Posted on

Tips-Trik Membuat Unit Harga Pada Website WordPress (WooCommerce)

wpJakarta – Tips-Trik Membuat Unit Harga Pada Website WordPress (WooCommerce). Saat anda ingin membuat website toko online dengan CMS WordPress maka sangat perlu untuk menginstall plugin WooCommerce untuk mendukung kemampuan berjualan online pada website. Tanpa mengesampingkan plugin toko online yang lain, tapi WooCommerce jelas adalah yang paling populer, Mudah di kustomisasi dan pastinya “Klop” dengan WordPress. Mungkin karena WooCommerce memang dikembangkan oleh Automattic, Inc. “company behind WordPress”.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Pastinya anda bisa melakukan setting harga pada setiap produk yang dijual. Tetapi secara default label harga pada WooCommerce tidak menampilkan apa-apa. Bagi pengunjung website atau customer online, pastinya mereka menyangka bahwa harga tersebut adalah harga per pcs. Dan jika barang yang dijual adalah barang dengan unit QTY PCS seperti HP, elektronik atau pakaian, tentu hal tersebut tidak masalah. Tapi bagaimana jika produk yang anda jual adalah produk timbangan seperti ayam potong, daging sapi atau komoditas yang dijual yang harganya adalah per kilogram atau per gram. Tentu kustomer harus dapat mendefinisikan bahwa harga yang tertera adalah harga per kilogram, bukan lagi harga per pcs.

Tips-trik membuat unit harga WordPress WooCommerce menggunakan plugin

“Jika ada hal yang tidak bisa dilakukan WordPress, Maka ada plugin yang dapat melakukannya”.

Begitu kira-kira semboyan yang sering kita dengar tentang kemampuan plugin untuk mengkustomisasi website WordPress. Namun kami tidak membahas lebih jauh tentang plugin apa yang bisa membantu membuat unit harga per kilogram. Karena pada artikel ini kami memang hanya akan memberikan bagaimana cara dan tips-trik membuat unit harga WordPress WooCommerce menjadi per kilogram menggunakan skrip fungsi php dan bukan menggunakan plugin. Namun pastinya banyak plugin yang bisa digunakan untuk membantu hal tersebut jika anda memang menghendaki untuk menginstall plugin. Silahkan mencarinya pada folder repository WordPress.Org, baik yang gratis atau berbayar.

Tips-trik membuat unit harga WordPress WooCommerce tanpa menggunakan plugin

Seperti hanya WordPress yang dapat dengan mudah dikustomisasi, demikian halnya dengan WooCommerce, percuma mereka punya semboyan “The most customizable eCommerce platform for building your online business”. kalo susah di kustom. Maka tentu ada tips-trik untuk membuat unit harga WordPress WooCommerce tanpa menggunakan plugin. Untuk membuat hal tersebut cukup tambahkan kode berikut pada file function.php.

 // produk
 function wpj_ubah_unit_produk_html( $price ) {
 	$price_html = '<span class="amount">' . $price . ' per kg </span>';	// ubah dengan per kg, per gram, per pack atau apapun
 	return $price_html;
 }

 add_filter( 'woocommerce_get_price_html', 'wpj_ubah_unit_produk_html' );

 // cart
 function wpj_ubah_unit_produk_cart( $price ) {
 	$price = $price . ' per kg';	// ubah dengan unit harga yang anda inginkan
 	return $price;
 }

 add_filter( 'woocommerce_cart_item_price', 'wpj_ubah_unit_produk_cart' );

 // cekout
 function wb_checkout_review ( $quantity, $cart_item, $cart_item_key ) {
 	$cart_item = ' <span class="product-quantity">' . sprintf( '&times; %s', $cart_item['quantity'] ) . ' kg </span>';
 	return $cart_item;
 }

 add_filter( 'woocommerce_checkout_cart_item_quantity', 'wpj_ubah_unit_produk_cekout', 10, 3 );

Kode di atas akan menambahkan “per kg” di samping harga yang anda setting pada halaman shop, cart dan cek out. Perlu diingat bahwa jika kode tersebut di tuliskan pada file function.php, maka kode tersebut akan hilang saat ada update tema website dan akan menghapus suffix “per kg” tersebut. Untuk menjaga skrip tersebut tetap bekerja atau tidak hilang saat terdapat update themes maka anda dapat menuliskannya pada plugin “site spesifik” yang pernah kami bahas disini. https://wpjakarta.com/blog/tips-trik-membuat-site-specific-plugin-wordpress/.

Kode diatas akan merubah semua harga produk menjadi “Per kg”, tanpa terkecuali. Lalu bagaimana jika produk yang dijual adalah produk dengan beberapa unit harga yang berbeda-beda. Misalnya ayam karkas yang dijual per kg, sedangkan potongannya, misalnya paha ayam di jual per pcs, dan cekernya dijual per bundle 2 pcs. Mengenai hal tersebut lihat caranya pada artikel kami berikut. Membuat variasi unit harga yang berbeda pada website WordPress (WooCommerce).