Posted on

Tips-Trik Membuat Variasi Harga Per Unit WooCommerce

wpJakarta.Com – Tips-Trik Membuat Variasi Harga Per Unit WooCommerce. Secara default WooCommerce WordPress tidak menampilkan harga per unit. Setiap harga yang di tampilkan baik pada halaman katalog produk atau single hanya menampilkan harga seolah barang tersebut di jual per quantity pcs. Jika anda memang hanya menjual produk yang semuanya di jual per pcs maka tidak ada kustomisasi yang perlu di lakukan. Tapi bagaimana jika anda menjual produk yang di jual per berat atau per kilogram, misalnya produk daging sapi, atau daging ayam ?

Jawabanya mudah, Install Plugin. Ya, banyak plugin yang bisa di install untuk mengatasi hal tersebut. Tapi ada juga orang-orang yang “beraliran” tidak ingin memasang plugin. Jika bisa, lebih baik sedikit melakukan DIY dengan menambahkan skrip atau kode atau menggunakan resource yang ada pada WordPress itu sendiri.

Tips-trik membuat harga per unit WooCommerce

Pada artikel kami sebelumnya kami memberikan tutorial bagaimana memberikan harga per unit, yaitu dengan memberikan sedikit keterangan “/Kg” tepat di sebelah harga produk. Dengan demikian pengunjung toko online anda akan mengetahui bahwa produk tersebut di jual per kilogram sesuai dengan harga yang tertera. Cara tersebut efektif jika pada satu halaman produk yang seluruhnya di jual per kilogram. Lalu bagaimana jika satu halaman yang sama di jual dengan berbagai macam harga per unit, dan kebetulan produk-produk tersebut berasal dari kategori produk yang sama.

Misalnya Ayam karkas potong yang di jual “per kilogram” . Lalu ada bagian potongan misalnya paha ayam di jual “per pcs” . Dan anda juga menjual anak ayam hidup yang di jual “per ekor”. Artinya dalam satu halaman produk atau bahkan dalam satu kategori produk yang sama, ada tiga unit harga. Seperti misalnya pada gambar berikut.

Produk di tengah di jual per Kg.

Dan produk paling kanan di jual per Ekor.

Semuanya masing-masing di tambahkan per pcs, per kg atau per ekor tepat di sebelah harga produk yang tertera.

Tips-trik membuat variasi harga per unit WooCommerce menggunakan plugin

Cara ini tentu bisa di lakukan. Namun pada artikel ini kami tidak melakukan praktek menggunakan plugin sehingga kami tidak bisa menuliskan artikelnya. Tapi tentu saja anda bisa mencarinya plugin yang tepat untuk melakukan hal tersebut pada halaman plugin WordPress. Setelah menemukan plugin yang tepat, install pluginnya dan ikuti setting atau petunjuk plugin tersebut.

Tips-trik membuat variasi harga per unit WooCommerce tanpa menggunakan plugin

Tips-trik atau cara lainnya untuk membuat variasi harga per unit WooCommerce, selain harus menggunakan plugin adalah, tentu dengan menambahkan kode fungsi php yang di padukan dengan custom field. Pada artikel ini kami menggunakan custom field fitur bawaan WordPress atau bukan plugin eksternal. Tapi jika anda memiliki plugin Advance Custom Field PRO tentu dapat juga di gunakan untuk membuat unit harga tersebut. Secara logika, baik custom field WordPress atau plugin ACF sama saja. Yaitu dengan membuat nama field yang nantinya akan di jadikan variable dan menentukan nilainya (value) atau pada ACF biasanya adalah choices.

Berikut beberapa langkah membuat unit harga yang berbeda menggunakan custom field dan dengan menambahkan skrip php adalah sebagai berikut. Lakukan sedikit penyesuaian jika anda menggunakan plugin ACF.

