Posted on

Tips-trik Membuat Qty Order Menjadi Desimal (WooCommerce)

wpJakarta.Com – Tips-trik membuat Qty Order menjadi Desimal (WooCommerce). Secara default Qty yang “stated” pada kolom Qty order halaman shop WooCommerce adalah 1 (satu). Dan pengunjung toko online akan menambahkan qtynya menjadi 2, 3, 4 dan seterusnya jika ingin membeli produk tersebut lebih dari satu pcs.

Tips-trik Membuat Qty Order Menjadi Desimal

Lalu bagaimana jika produk yang anda jual adalah produk kiloan ? Dan anda menginginkan penambahan qtynya hanya 0.1 , 0.2 (ons) atau 0.5 (1/2 kilogram) atau anda ingin qty yang ada pada kolom qty adalah 100 yang artinya 100 gram dan penambahannya qtynya juga setiap 100. Kami punya tips-trik nya, untuk membuat Qty order menjadi desimal pada website toko online dengan basis WooCommerce WordPress.

Seperti contohnya pada gambar di atas yang kami ambil dari website klien kami Freshplus62.com.Com –> https://freshplus62.com/ dimana qty order untuk produk kacang mede dimulai dari 0.5 yang artinya adalah 1/2 kilogram. Lalu customer bisa menambahkan quantity ordernya pada kelipatan 0.5 (1, 1.5, 2, 2.5 dan seterusnya). Contoh livenya bisa anda lihat pada salah satu halaman shop pada website Freshplus62.Com tersebut. https://freshplus62.com/produk/kacang-mede/.

Baca Juga :

Just Info bahwa : “Perlu diketahui bahwa Freshplus62.Com adalah website klien kami pada usaha dagang pada produk-produk daging sapi yang fresh atau baru dipotong dan halal untuk didistribusikan ke pihak yang bekerjasama. Juga melayani pemesanan sayuran, buah, bumbu masak dan snack untuk pemenuhan produksi usaha makanan atau restoran. Jika anda memiliki tempat makan, restoran, kantin, food court, go-food atau grab food dan ingin mendapatkan harga daging sapi murah serta TOP (Terms Of Payment) yang fleksibel silahkan kunjungi websitenya untuk mendapatkan inquiry atau hubungi PICnya di 0816-1664-189”.

Tips-trik membuat qty order menjadi desimal dengan plugin

Seperti ungkapan biasanya, ada plugin yang bisa melakukannya. Jika anda lebih berkenan untuk memasang plugin, maka ada segudang plugin yang bisa anda pasang untuk membuat hal tersebut dan tentunya dengan tambahan fitur lainnya yang dapat membuat website toko online anda lebih “josss……”. Anda bisa mencarinya pada halaman repository WordPress di https://wordpress.org/plugins/.

Tips-trik membuat qty order menjadi desimal tanpa plugin

Dan inilah yang selalu kami lakukan, yaitu dengan menambahkan beberapa baris kode/fungsi ke dalam file function.php. Tambahkan “snippet” kode berikut pada file function.php di folder tema anda. Atau tambahkan pada plugin kode yang biasa disebut “site specific plugin”. Untuk lebih jelas mengenai apa itu “site specific plugin” ? Kunjungi artikel lama kami berikut Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress.

// replace type data
add_action( 'init', 'wpjkt_float_jumlah_stock', PHP_INT_MAX );
if ( ! function_exists( 'wpjkt_float_jumlah_stock' ) ) {
	function wpjkt_float_jumlah_stock() {
		remove_filter( 'woocommerce_stock_amount', 'intval' ); // buang tipe data default integer
		add_filter( 'woocommerce_stock_amount', 'floatval' ); // ganti dengan tipe data float
	}
}

// set penambahan qty order
add_filter( 'woocommerce_quantity_input_step', 'wpjkt_tambah_qty_desimal', PHP_INT_MAX, 2 );
if ( ! function_exists( 'wpjkt_tambah_qty_desimal' ) ) {
	function wpjkt_tambah_qty_desimal( $qty, $product ) {
		return 0.5; // set dengan qty desimal yang anda inginkan 0.1, 0.2
	}
}

Dengan tips-trik menambahkan kode tersebut untuk membuat qty order menjadi desimal, kini semua produk anda bisa ditambahkan qty ordernya dengan bilangan desimal. Tapi dengan mengaplikasikan kode tersebut saja mungkin ada masalah baru yang timbul. Semua produk akan menambah qty ordernya secara desimal bukan ? padahal ada produk-produk atau barang-barang yang anda jual satuan. Dan seharusnya untuk produk-produk tersebut qty order tambahannya tidak boleh desimal, melainkan tetap satuan.

Tips-trik membuat pengecualian mengganti qty order tidak desimal

Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus membuat fungsi php untuk membuat pengecualian untuk produk-produk satuan tersebut. Caranya ? Kami tuliskan tips triknya pada artikel berikut. Tips-trik Kustomisasi Qty Order WooCommerce WordPress.