Posted on

Apa Itu WooCommerce ? Penjelasan Lengkap Tentang WooCommerce

Apa Itu WooCommerce

wpJakarta.Com – Apa Itu WooCommerce ? Penjelasan Lengkap Tentang WooCommerce. WooCommerce bagi sebagian orang mungkin bukan kata yang asing. Beberapa mungkin tidak memiliki ide sama sekali tentang WooCommerce. Dalam “era online” seperti saat ini apalagi dalam masa pandemi covid-19. (WordPress) + WooCommerce bisa jadi satu tools dan solusi pengembangan bisnis usaha kecil di indonesia untuk mulai merambah dunia online.

Apa Itu WooCommerce ?

Apa itu WooCommerce ? WooCommerce adalah software atau plugin website untuk dipasangkan pada website berbasis WordPress. Dengan menginstall WooCommerce pada website WordPress yang sudah exist maka hal tersebut akan memperluas kemampuan dari hanya sebuah website biasa menjadi website yang dapat menjalankan fungsi toko online. Faktanya WooCommerce adalah tools yang sangat berguna dan friendly.

Friendly maksudnya adalah anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membangun sebuah toko online yang lengkap. WooCommerce di kembangkan oleh Automattic, Inc, yaitu perusahaan yang mengembangkan WordPress (bersama dengan komunitas). Jadi tidak ada keraguan bahwa WooCommerce akan tidak kompatibel dengan WordPress. Bahkan plugin lain juga akan berusaha untuk “menyesuaikan” diri dengan WooCommerce.

Artikel kami lainnya :

Sejarah WooCommerce

WooCommerce adalah solusi software fleksibel open-source yang yang dibangun untuk website berbasis WordPress. Perusahaan ini dimulai pada tahun 2008 dengan nama WooThemes dan pada 2017 memutuskan untuk fokus secara eksklusif pada solusi pengembangan eCommerce.

Pada bulan November 2007, Mark Forrester, Magnus Jepson, dan Adii Pienaar yang masing-masing berlokasi di norwegia, inggris dan afrika selatan bekerjasama secara online untuk membuat sebuah tema website WordPress. Setelah beberapa bulan bekerja dan menghasilkan serta menjual beberapa tema, mereka memutuskan untuk membuat perusahaan bernama WooThemes.

WooThemes lahir sebagai sebuah perusahaan “globally distributed company” di Cape Town. Setelah membuat banyak tema website WordPress komersial, mereka merasa bahwa perlu untuk membuat sesuatu yang memiliki lebih banyak fungsi. Hingga akhirnya memutuskan untuk mencoba sesuatu yang baru, yaitu pengembangan plugin.

Plugin yang pertama kali dibuat adalah, WooCommerce. Dan langsung menjadi sorotan pada tahun 2011. WooCommerce memungkinkan pengguna untuk mengubah website WordPress biasa (blog, bisnis tanpa fitur penjualan online) menjadi etalase toko online atau eCommerce secara profesional.

Baca juga :

Akuisisi oleh Automattic

Pada pertengahan tahun 2015, WooThemes diakuisisi oleh Automattic, perusahaan dibelakang WordPress dan Jetpack lalu berganti nama menjadi WooCommerce. WooCommerce, platform gratis dan open-source yang berkomitmen untuk mendemokratisasikan pengembangan bisnis online dan menempatkan penggunanya sendiri memegang kendali secara penuh pada bisnis onlinenya.

Penggunaan WooCommerce

WooCommerce, menjadi software atau plugin e-commerce paling populer untuk website berbasis WordPress. Di download lebih dari 7 juta kali dan lebih dari 5 juta instalasi aktif. Saat ini menjalankan lebih dari 1,5 juta toko online aktif. WooCommerce memiliki 27% pangsa pasar teknologi e-commerce.

Solusi bisnis online untuk usaha kecil di indonesia

WooCommerce (bersama dengan WordPress) seharusnya bisa menjadi solusi pengembangan bisnis usaha kecil di indonesia untuk transformasi ke era online. WordPress memberikan “kebebasan” untuk menjalankan, mempelajari dan mendistribusikan kembali software yang kita modifikasi.

Di level enterprise kini banyak perusahaan hosting di indonesia yang mengoptimisasi layanannya untuk website berbasis WordPress. Banyak juga pengembang tema dan plugin lokal indonesia yang secara khusus membuat tema dan plugin WordPress yang juga kompatibel dengan kemampuan toko online WooCommerce.

Dukungan komunitas

Salah satu kekuatan WordPress adalah dukungan para komunitas. Banyak juga artikel atau referensi tentang website WordPress maupun WooCommerce. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan dukungan jika ada masalah teknis pada websitenya. wpJakarta.Com adalah salah satu blog yang secara khusus mengulas dan rutin menulis tentang tips-trik dan troubleshooting WordPress dan WooCommerce.

Tinggal bagaimana para pelaku usaha, selain mengandalkan media sosial juga dapat menggunakan website atau toko onlinenya sendiri secara bebas dengan menggunakan kemampuan yang dimiliki WordPress dan WooCommerce. Kami juga banyak mengulas dan menerbitkan informasi tentang WooCommerce baik berita, update atau tips trik dan tutorial terkait hal-hal teknis WooCommerce yang kami tulis pada halaman artikel kategori WooCommerce. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan atau hal teknis tentang apa itu WooCommerce dan mulai melakukan pengembangan usaha menggunakan platform Woo.

Artikel lainnya tentang WooCommerce