Mengembangkan Usaha Dengan Lokal SEO WordPress

wpJakarta.Com – Mengembangkan Usaha Dengan Lokal SEO WordPress. Sebelum membahas lebih dalam tentang bagaimana mengembangkan usaha dengan teknik lokal SEO. Kami ingin sedikit bercerita tentang pengalaman hari ini ketika ban motor operasional kami pecah saat melakukan ekspedisi. Pengalaman yang justru membuat kami menerbitkan artikel ini. Yang justru membuat kami untuk berfikir lebih tajam untuk mengembangkan usaha dengan teknik lokal SEO WordPress.

Artikel tentang WordPress & WooCommerce

Ceritanya, Ban motor honda scoopy salah satu armada ekspedisi kami pecah ketika sedang melakukan delivery ke salah satu customer di daerah pantai indah kapuk. Kebetulan saya sendiri yang saat itu melakukan pengiriman. Setelah menyelesaikan urusan administrasi pengiriman dengan kustomer, tentu saja saya segera mengeluarkan handphone sebagai alat utama pertolongan.

Maksimalkan aplikasi google

Buka google chrome dan masukan tiga kata sebagai keyword pencarian “Bengkel Ban Motor”. Hasilnya terasa kurang maksimal karena google menampilkan bengkel dengan lokasi yang cukup jauh. Saya masukan lagi keyword “Bengkel Ban Motor Terdekat”. Taraa… Muncul beberapa list bengkel dari listing aplikasi Google my business lengkap dengan jarak dan jam operasional. Saya putuskan untuk menuju ke satu bengkel yang (bukan) paling dekat.

Satu yang paling dekat sebenarnya adalah bengkel resmi honda, namun entah kenapa, mungkin karena mahal saya malas dan saya lewati bengkel resmi tersebut. Mengikuti direction google maps, sampailah saya ke bengkel tujuan. Bukan bengkel resmi namun tidak kalah dari bengkel resmi honda. Pelayanannya ramah, pegawainya menggunakan seragam, harga produknya bersahabat. Dan akhirnya ban motor segera di ganti baru.

Jangan takut bersaing dengan merk besar

Saya seperti mendapat pelajaran dari hal tersebut. Saya yang juga sedang mengembangkan usaha makanan online sampai saat ini masih berfikir bahwa usaha saya tersebut rasanya akan sulit untuk maju. Kenapa ? Karena saya berfikir di sekeliling saya banyak nama-nama besar dari industri kuliner. Usaha saya yang masih kecil ini akan sulit untuk berkembang karena takut kalah bersaing.

Ah… ternyata saya sudah kalah sebelum berperang. Dari pengalaman di atas, saya ambil pelajaran. Saya harus segera benahi secara internal dari usaha yang sedang saya coba kembangkan ini. Lalu mulai mengoptimisasi teknik-teknik lokal SEO. Toh semuanya mudah dan gratis untuk di lakukan. Jikapun mau mengeluarkan modal sedikit saja, mengembangkan usaha dengan teknik lokal SEO WordPress rasanya sangat mungkin untuk memenangkan persaingan.

Menang bersaing dengan merk besar ? Realistis saja, jikapun sulit untuk melawan merk besar. Paling tidak ada sebagian porsi pasar mereka yang bisa di ambil, bukan ?

Artikel tentang desain, performa dan SEO website

CMS WordPress

Artikel ini sebenarnya bersifat umum, maksudnya bisa di implementasikan jika anda mencoba mengembangkan usaha menggunakan platform website manapun. Namun kami coba mempersempitnya dalam konteks WordPress. Itu karena menurut kami bahwa WordPress adalah CMS yang cocok dan ramah untuk SEO bisnis lokal namun masih dalam skala kecil (UMKM). Ada 7 point yang bisa kami rangkum untuk mengoptimisasi SEO yang dapat anda lakukan. Ini bisa meningkatkan peringkat pencarian secara lokal untuk mengembangkan usaha anda.

WordPress adalah salah satu CMS (Content Manajemen Sistem) open source paling fleksibel dan fungsionalitasnya yang tinggi. Tidak sulit untuk di gunakan, gratis hingga membuat kami selalu beranggapan bahwa WordPress cocok untuk digunakan bagi bisnis kecil. Karena bisnis kecil atau usaha yang baru di mulai mungkin memiliki keterbatasan dalam hal anggaran (modal) dan sumber daya.

