Posted on

Menampilkan Harga Yang Berbeda Pada Masing-Masing Kustomer WooCommerce

wpJakarta – Menampilkan Harga Yang Berbeda Pada Masing-Masing kustomer Yang Berbeda WooCommerce. Ketika menjalankan website toko online dengan sistem pembayaran satu produk satu harga. Maka hanya perlu satu harga untuk masing-masing produk, plus memberikan harga diskon jika akan memberikan diskon. Tapi bagaimana jika, misalnya, ada tiga bahkan lima harga untuk satu produk ?

Artikel tentang WooCommerce lainnya :

Menampilkan variasi harga yang berbeda pada kustomer karena ada perbedaan pembayaran

Menampilkan Harga Berbeda Pada Kustomer

Hal tersebut mungkin saja terjadi, jika misalnya ada sistem pembayaran dengan TOP (terms of payment). Contohnya produk ayam potong dengan varian harga yang telah di sepakati sebagai berikut :

  • Di jual seharga Rp 42.000 untuk pembayaran cash.
  • Di jual seharga Rp 45.150 untuk pembayaran yang akan di bayar dalam 5 hari.
  • Di jual seharga Rp 47.500 untuk pembayaran yang akan di bayar dalam 7 hari.
  • Di jual seharga Rp 50.000 untuk pembayaran yang akan di bayar dalam 14 hari.

Karena skema harga seperti diatas lumrah terjadi mengikuti lamanya term pembayaran. Artinya ada empat harga yang berbeda untuk satu produk berdasarkan perjanjian pelunasannya. Pada website toko online WooCommerce, hal tersebut mungkin dilakukan.

Yaitu menampilkan harga yang berbeda pada masing-masing kustomer yang berbeda pula. Cara pertama tentu dengan memasang plugin. Cara kedua menampilkan harga yang berbeda pada masing-masing kustomer bisa dengan menambahkan kode php ke dalam file function.php.

Menampilkan harga yang berbeda pada masing-masing kustomer dengan menggunakan plugin

Untuk menampilkan harga yang berbeda pada masing-masing kustomer tentu mudah dilakukan dengan menggunakan plugin. Namun untuk plugin atau ekstensi WooCommerce biasanya tidak ada yang gratis. Bahkan rata-rata di banderol mahal pada kisaran di atas 70 us dolar. Salah satunya yang di tawarkan wisdmlabs.com dengan harga 90 us dolar per tahun untuk satu domain.

Sebenarnya bukan soal harganya, kami berfikir jika menggunakan plugin bisa jadi akan membuat repot nantinya. Jika ada 100 produk yang dijual maka harus di input satu persatu hingga menjadi 400 harga yang berbeda. Belum lagi jika perubahan harga beli yang terjadi setiap hari. Dan yang paling di khawatirkan adalah, jika menggunakan plugin meskipun dapat mempermudah proses tanpa harus menuliskan kode script namun justru dapat menambah pagespeed halaman website.

Artikel lainnya tentang WordPress :

Menampilkan harga yang berbeda pada masing-masing kustomer tanpa plugin

Tanpa menggunakan plugin untuk menampilkan harga yang berbeda pada masing-masing kustomer dapat dilakukan dengan menambahkan kode skrip php. Yaitu dengan identifikasi user id yang terdaftar.

Tambahkan kode berikut ke dalam file function.php. Atau tambahkan ke dalam plugin snippet code untuk menghindari kode tersebut terhapus saat terdapat update tema webste. Kode ini di aplikasikan dan berjalan smooth pada salah satu website jaringan usaha kami yang menggunakan tema website storefront. Contoh live bisa cek disini freshplus62.com

function wpjkt_price_bytop( $price ) {
    $harga_7hari = [ 2, 14 ]; // 2, 14 adalah customer id
    $harga_7hari = [ 3, 15 ];
    $harga_7hari = [ 4, 16 ];
    if ( in_array( get_current_user_id(), $harga_7hari, true ) ) {
        return $price * 107.33333 / 100; // harga dikalikan 7.33% atau sesuai agreement
        } else {
        if ( in_array( get_current_user_id(), $harga_10hari, true ) ) {
        return $price * 109.66667 / 100; // harga dikalikan 9.66% atau sesuai agreement
        } else {
        if ( in_array( get_current_user_id(), $harga_14hari, true ) ) {
        return $price * 112 / 100; // harga dikalikan 12% atau sesuai agreement
        } }
        return $price;
    }
} 
add_filter( 'woocommerce_product_get_price', 'wpjkt_price_bytop', 10, 1 );

Baca Juga :