in

Error 404 Favicon Ico Dan Cara Mengatasinya

wpJakarta.Com – Error 404 Favicon Ico Dan Cara Mengatasinya. Pernahkah anda mengalami masalah yang sepertinya sepele, namun tidak seperti biasanya. Ya tiba-tiba ada request yang berstatus not found (404) untuk sebuah file favicon.ico.

Advertisement (Iklan)

Tidak terlalu mengganggu memang, tidak sampai mempengaruhi kecepatan loading website. Namun tetap saja error 404 favicon ico sedikit mengganggu jika tidak segera di atasi. Apalagi error 404 alias halaman (atau file) yang tidak di temukan identik dengan efek negative SEO. Pada pengukuran GTMetrix anda mungkin akan menemukannya sebagai bad request.

Tips-trik dan Tutorial WordPress lainnya

Penyebab Error 404 Favicon Ico

Penyebab error 404 favicon ico tentu karena hilangnya file favicon.ico yang seharusnya berada di folder root dokumen anda (public_html/). Ketika anda mengukur performa website biasanya aka nada satu http request pada file icon tersebut. Karena tidak di temukannya file tersebut pada folder root, maka jelas sekali akan menyebabkan error 404 not found di alamat domain.com/favicon.ico. Atau jika anda menguji menggunakan gtmetrix, maka aka nada error bad request. Lihat error bad request lainnya di artikel yang pernah kami tulis, Mengatasi Bad Request Website-Wordpress.

Favicon pada website WordPress

Favicon atau Ikon situs website adalah gambar kecil yang muncul di sebelah judul situs website anda yang di tampilkan oleh browser. Ini membantu pengguna anda mengenali situs website anda. Leh sebab itu penting untuk membuat ikon situs yang iconic. Ini akan meningkatkan pengenalan “merek” anda dan membangun kepercayaan di antara audiens atau pengunjung website. Lihatlah bagaimana organisasi besar seperti google misalnya, dengan icon huruf G besar. Siapapun tau bahwa itu adalah ikon google. Lalu WordPress dengan Huruf W besar yang di lingkari. Tanpa menambahkan favicon, maka website anda tetap akan bisa di akses, namun browser hanya akan menampilkan ikon bola dunia sederhana yang tidak menarik.

Menambahkan favicon pada website WordPress

Sejak WordPress versi 4.3, secara normal anda dapat menambahkan favicon melalui halaman customizer WordPress. Buka tab ‘Identitas Situs’ atau Site Identity. Pada bagian tab tersebut anda dapat mengubah nama situs, slogan dan menambahkan icon. Caranya klik pada tombol pilih file dan kemudian upload gambar yang ingin di gunakan sebagai ikon situs website anda, biasanya berukuran square 512 pixel. Pilihlah atau buat ikon yang paling dapat menggambarkan situs website anda. Kami menyarankan juga untuk membuat ikon situs sama seperti merk atau logo usaha atau organisasi anda.

Advertisement (Iklan)

Advertisement (Iklan)

Tips-trik dan Tutorial WooCommerce lainnya

Error 404 Favicon Ico

Jika terdapat kendala seperti kami sebutkan di paragraph-paragraph sebelumnya, website anda mungkin ada masalah pada salah satu file tema atau konflik plugin. Sehingga menghasilkan request file favicon dengan status Error 404 Favicon Ico. Padahal anda sudah mengupload file icon yang di maksud. Untuk mengatasinya, lihat lagi langkah-langkah sebagai berikut.

Mengatasi Error 404 Favicon Ico

Untuk mengatasi error 404 favicon ico tersebut sangat mudah. Sebagai berikut :

  • Sediakan satu file icon dengan ukuran 32x32px atau 16x16px.
  • Pastikan untuk memberikan nama file (file name) favicon dengan ekstensi .ico (favicon.ico).
  • Upload file icon tersebut ke dalam folder root anda.
  • Masukan dua baris kode berikut ke dalam file header.php di antara <head> </head>.
    • <link rel="shortcut icon" type="image/x-icon" href="favicon.ico" />.
    • <link rel="icon" type="image/x-icon" href="favicon.ico" />.
  • Save dan refresh halaman website anda.
  • Masalah Error 404 Favicon Ico seharusnya sudah dapat di selesaikan.

Salah satu layanan online yang bisa anda manfaatkan untuk mengenerate file favicon adalah Favicon Code Generator. Cukup tentukan file (square) yang ingin anda jadikan file favicon website anda dan generate secara online pada layanan tersebut.

Artikel lainnya

Report

Advertisement (Iklan)

Advertisement (Iklan)

What do you think?

Written by wpJakarta.Com

a Solitary WordPress Enthusiast

Advertisement (Iklan)

Advertisement (Iklan)

Tutorial HTML

Tutorial HTML wpJakarta

Fitur Baru WordPress 5.6

Fitur Baru WordPress 5.6