikan. Maka mengetahui bagaimana mencegah File Upload Vulnerabilities pada website WordPress anda menjadi sangat penting.

Artikel Tentang WooCommerce

Cara Mencegah File Upload Vulnerabilities

Ada beberapa hal yang sangat dasar yang dapat anda lakukan untuk mencegah File Upload Vulnerabilities tersebut. Efektif untuk melindungi situs website WordPress anda. Dan tiga hal ini yang paling mungkin anda lakukan meskipun anda tidak memiliki background atau ahli dalam hal keamanan komputer.

Selalu update versi WordPress

Salah satu faktur terbesar bahwa situs website yang di kompromikan dan mengalami masalah peretasan adalah karena mereka menjalankan WordPress versi lama. Maka cara paling pertama untuk mencegah file upload vulnerabilities adalah dengan selalu memperbarui versi WordPress ke versi terbaru. Paling tidak, hal tersebut sudah dapat mempersulit peretas untuk menembus situs website anda. Menjaga situs WordPress tetap mutakhir adalah aturan umum yang bukan saja dapat mencegah praktik hacking. Namun juga dapat meningkatkan semua aspek situs website, seperti performa dan adaptasi baru pada SEO.

Advertisement (Iklan)

Seringkali ada lubang yang terbuka pada setiap aplikasi, tidak menutup kemungkinan pada WordPress. Dan stiap kali versi baru WordPress dirilis, lubang tersebut ditambal dan ada peningkatan pada sistem keamanannya. Serangan siber dapat terjadi karena hacker memang sengaja mencari kelemahan sebuah situs website.

Ketika anda menggunakan WordPress sebagai platform online anda. Maka sebenarnya anda menggunakan hampir seluruhnya buatan pihak ketiga. Themes, plugins, ekstensi atau software lainnya adalah buatan pengembang pihak lain. Jika terdapat kelemahan pada skript tersebut, itu benar-benar di luar kendali, itulah sebabnya WordPress terus-menerus mengeluarkan versi baru. Versi ini menjelaskan kelemahan yang berada di luar kendali anda dan menambalnya sehingga anda tidak perlu teralu mengkhawatirkan jalannya situs website anda.

Advertisement (Iklan)

Artikel Lainnya

Selalu update versi tema dan plugin

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mencegah file upload vulnerabilities bagi kalangan Non IT adalah dengan memperbarui versi tema dan plugin. Selain update versi WordPress terbaru, anda juga mesti memastikan bahwa semua plugin atau tema yang di gunakan juga berjalan pada versi paling baru. Plugin yang kedaluwarsa sering kali dapat digunakan sebagai metode file upload vulnerabilities. Terutama pada plugin yang bersifat “post” secara frontend, ,isalnya contact form, komentar, atau guest post.

Developer plugin dan tema memiliki prosedur atau melakukan penyelidikan tentang keamanan software mereka sendiri. Bahkan, kita sering melihat bahwa perusahaan besar seperti microsoft dan apple membuka sandiwara bagi siapa saja yang dapat menemukan lubang dan melakukan ekploitasi terhadap produk mereka. Dan jika mereka menemukan adalah lubang yang menganga, mereka akan menambal masalah tersebut dengan me-release versi terbaru. Menjaga semua plugin dan tema yang berjalan selalu update, maka hal tersebut dapat secara signifikan mengurangi dan mencegah file upload vulnerabilities.

Jangan gunakan nulled theme

WordPress di dukung pada komunitas yang sangat besar. Banyak tema atau plugin yang bisa di gunakan sesuai selera. Baik premium dimana anda harus membelinya atau menggunakan tema gratis yang juga sebenarnya berkualitas. Anda tentu boleh dan sah-sah saja menggunakan tema atau plugin gratis. Menggunakan tema gratis berarti smart dan kreatif. Tapi lihat versinya dan rentang waktu kapan tema tersebut terakhir kali di update. Jika tema gratis tidak mendapatkan update dalam waktu yang lama berarti anda harus tau kapan tema tersebut direlease.

Jika waktu pereleasan sudah lebih dari 1 tahun lalu, mungkin anda perlu untuk meninggalkan tema tersebut. Kita tau bahwa HTML dan PHP sudah melangkah ke versi baru. Versi PHP misalnya, versi terakhir dari versi 5.x.xx release pada bulan januari 2019. Dan saat ini sudah masuk melompat ke versi 8.x. Jika anda menggukan tema atau plugin yang sejak 2018 tidak mendapatkan update terhadap tema atau plugin yang di gunakan, maka anda harus segera memikirkan untuk menggunakan tema lainnya.