Tidak heran jika WordPress di gunakan lebih dari 40% dari semua situs website yang ada di dunia. Untuk mengembangkan usaha lokal yang masih dalam skala kecil, maka WordPress sangat cocok karena ramah SEO. Pengusaha baru tanpa skill IT bahkan dapat dengan mudah membangun dan memaintain website dengan basis WordPress. Juga bisa dengan mudah menerapkan beberapa teknik pengoptimalan dasar-dasar SEO.

Tentu ini adalah berita bagus untuk bisnis lokal dengan skala kecil yang mungkin belum memiliki budget dan anggaran untuk membuat, memaintain maupun meningkatkan SEO website. Tetapi memungkinkan untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam halaman pencarian search engine.

Berikut poin-poin yang kami rangkum untuk mengembangkan usaha lokal dengan teknik dasar SEO. Bisa anda lakukan untuk meningkatkan peringkat pencarian lokal situs website bisnis berbasis WordPress. Poin-poin berikut dengan asumsi anda memiliki situs website berbasis WordPress.

Artikel tentang produktifitas dan kreatifitas

1. Daftar listing melalui halaman Google My Business

Setiap anda mencari sesuatu (tempat, atau direction) melalui handphone android. Maka akan muncul listing usaha yang sudah di daftarkan melalui google my business. Google my business memang produk google. Yang fiturnya sudah pasti terintegrasi dengan produk google lainnya. Untuk menunjang produktifitas dan mengembangkan usaha, membuat profil listing pada halaman google my buisness saat ini adalah suatu keharusan. Apa sih google my buisness ?

Google my buisness adalah satu dari produk google yang memungkinkan anda mengelola dan mengoptimalkan profil bisnis atau usaha melalui metode listing. Secara definisi, listing pada halaman google my business adalah sama seperti produk listing lainnya. Namun ada satu hal yang membuatnya powerful, Yaitu karena google my business adalah produk google dan gratis.

Karena merupakan produk google, maka tidak heran jika google my business dapat terintegrasi dengan produk google lainnya. Misalnya seperti pengalaman yang saya ceritakan di atas. Atau mungkin jika ada pengguna yang mencari “Tempat Makan Dengan Live Music” melalui browser chrome pada handphone android. Beberapa referensi akan muncul langsung pada layar HP anda. Lengkap dengan direction yang bisa menuntun anda step by step karena memang terintegrasi dengan google maps.

Atau ketika anda ingin mengirim email maka juga terintegrasi dengan aplikasi gmail yang ada di HP anda. Satu hal lagi bahwa google my business juga gratis. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya google my business sebagai alat untuk membantu mengembangkan usaha anda.

2. Lengkapi halaman Google My Business

Setelah mendaftar, lengkapi halaman google my business. Seperti aplikasi lainnya, bahwa anda harus melakukannya secara manual. Seperti :

  • Nama Usaha
  • Lokasi atau alamat usaha
  • Jam operasional usaha
  • Produk dan harga
  • dan informasi lain-lain seperti nomor telepon,

Anda juga perlu untuk membuat postingan atau membuat tulisan yang menjelaskan tentang usaha anda. Ketika semuanya di isi secara lengkap maka setiap informasi yang sudah anda buat bisa ikut tampil langsung di halaman pencarian google ketika ada orang mencari dengan keyword nama usaha atau deskripsi usaha anda.

3. Buat website (menggunakan WordPress)

Siapa bilang membuat website itu sulit atau mahal ? Kenyataannya membuat website itu sangat mudah dan murah. Meskipun anda bukan orang dengan latar belakang IT, anda juga bisa membuat website sendiri nyaris tanpa bantuan orang lain. WordPress adalah salah satu platform untuk membuat website dengan cara yang sangat mudah.

Jika anda benar-benar buta tentang teknologi website, maka cukup ketahui dulu “komponen dasar” sebuah website. Pelajari apa itu hosting dan domain. Jika sudah tau maka anda bisa mulai membangun website untuk menunjang dan mengembangkan usaha.

Masih benar-benar buta tentang bagaimana membuat website ? Kami wpJakarta.Com bisa membantu anda untuk membuat sebuah website. Undang kami dan kami siap membantu anda untuk membuatkan anda sebuah website WordPress dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Buat dan maksimalkan konten anda

Setelah memiliki website, kini waktunya anda membuat dan memaksimalkan konten anda. Buat beberapa halaman pada website anda yang menjelaskan apa dan bagaimana usaha yang anda jalankan. Diantaranya :

  • Halaman homepage. Ini adalah halaman landing page di mana anda akan memberikan highlight tentang usaha anda, produk atau layanan.
  • Halaman tentang kami (About us). Halaman yang mungkin bisa anda isi dengan “story” perjalanan usaha anda. Kapan di mulai dan bagaimana ceritanya. Story yang positif tentang perjalanan dan bagaimana cara anda mengembangkan usaha bisa menjadi daya tarik orang untuk bermitra dengan anda.
  • Halaman kontak kami (Contact us). Di mana anda biasanya meninggalkan nomor, alamat email jika customer atau calon customer tertarik untuk bermitra.

