Membangun Link Building Untuk Mengembangkan Otoritas Website

wpJakarta.Com – Membangun Link Building Untuk Mengembangkan Otoritas Website. Apapun jenis website atau blog yang anda buat. Maka trafik merupakan oksigen bagi kelangsungan website tersebut. Lalu bagaimana caranya mendatangkan trafik ? Maka konten lah yang akan mendatangkan trafik. Tapi konten bukan sekedar konten berupa tulisan. Konten yang baik yang dapat mendatangkan trafik adalah konten dengan optimasi SEO, termasuk penyematan link (baik internal maupun eksternal).

Pada artikel kami sebelumnya, Memaksimalkan Internal Link Untuk Mendatangkan Trafik Website. Kami jelaskan tentang bagaimana seharusnya internal link di tempatkan pada sebuah konten. Artikel ini masih merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. Di sini kami lanjutkan dengan membahas praktek seperti apa yang bisa anda lakukan secara khusus untuk Membangun link building.

Artikel kami tentang WordPress

Atau kunjungi index arsip halaman kategori WordPress.

Konten is the King, Link is the Queen

Kalangan blogger pasti faham betul bahwa “konten is the king”. Anda mungkin telah membuat konten ratusan konten yang sudah baik. konten yang mampu menjawab pertanyaan orang. Lalu orang mencarinya. Dan mesin pencari dapat memahami dan memasukan konten anda ke dalam index databasenya. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, apakah konten yang berkualitas tersebut sudah pasti akan muncul pada halaman hasil pencarian ?

Jawabannya adalah ya, muncul pada hasil pencarian. Tapi mungkin bukan di halaman depan. Ketika kita membuat konten, maka kita pasti menginginkan konten yang dibuat ada pada peringkat pertama hasil pencarian. Untuk berada pada posisi pertama artinya kita harus “menyalip” konten-konten sejenis dari website lain. Untuk dapat mengungguli situs website lainnya, maka kita harus membangun sebuah otoritas. Dan otoritas hanya bisa di dapat dengan mendapatkan link dari situs website lain. Maka dengan membangun link building akan semakin kuat otoritas yang anda dapat.

Bahwa link atau tautan dan konten yang berkualitas adalah dua dari beberapa faktor pemeringkat penting untuk SEO. Situs website yang terpercaya akan menautkan ke situs tepercaya lainnya. Membangun link building bukan berarti situs website anda hanya perlu mendapatkan link dari situs website lain (backlink). Namun konten anda juga harus tertait ke website lainnya yang relevan.

Tapi apa sebenarnya link itu? Bagaimana cara untuk mendapatkanya dari situs website lain ? Berikut beberapa prinsipnya dan bagaimana kita dapat membangun link building.

Artikel tentang WooCommerce

Atau kunjungi index arsip halaman kategori WooCommerce.

Apa itu link, internal link dan external link

Link yang masuk ke website anda atau lebih di kenal dengan inbound link. Inbound link sebagai tautan eksternal adalah hyperlink HTML yang mengarah ke situs website anda dan berasal dari satu situs website lain. Betapa berharganya inbound link karena bisa menjadi sebagai penunjuk jalan bagi orang yang sedang bepergian. Link seperti tersebutlah yang akan membangun otoritas bagi website atau blog anda. Itulah sebabnya mesin pencari memperlakukan inbound link sebagai sumber utama untuk menaikan untuk popularitas sebuah website.

Tautan internal atau internal link. Adalah tautan yang menghubungkan satu halaman di website anda ke halaman lainnya di website anda yang sama. Tautan internal dalam jumlah tinggi yang mengarah ke halaman tertentu yang relevan akan menjadi sinyal mesin pencari bahwa halaman tersebut adalah halaman penting. Asalkan dilakukan secara alami dan relevan, dan yang pasti bukan dengan cara yang berisi spam.

Konsep E-A-T mesin pencari google

Mesin pencari seperti google selalu dan akan terus menyempurnakan algoritmanya. Dalam hal bagaimana mesin pencari google memperlakukan sebuah link dengan konsep yang di sebut E-A-T.

E-A-T merupakan singkatan dari  Expert, Authoritative, Trustworthy. Oleh mesin pencari, website tanpa konsep EAT akan cenderung di pandang berkualitas rendah. Itulah sebabnya situs website perlu untuk mengimplementasikan konsep EAT ini. Karena dengan menampilkan karakteristik EAT tersebut, maka situs website akan di pandang lebih penting dibandingkan situs website lainnya.

