Posted on

Cara Daftar Google Adsense WordPress

Cara Daftar Google Adsense

wpJakarta.Com – Cara Daftar Google Adsense WordPress. Artikel ini mungkin lebih pas bagi yang berniat mendaftar google adsense. Atau hendak mendaftar kembali setelah beberapa kali di tolak. Jika sudah “di terima” google adsense dan ingin meningkatkan pendapatan google adsense. Anda bisa melihat artikel kami berikut, 5 cara dasar meningkatkan pendapatan google adsense. Atau Membuat Menu Sticky WordPress Untuk Meningkatkan Konversi Adsense.

Cara Daftar Google Adsense WordPress

Artikel ini, Cara Daftar Google Adsense WordPress lebih spesifik membahas ketika website hendak mendaftar google adsense di awal. Atau mungkin ketika mendaftar kembali setelah kesekian kali tertolak pengajuan adsense. Artikel ini pula tidak membatasi atau secara spesifik untuk website berbasis WordPress saja. Namun pada penjelasan di dalam artikel ini mungkin terkesan “WordPress sentris” karena tema, plugin atau resource lain yang kami gunakan adalah untuk website WordPress.

Baca juga

Tips trik WordPress

Tentang google adsense dan cara daftar google adsense

Google AdSense adalah produk atau layanan yang dijalankan oleh Google di mana penerbit atau publisher (pemilik, pengelola, blogger atau bisa di sebut webmaster) dapat menyajikan iklan teks, gambar, video, atau media interaktif yang di targetkan ke dalam konten situs websitenya sendiri dan untuk di tampilkan kepada audiens (pengunjung website). Iklan ini dikelola dan di sortir oleh Google. Yang hasil dari penayangan iklan tersebut, google akan memberikan sepersekian persen revenue kepada pemilik website dari biaya yang di keluarkan oleh pengiklan (advertiser).

Penghasilan untuk publisher

Publisher dapat menghasilkan pendapatan baik per klik iklan (CPC) atau per tayangan iklan (CPM). Tentang selengkapnya google adsense, bagaimana adsense bekerja. Lihat artikel kami berikut Apa Itu Google Adsense. Banyak jaringan iklan lainnya seperti cara kerja google adsense. (Baca juga : https://wpjakarta.com/blog/daftar-iklan-alternatif-selain-google-adsense/). Namun adsense lah yang sepertinya menjadi primadona, maklum karena adsense adalah layanan milik google dengan segala kecanggihannya di dunia teknologi internet.

Bagaimana adsense bekerja

Tentang bagaimana adsense bekerja mungkin belum bisa di tandingi oleh perusahaan jaringan iklan lain. Misalnya saja iklan adsense bisa tampil sesuai seperti yang sedang anda cari. Sebetulnya simple, karena google mengumpulkan data analytic dari setiap pencarian yang pengunjung lakukan pada halaman google search. Itulah kenapa ketika anda mencari suatu produk melalui halaman pencarian google, maka google akan menampilkan iklan yang sesuai ketika anda mengunjungi sebuah website.

Website apa yang bisa menayangkan iklan dan bagaimana cara daftar google adsense

Prinsipnya, website manapun bisa menayangkan iklan dari google adsense. Asalkan telah melalui proses pendaftaran dan persetujuan dari google. Kabar baiknya, Google adsense tidak mensyaratkan tentang berapa jumlah trafik minimum website anda ketika hendak mendaftar google adsense. Namun ada syarat di mana website harus clear, memiliki struktur dan navigasi yang baik dan hal-hal positif dari sebuah website secara keseluruhan. Maksudnya adalah, website tidak berisi atau tersusupi malware, spam link, user friendly dan mobile friendly karena google memang ingin membuat website dapat di akses dengan mudah oleh setiap pengunjung website melalui device manapun.

Cara daftar google adsense apabila pengajuan pernah di tolak

Mungkin saja anda berada pada posisi tertolak google adsense untuk yang kesekian kalinya. Dan memang sedang mencari cara agar di terima google adsense ? Kunjungi artikel kami berikut Tips-trik Menyiasati Cara Mendaftar google adsense. Artikel kami tersebut mungkin dapat membantu anda, karena berdasarkan pengalaman, kami mencoba menyimpulkan bagaimana agar secara efektif dapat di terima pengajuan google adsense. Maklum website ini (wpjakarta.com) juga pernah tertolak ketika mendaftar google adsense. Dengan beberapa perbaikan yang kami lakukan dan akhirnya bisa menayangkan iklan google.