Jikapun anda membeli tema premium, pastikan dari tempat yang aman. Itu juga akan membantu mengamankan akun paypal dan kartu kredit anda. Apapun tema yang digunakan, premium atau gratis pastikan untuk selalu dalam versi terupdate. Yang penting jangan gunakan “nulled theme”. Apa itu Nulled theme ? Lihat artikel kami berikut, Hindari penggunaan tema WordPress nulled. Tidak menggunakan nulled theme atau nulled plugin merupakan tindakan bijaksana dalam mencegah file upload vulnerabilities.

Tindakan tambahan yang bisa dan dapat anda lakukan selain memperbarui plugin dan tema yang ada di situs website anda adalah memeriksa log audit untuk melihat siapa yang telah mengakses situs anda. Jika melihat pelanggaran keamanan, bahkan meskipun hanya sebuah komentar spam sekaligus. Ini merupakan salah satu strategi paling efektif untuk membantu mengidentifikasi plugin mana yang ditargetkan oleh peretas dan anda bisa mengambila tindakan pengamanan lebih lanjut. Dari sana, anda dapat menghapus komentar spam, atau menghapus plugin sepenuhnya atau melihat apakah ada pembaruan yang dapat memperbaiki masalah sebelum semuanya menjadi lebih buruk.

Sedangkan untuk tema, memperbaruinya juga dapat melindungi keamanan website WordPress secara keseluruhan. Manfaat lainnnya adalah anda tidak perlu khawatir kehilangan penyesuaian dengan pembaruan untuk sebagian besar tema. Salah satu cara termudah namun paling efektif untuk melindungi situs website WordPress anda dari serangan peretasan adalah dengan selalu memperbarui semua aspek situs anda (CMS, tema, plugin, engine dan lainnya).

Artikel Tentang WordPress Lainnya

Instal dan gunakan plugin keamanan

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mencegah file upload vulnerabilities bagi kalangan Non IT adalah dengan memasang plugin keamanan. Kita tau bahwa plugin adalah area paling rentan pada situs berbasis WordPress. Satu dari setiap seratus situs website yang terinfeksi malware adalah karena kurangnya keamanan plugin yang aman. Lebih parah lagi karena website tidak menggunakan plugin kemanan.

Plugin keamanan WordPress berfungsi sebagai firewall yang melindungi tema, plugin lain dan bahkan core WordPress di situs website anda dan mencegah kemungkinan pelanggaran data. Misalnya, WordFence yang versi gratisnya pun sudah menyertakan fitur firewall untuk mencegah trafik berbahaya agar tidak membahayakan situs website anda. Mungkin ada sejumlah lubang baik pada tema atau plugin yang kita gunakan, tetapi jika peretas tidak dapat melewati firewall, mereka tidak akan pernah dapat mengeksploitasi lubang tersebut.

Beberapa plugin menawarkan manfaat seperti scanner atau cleaning dari file-file berbahaya yang dapat mendeteksi dan mencegah masalah sebelum menjadi persoalan yang serius. Salah satu yang bagus adalah MalCare, yang menawarkan fitur scanning canggih yang tidak memberikan efek memperlambat loading situs website. Jenis plugin keamanan ini sepenuhnya mengotomatisasi proses scanner dan cleaning. Anda dapat melakukan scan sambil duduk santai dan fokus menjalankan operasional lainnya, Tanpa harus menghabiskan waktu dan mengkhawatirkan tindakan peretasan di situs website anda.

Situs WordPress sudah lebih dari cukup aman, tetapi plugin keamanan dapat menjadi perisai kuat yang sangat anda butuhkan untuk meningkatkan keamanan pada website WordPress anda dan mencegah file upload vulnerabilities.

Artikel Tentang WooCoomerce Lainnya

Advertisement (Iklan)

Report

What do you think?

Written by wpJakarta.Com

a Solitary WordPress Enthusiast

Advertisement (Iklan)

Advertisement (Iklan)

Tips Kustomisasi Website eCommerce

Tips Kustomisasi Website eCommerce (WordPress & WooCommerce)

Memahami Google Pagespeed Insights

Memahami Google Pagespeed Insights Report 2020