Secara rutin anda bisa membuat halaman posting (konten) yang terkait dengan usaha anda. Gunakan plugin SEO agar lebih mudah memaksimalkan konten anda sehingga bisa mendatangkan trafik (calon customer) secara masif.

5. Beriklan secara digital

Pada kenyataannya cara di atas sudah bisa mendatangkan kustomer baru bagi bisnis anda. Pada artikel ini, kami bukan sedang mengarang cerita atau berbicara bohong. Salah satu usaha yang kami jalankan dengan metode di atas adalah freshplus62.com dan tokodaring.com. Kedua platform tersebut adalah buah dari usaha kami memaksimalkan WordPress (dan WooCommerce) sebagai platform utama mengembangkan usaha. Kami mulai usaha sejak Covid 19 merebak pada bulan maret 2020, dan saat ini sudah beromzet puluhan juta per bulan.

Jika anda memiliki budget untuk beriklan, maka coba iklankan usaha anda melalui google ads. Ketika biaya iklan TV sudah hampir pasti tidak akan bisa terjangkau untuk usaha kecil. Maka melakukan kampanye iklan digital, di rasa sebagai platform promosi yang paling cocok untuk mengembangkan usaha lokal (lokal bisnis).

Lagi-lagi anda bisa memilih platform iklan milik google, google ads. Kenapa harus google ads ? ini bukan soal google sentris, tapi google lah raksasa digital marketing saat ini. Ini soal bagaimana google bisa mengintegrasikan iklan anda langsung pada platformnya. Misalnya saat ini lebih dari 60% orang menggunakan browser chrome milik google, dan anda pasti ingin iklan anda tampil pada halaman pencarian google bukan ?

Belum lagi google adsense, jutaan website telah terintegrasi dengan google adsense. Gmail, Youtube, dan aplikasi android. Dan yang paling penting iklan anda akan tertarget langsung di lihat pada halaman website / browser atau aplikasi ke orang-orang yang memang sedang “tertarik” dengan produk yang anda iklankan. Maklum karena google “memiliki” data ketertarikan orang-orang dari cookie yang mereka kumpulkan.

6. Integrasikan website anda dengan google my business

Jika anda sudah memiliki website, juga listing pada halaman google my business. Maka mengintegrasikan website anda dihalaman google my business adalah satu cara ampuh untuk mengembangkan usaha anda. Hal tersebut sangat memungkinkan karena pada google my business memiliki fitur dimana anda bisa menggabungkan sejumlah faktor utama yang terkait dengan peringkat pencarian lokal. Seperti misanya pencarian lokasi terdekat, review atau ulasan pengguna, serta deskripsi dan kategori bisnis yang semuanya akan berhubungan dengan peringkat hasil pencarian search engine.

Pastikan anda menambahkan alamat url situs website WordPress ke profil listing google my business. Maka pada google my buisness akan terdapat tombol bertuliskan website yang jika orang klik, akan langsung menuju ke halaman website anda. Anda bisa menentukan satu halaman sebagai landing page dari klik google my business tersebut.

Ada beberapa plugin WordPress yang bisa anda gunakan untuk “mengintegrasikan” website anda dengan halaman google my business. Dimana anda bisa menerima notifikasi langsung di dashboard WordPress anda ketika ada orang memberikan ulasan di halaman google my business.

Artikel teknis tentang pemrograman website

7. Berdiskusilah dengan orang ahli di dekat anda

Berdiskusilah dengan orang dekat anda yang sudah berpengalaman dalam hal digital marketing. Berdiskusi dengan orang yang ahli bisa menjadi hal yang menyenangkan dari beberapa tahap mengembangkan usaha. Pada kenyataannya, poin-poin di atas bukanlah hal yang mudah untuk anda lakukan sendirian. Jika anda mengembangkan usaha bersama dengan beberapa orang, maka anda bisa membagi tugas seperti divisi atau departemen kerja pada perusahaan-perusahaan besar.

Namun jika anda sedang memulai dan mengembangkan usaha sendirian, coba untuk berdiskusi dengan orang dekat anda yang sudah ahli di bidang digital marketing. Jika tidak ada orang dekat, tidak ada salahnya untuk merogoh kocek untuk berkonsultasi dengan konsultan di bidang tersebut.