Tips-trik WooCommerce

Cara daftar google adsense WordPress

Bagaimana cara daftar google adsense juga bukanlah hal yang sulit-sulit amat. Tidak perlu membuat akun baru, karena kita tau bahwa satu akun google bisa di gunakan untuk masuk ke produk atau layanan google lainnya. Jika anda memiliki beberapa akun google, maka gunakan akun google utama anda. Karena kedepannya akan ada aktivitas pembayaran atau transfer ke rekening bank anda. Dan anda mungkin di minta untuk menggunakan data yang sebenarnya

Langkah dan cara daftar google adsense WordPress

Berikut langkah dan cara daftar google adsense

  • Saat ini anda pasti memiliki akun google dan gunakan akun tersebut untuk login ke halaman pendaftaran google adsense https://www.google.com/adsense/start/.
  • Masukan alamat URL website anda secara lengkap (dengan prefix http://)
  • Anda akan di berikan potongan kode seperti terlihat sebagai berikut, dimana “ca-pub-12345678910111213” adalah kode publisher anda.
<script data-ad-client="ca-pub-12345678910111213" async src="https://wpjakarta.com/wp-content/litespeed/localres/pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
  • Masukan potongan kode tersebut ke dalam file tema website anda. Untuk website WordPress masukan di dalam file header.php. Disarankan di bagian head (di antara <head> dan </head>). Meskipun anda bisa memasukannya di bagian footer atau seksi di antara <body> dan </body> .
  • Adsense akan mencoba mentracking kode yang di masukan. Jika muncul notofikasi bahwa “kode tidak di temukan” mungkin anda salah memasukannya atau ada skrip lain yang memblok script tersebut di baca oleh google adsense.
  • Jika google adsense dapat menemukan kode tersebut telah ada dan terintegrasi di dalam file tema website anda. Maka di perlukan beberapa hari kedepan atau bahkan beberapa minggu dan anda hanya dapat menunggu kabar tentang apakah penganjuan di setujui atau tidak.

Tunggu review google sebelum pengajuan di setujui

Jika pengajuan anda tidak di setujui, mungkin ada beberapa hal dari website anda yang tidak sesuai dengan kriteria penayangan iklan adsense. Dan anda harus memperbaikinya sebelum dapat melakukan pengajuan kembali. Sebaliknya, jika pengajuan anda di setujui, maka waktunya anda memaksimalkan pendapatan dari google adsense di website anda. Baik maksimalisasi melalui penempatan iklan, maupun revisi-revisi pada konten yang sudah exist di website anda.

Cara memasukan kode adsense ke dalam file tema website

Secara perintah, maka kode adsense tersebut memang harus di sematkan di bagian <head> yang ada di dalam file header.php. Namun memasukan file ke dalam file header.php juga beresiko bahwa kode tersebut akan hilang atau terhapus ketika terdapat pembaruan tema website. Alternatifnya, anda dapat memasukan kode tersebut melalui file plugin kode snippet. Yang fungsinya sama dengan memasukan skrip kode tambahan ke dalam file function.php.

Gunakan plugin kode snippet untuk memasukan kode adsense

Plugin kode snippet atau site specific plugin adalah plugin yang bisa anda buat sendiri khusus untuk menambahkan setiap kode tambahan ke dalam file WordPress. Untuk lebih jelas mengenai apa itu “site specific plugin” ? Kunjungi artikel Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress. yang pernah kami tulis di website ini. Tambahkan baris kode berikut ke dalam file kode snippet anda.

// google adsense
function wpjkt_kode_adsense() { ?>
<script data-ad-client="ca-pub-12345678910111213" async src="https://wpjakarta.com/wp-content/litespeed/localres/pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<?php
    
}
add_action('wp_head','wpjkt_kode_adsense', 20); /* bisa juga menggunakan hook wp_footer */

Artikel lainnya :