Posted on

Cara Menghapus Kategori “Uncategorized” WordPress

wpJakarta – Cara Menghapus Kategori “Uncategorized” WordPress. Pada website WordPress bahkan sebelum kita membuat kategori, maka akan ada satu kategori default yang terbentuk, yaitu “Uncategorized”. Lalu bagaimana sebaiknya dengan default kategori tersebut ? apakah dibiarkan saja menjadi satu kategori pada website WordPress anda ? Saran kami sebaiknya kategori tersebut di delete saja atau di rename ke nama kategori yang lain. Karena menghapus atau merename kategori tersebut akan berimbas yang baik pada SEO website.

Kok bisa ? menghapus atau merename kategori “Uncategorized” akan berimbas baik pada SEO ? WordPress membuat satu kategori default sebagai cadangan jika kita lupa menentukan kategori untuk konten yang kita terbitkan. Misalnya kami lupa menentukan kategori untuk artikel yang anda baca ini, maka URL yang terbentuk adalah : https://wpjakarta.com/uncategorized/cara-menghapus-kategori-uncategorized-WordPress /, padahal seharusnya yang kami mau artikel ini ditempatkan pada kategori blog sehingga menjadi : https://wpjakarta.com/blog/cara-menghapus-kategori-uncategorized-WordPress / . Tentu url atau permalink yang kedua akan lebih bagus ketimbang yang pertama.

Lalu pada akhirnya kami menyadari bahwa lupa meng”asign” kategori untuk artikel tersebut dan menggantinya pada kategori “blog”. Sayangnya artikel tersebut sudah terlanjur terindex google, dan terjadilah “redirection”. Redirection memang bukan hal yang “haram” atau buruk pada sebuah SEO website, namun jika boleh, sebaiknya redirection dapat diminimalkan, jika perlu “zero redirection”.

Jadi sebelum menerbitkan artikel pertama, maka lebih baik kategori “Uncategorized” tersebut dihilangkan saja dari “muka bumi”. Kelihatannya “Uncategorized” ini seperti tidak bisa dihapus atau di rename, tapi sebenarnya bisa, syaratnya harus ditentukan kategori default post untuk artikel anda pada menu “setting >> writing”. Dan berikut catatan kami tentang bagaimana menghapus atau merename kategori “Uncategorized” WordPress baik pada post type atau kategori produk woocommerce.

Cara menghapus atau merename kategori “Uncategorized” post type WordPress

  • Masuk menu “Setting >> Writing” atau “Pengaturan >> Menulis”.
  • Ganti Default Post Category dari “Uncategorized” ke kategori yang lainnya, misalnya “Bisnis”.
  • Begitu juga Default Mail Category pada seksi pengaturan post via email, ganti dari “Uncategorized” ke kategori yang lainnya.
  • Lalu klik “Save Changes” atau “Simpan Perubahan”.
  • Berikutnya silahkan menuju “Post >> Categories”.
  • Kini kategori “Uncategorized” dapat di delete atau di rename.
  • Untuk menghapusnya, langsung klik delete atau hapus.
  • Untuk merenamenya, klik “Quick Edit” dan ketikan Name dan Slug ke nama kategori yang diinginkan.

Cara menghapus atau merename kategori “Uncategorized” produk woocommerce WordPress

Sama seperti post type, woocommerce juga membentuk “Uncategorized” untuk jaga-jaga jika kita lupa meng”asign” kategori produk woocommerce. Untuk menghapus atau merenamenya adalah sebagai berikut.

  • Pada halaman kategori produk, sorot satu kategori yang ingin dijadikan default kategori.
  • Klik “Make default” pada kategori tersebut.
  • Setelah ada satu kategori yang dijadikan default maka anda dapat menghapus atau merename kategori “Uncategorized”.
  • Untuk menghapusnya, langsung klik delete atau hapus.
  • Untuk merenamenya, klik “Quick Edit” dan ketikan Name dan Slug ke nama kategori yang diinginkan.