Fitur Baru WordPress 5.6

wpJakarta.Com – Fitur Baru WordPress 5.6. Versi terbaru WordPress telah mendarat di penghujung tahun ini. Yang pasti setiap release baru WordPress saat ini adalah perbaikan atau penambahan atas fitur-fitur block editor.

Fitur Baru WordPress 5.6

Selain perbaikan dan pembaruan fitur block editor, yang bagusnya lagi adalah kompatibilitas dengan PHP 8. Yang juga di release di akhir tahun ini atau tepatnya di bulan november lalu. Dan yang lainnya ? apa saja Fitur Baru WordPress 5.6 ini ?

Informasi tentang WordPress 5.7, lihat di sini.

Tips Trik dan WordPress lainnya

WordPress 5.6 “Simone”

Sebagai penghargaan terhadap penyanyi wanita berkulit hitam. WordPress versi 5.6 di beri kode nama “Simone”. Eunice Kathleen Waymon (21 Februari 1933 – 21 April 2003), dikenal secara profesional sebagai Nina Simone, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, musisi, aransemen, dan aktivis hak-hak sipil Amerika. Musiknya mencakup berbagai gaya musik termasuk klasik, jazz, blues, folk, R&B, gospel, dan pop.

Simone awalnya bercita-cita menjadi pianis konser. [1] Dengan bantuan beberapa pendukung di kampung halamannya, dia mendaftar di Sekolah Musik Juilliard di New York City. [2] Dia kemudian melamar beasiswa untuk belajar di Curtis Institute of Music di Philadelphia, di mana dia ditolak masuk meskipun audisi diterima dengan baik, [3] yang dia kaitkan dengan diskriminasi rasial. Pada tahun 2003, hanya beberapa hari sebelum kematiannya, Institut menganugerahinya gelar kehormatan. [4]

–Wikipedia.

Apa saja Fitur Baru WordPress 5.6

WordPress adalah blogging platform. Pembaruan WordPress pada setiap versinya lebih mengedepankan keleluasaan atau fleksibilitas untuk menerbitkan artikel. Termasuk pembaruan dan penambahan fitur-fitur gutenberg block editor yang memang sudah menjadi core project WordPress. Gutenberg, seperti kita tau sudah menggantikan peran classic editor sejak versi WordPress 5.0. Hingga WordPress versi 5.6 ini, gutenberg block editor terus di poles agar memberikan fleksibilitas penuh dalam penerbitan konten. Berikut beberapa Fitur Baru WordPress 5.6.

Fleksibilitas dan penambahan block yang lebih baik

Dengan gutenberg block editor membuat tata letak memang tidak lagi harus menulis kode. User bisa menggunakan kolom, lalu meletakan masing-masing block ke dalam kolom atau bahkan meletakan kolom di dalam kolom. Kolom tunggal atau single dengan desain lebar (full width), header lebar penuh, dan bahkan penambahan warna gradien pada blok sampul cover, adalah beberapa penambahan fitur pada seksi block editor. Dengan Fitur Baru WordPress 5.6 ini, anda dapat menambahkan subtitle atau teks ke video. Anda sekarang dapat menguploadnya dalam posting atau halaman dan membuat video anda dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan atau lebih suka menggunakan subtitle.

Tips-trik dan WooCommerce lainnya

Tema Default 2021 Twenty twenty-One

Untuk menunjang penambahan fleksibilitas dan fitur block lainnya pada core WordPress. Maka sebagai Fitur Baru WordPress 5.6 kembali mengeluarkan tema default untuk tahun 2021, Twenty twenty-one. Twenty twenty-one di ibaratkan sebagai kanvas untuk melukis, dan block editor adalah kuasnya. Kabar baiknya twenty twenty-one membawa beragam warna pastel. Jika anda menginginkan desain website atau blog yang simple namun dengan background atau warna-warna soft pastel, maka tema website Twenty twenty-One bisa anda gunakan sebagai pilihan tema website anda.

Fitur baru WordPress 5.6 lainnya adalah kemampuan untuk melakukan auto update, membuat Accessibility Statement, dan Built-in Patterns yang memungkinkan pengguna dapat menguasai tata letak yang kompleks dengan sedikit usaha. Menyesuaikan pola sesuai keinginan dengan salinan, gambar, dan warna yang sesuai dengan cerita ataupun merek kita kembangkan.

Bagi kalangan developer

PHP 8.0

Fitur Baru WordPress 5.6 bagi kalangan developer adalah kompatibilitas dengan PHP 8. Ada banyak fitur dan pengoptimalan baru yang diperkenalkan pada PHP 8.0. WordPress 5.6 menandai langkah pertama dukungan WordPress Core untuk PHP 8.0. Kalangan pengembang tema dan plugin tentu juga bisa melakukan pembaruan pada produknya yang juga kompatible dengan php 8. Namun bagi kalangan pengguna non developer bukan berarti saat ini bisa langsung melakukan upgrade pada versi baru php. Mendapatkan PHP 8.0 yang sepenuhnya terintegrasi dalam website WordPress akan membutuhkan waktu.

JQuery

Fitur Baru WordPress 5.6 lainnya adalah pembaruan untuk jQuery yang sebenarnya sudah mulai disertakan di WordPress 5.5. Versi 5.6 saat ini dan akan terus berlanjut pada WordPress 5.7 berikutnya. Karena WordPress 5.6 ada pada fase pertengahan dari proses pembaruan, anda diminta untuk menjalankan plugin Test jQuery Updates dan memastikan tidak ada masalah di situs atau blog anda. Jika anda menemukan masalah apa pun dengan tampilan situs website seperti misalnya tampilan yang rusak atau berantakan atau fungsi yang tidak berjalan sebagai mana mestinya. Coba untuk menginstal plugin Enable jQuery Migrate Helper.

Artikel lainnya