  • Pilih satu produk untuk anda edit.
  • Sampai saat ini editor produk WooCommenrce masih menggunakan classic editor.
  • Pastikan untuk memunculkan blok atau seksi custom field di bawah editor produk.
  • Untuk memunculkannya, simak artikel kami berikut. Tips-Trik Dan Cara Membuat Custom Field WordPress.
  • Buat field baru dan beri nama “unit_harga”. (Gunakan huruf kecil dan underscores_).
  • Berikan nilai atau value untuk custom field tersebut sebagai berikut :
    • Untuk produk QTY per pcs berikan value “Per Pcs” atau “/Pcs”.
    • Untuk produk QTY berat berikan value “Per Kg” atau “/kg” atau “per gram”.
    • Untuk produk QTY per ekor berikan value “Per Ekor” atau “/Ekor”.
  • Setting semua produk anda satu persatu. Jika produknya banyak anda bisa mengupdatenya menggunakan query SQL melalui database dengan mengupdate “wp_postmeta”.
  • Berikutnya tambahkan kode skrip berikut pada file function.php.
// Halaman Produk dan Single
add_filter( 'woocommerce_get_price_html', 'wpj_unit_harga_produk',  10, 2 );
function wpj_unit_harga_produk( $price, $product ) {
	$wpj_tipe_harga = get_post_meta( $product->get_id(), 'unit_harga', true);
	if($wpj_tipe_harga) {
		$price_html = '<span class="amount">' . $price . ' ' . $wpj_tipe_harga  . '</span>';	
	}
	else {
		$price_html = '<span class="amount">' . $price .  '</span>';	
	}
	return $price_html;
}

// Halaman Cart / keranjang belanja
add_filter( 'woocommerce_cart_item_price', 'wpj_unit_harga_cart', 10, 3 );
function wpj_unit_harga_cart( $price, $cart_item, $cart_item_key ) {
$wpj_tipe_harga = get_post_meta( $cart_item['product_id'], 'unit_harga', true );
	if ($wpj_tipe_harga) {
		$price = $price . ' ' . $wpj_tipe_harga;	
	}
	else {
		$price = $price;	
	}
	return $price;
}

// Halaman Checkout
add_filter( 'woocommerce_checkout_cart_item_quantity', 'wpj_unit_harga_checkout', 10, 3 );
function wpj_unit_harga_checkout( $quantity, $cart_item, $cart_item_key ) {
$wpj_tipe_harga = get_post_meta( $cart_item['product_id'], 'unit_harga', true);
	if ( $wpj_tipe_harga ) {
		$cart_item = ' ' . sprintf( '× %s ', $cart_item['quantity'] ) . $wpj_tipe_harga . '';	
	}
	else {
		$cart_item = ' ' . sprintf( '× %s', $cart_item['quantity'] ) . '';		
	}
	return $cart_item;
}

Tips-trik membuat variasi harga per unit WooCommerce tanpa menggunakan plugin dan tanpa kode

Tanpa plugin dan tanpa kode, bisakah ? Bisa, cara atau tips-trik yang terakhir ini juga ampuh dan sangat mudah untuk membuat variasi harga per unit website WooCommerce. Karena memang tidak perlu menginstall plugin, tidak juga menambahkan kode. Bagaimana caranya ? Simple, setting deskripsi produk anda selalu dengan satuan unit produk tersebut. Misalnya : Ayam karkas utuh; KG. Atau Chicken wing; PCS. Atau Maju jaya fresh whole chicken 800GR jika semua produk ayam yang di jual memiliki berat yang seragam 800 gram. Pastikan untuk selalu membubuhkan satuan harga pada akhiran deskripsi produk. Dengan begitu, baik pada halaman single, cart, checkout, widget bahkan pada invoice pun satuan tersebut akan selalu ada. Karena pastinya sudah menjadi satu kesatuan dengan deskripsi produk.

Kesimpulan

Dari tiga tips-trik di atas untuk membuat variasi harga per unit WooCommerce, apakah mau menggunakan plugin, skrip kode atau setting deskripsi ? Mau pake cara yang manapun terserah anda sendiri. Semuanya boleh, karena yang terpenting adalah bertujuan untuk memudahkan dan memberikan informasi kepada pembeli toko online, sebelum mereka menentukan pilihan untuk membeli produk yang di jual. Yang tidak boleh adalah membiarkan website toko online anda “tampil” seadanya dan membuat bingung pembeli. Pada website toko online kemudahan proses berbelanja, mulai dari desain tampilan website, menu navigasi, halaman produk dan kemudahan pembayaran akan membantu “konversi” transaksi di toko online tersebut. Lalu berikan juga garansi dan kemudahan “refund”. Yang penting juga adalah memberikan keamanan pada website toko online anda. Instalasi SSL mungkin belum cukup. Anda harus “mendaftarkan” domain toko online anda ke “HSTS Preload” sehingga kemungkinan serangan “Man-in-the-middle” bisa di eliminasi. Baca lebih lanjut tentang “WordPress Security” disini.