Posted on

Memperbaiki Error Product Schema Markup WooCommerce

Memperbaiki Error Product Schema

wpJakarta.Com – Memperbaiki Error Product Schema Markup WooCommerce. Membuat website dengan WordPress tentu harus di akui dapat kita lakukan dengan sangat mudah. Cuma tinggak “klak klik sana sini” website langsung jadi di lanjut dengan kustomisasi visual. Mau bikin toko online, juga gampang. Tinggal install plugin WooCommerce. Tambah produk, setup pembayaran dan setting pengiriman dan setting lainnya. Yup…. jadilah sebuah website toko online.

Memperbaiki Error Product Schema Markup WooCommerce

Tapi jangan heran jika beberapa hari kemudian setelah google mengindex website anda. Mungkin anda akan menerima notifikasi berupa informasi error atau warning berkaitan dengan product schema di website toko online anda. Maklum google memang punya banyak kriteria yang harus di setting agar google mengerti tentang website toko online dan produk-produk yang di jual.

Baca juga

Artikel kami tentang WordPress dan WooCommerce mungkin dapat membantu anda dalam membangun sebuah toko online menggunakan platform CMS WordPress. Kunjungi halaman kategory WordPress atau WooCommerce atau bagaimana mendesain sebuah toko online menggunakan tema website storefront. Atau tengok bagaimana rahasia kami meningkatkan pendapatan melalui tayangan google adsense. Yang kami lakukan seiring dengan meningkatkan performa website dan SEO (Search Engine Optimization).

Beberapa error google search console dan cara memperbaiki error product schema markup WooCommerce

Beberapa schema markup memang sudah secara default di akomodasi oleh plugin WooCommerce itu sendiri. Tapi beberapa seperti di atas memerlukan setting lebih lanjut. Tanpa setting schema markup yang tepat untuk produk di website toko online yang anda buat, bisa jadi seluruh produk yang ada akan mengalami error atau warning tersebut. Referensi tentang schema bisa di cek lebih lanjut di https://schema.org/.

Memperbaiki Error Product Schema tentu akan lebih udah jika mengetahui apa yang jadi penyebab masalahnya. Beberapa error atau warning terkait dengan product schema WooCommerce adalah sebagai berikut.

StatusTypeValidationTrendItems
ErrorMissing field ‘price’Not Started6
WarningNo global identifier provided (e.g. gtin, mpn, isbn)Failed225
WarningMissing field ‘aggregateRating’Failed213
WarningMissing field ‘review’Failed213
WarningMissing field ‘priceCurrency’Not Started6
WarningMissing field ‘availability’Not Started6
WarningMissing field ‘url’Not Started6
ErrorEither ‘offers’, ‘review’ or ‘aggregateRating’ should be specifiedLooking good12
WarningMissing field ‘brand’Looking good198
WarningMissing field ‘priceValidUntil’Looking good64

Tips-trik WordPress dan WooCommerce lainnya

Kami banyak menulis tentang artikel, tips-trik dan tutorial WordPress. Yang di tulis berdasarkan masalah yang kami temui ketika sedang mengkustomisasi website kami sendiri. Kebanyakan di dapatkan dari sumber lain dengan penyesuaian pada skrip tema website yang kami gunakan. Kami juga banyak menulis artikel, tips-trik, tutorial WooCommerce dan kustomisasi tema website storefront. Artikel yang juga kami tulis karena masalah yang kami temui dan kustomisasi yang kami lakukan. Lihat selengkapnya artikel-artikel yang di tag sebagai “storefront”.

Memperbaiki error product schema markup WooCommerce

Untuk memperbaiki error product schema pada website toko online WooCommerce (atau website lainnya) tidak terlalu sulit. Namun yang harus di ingat adalah, perbaiki satu persatu. Karena setiap error atau warning yang di informasikan google search console mungkin memerlukan penanganan secara spesifik sesuai errornya. Menelaah atau memahami lebih dulu tentang parameter error atau warning masing-masing report google search console mungkin di perlukan untuk membuat diri kita paham. Selain website schema.org, sumber yang bisa di jadikan referensi untuk memahami error report google search console bisa di lihat di https://webmasters.googleblog.com/.

Cara memperbaiki error product schema markup WooCommerce dengan plugin

Seperti “kebiasaan” website WordPress, untuk membuat website memiliki kemampuan yang lebih atau untuk mengatasi masalah adalah dengan menginstall plugins. Banyak plugin yang bisa anda pasang (tapi pahami lebih dulu masing-masing kemampuan plugin tersebut) untuk mengatasi dan memperbaiki error product schema markup website WordPress. Lihat di halaman repository plugins WordPress.Org.

Namun kebanyakan plugin versi gratis biasanya terbatas hanya untuk memarkup jenis schema biasa seperti blogposting, artikel atau webpage. Yang berhungan dengan WooCommerce biasanya harus menginstall plugin versi premium dimana akan ada biaya untuk membeli produk plugin tersebut.

Cara memperbaiki error product schema markup WooCommerce tanpa plugin

Seperti anda juga, kami juga mengalami masalah yang sama terkait error schema produk WooCommerce. lalu kami mencoba untuk mengurai satu-persatu masalahnya untuk memperbaiki error dan warning yang terkait dengan product schema tersebut. Untuk lebih jelasnya kami menulisnya pada halaman artikel masing-masing. Lihat dan kunjungi masing-masing link berikut untuk memperbaiki error product schema markup WooCommerce tanpa plugin.

  • Unparsable structured data Incorrect value type ‘@type’ –> https://wpjakarta.com/non-wordpress/mengatasi-unparsable-structured-data/.
  • Error Either ‘offers’, ‘review’ or ‘aggregateRating’ should be specified
  • Error Missing field ‘price’
  • Warning No global identifier provided (e.g. gtin, mpn, isbn)
  • Warning Missing field ‘aggregateRating’
  • Warning Missing field ‘review’
  • Warning Missing field ‘priceCurrency’
  • Warning Missing field ‘availability’
  • Warning Missing field ‘url’
  • Warning Missing field ‘brand’
  • Warning Missing field ‘priceValidUntil’

Artikel lainnya