Semakin penting dan populer sebuah situs, maka semakin kuat tautan ke situs website tersebut. Misalnya saja Wikipedia, sudah tidak terhitung berapa ribu website yang menautkan kontennya ke halaman mereka. Jelas sekali bahwa Wikipedia adalah ahlinya dan master dari konten-konten mereka. Orang-orang yakin bahwa konten di wikipedia sangat berguna dan dapat di percaya. Sehingga isi kontennya sering di jadikan referensi dan sumber terpercaya oleh konten dari situs website lainnya.

Membangun link building untuk mengembangkan otoritas website

Anggaplah bahwa situs website wikipedia adalah sebuah goal. Kita ingin bahwa website atau blog yang kita buat “ingin seperti wikipedia”. Bisa ?, bisa…. Tapi tidak usah muluk-muluk, paling tidak sebatas pada niche yang anda usung. Lalu bagaimana caranya membangun link building yang berkualitas untuk mengembangkan otoritas website.

Beberapa poin berikut adalah beberapa sumber dan praktek yang bisa di lakukan untuk memaksimalkan strategi internal link di situs website anda.

Membangun link building dengan memaksimalkan internal link

Bangun pengalaman positif pengunjung website anda

Untuk dapat membangun link building, maka anda perlu untuk membangun pengalaman positif pengunjung website anda. Dengan memberikan hal yang positif diawal mungkin akan membuat pengunjung anda untuk datang lagi dan lagi. Memunculkan kesan positif bukan hanya dengan desain website yang bagus, tapi juga isi dan kualitas konten yang anda buat.

Misalnya ada pengunjung yang mencari sebuah artikel dengan keyword tertentu. Mereka akan menjadi betah ketika menemukan artikel anda yang isinya detail dan mendalam. Lain halnya jika konten anda adalah konten apa adanya, bahkan lebih banyak iklan di banding kualitas konten. Maka jangan heran jika pengunjung akan kembali ke halaman pencarian dan melakukan klik artikel yang lain karena mereka tidak menemukan jawaban dari apa yang di cari.

SEO memang tidak bisa lepas dari peran mesin pencari. Mesin pencari seperti google misalnya sangat menekankan pengalaman pengguna yang positif karena google ingin selalu menampilkan hasil pencarian dimana orang merasa terbantu ketika menggunakannya. Ingat bahwa google memiliki database raksasa termasuk juga analisisnya. Ketika halaman anda di temukan oleh pengunjung, google masih akan mengukur seberapa puas pengunjung tersebut terhadap pengalaman mereka.

Misalnya Berapa lama pengunjung tersebut menunggu hingga halaman website anda bisa tampil seluruhnya (load time). Lalu berapa lama pengunjung membaca atau menjelajah website anda (duration). Berapa lama dan dari halaman mana mereka pergi meninggalkan website anda (bounce rate). Dan banyak lagi metrik lainnya yang semuanya di rekam. Kesemua metrik tersebut bisa anda pahami ketika anda mulai mempelajari google analytic.

Artikel tentang pemrograman website

Selalu sematkan link internal di setiap halaman dan konten.

membangun link building

Jangan biarkan ada halaman yang anda buat tanpa adanya penautan internal. Pastikan semua halaman di website anda menyertakan link internal meskipun pada halaman “tentang kami” atau “kontak kami”. Dengan begitu pengunjung tidak berhenti pada halaman tersebut. Plugin SEO bisa membantu anda dalam hal membangun link building secara internal maupun external. Plugin SEO akan menyertakan check list yang akan mengingatkan anda untuk menyertakan tautan. Baik tautan ke halaman di dalam website anda sendiri (internal) maupun tautan follow ke sumber website lain.

Membangun link building bukan hanya sekedar membuat link menggunakan tag <a href>. Membuat menu navigasi yang jelas atau membuatnya sticky juga merupakan bagian dari membangun link building secara internal. Memaksimalkan tata letak (layout) termasuk mendesain bagian sidebar dengan mengisinya dengan beberapa postingan atau artikel populer. Atau dengan mendesain bagian footer dengan menampilkan link ke halaman tertentu yang bisa membantu pengunjung tidak menjadi buta ketika ada pada halaman website anda.

Pastikan halaman website anda bisa di index dan “di crawl”

Bisa dikatakan bahwa membangun link building selain untuk pengunjung website juga di tujukan untuk bot mesin pencari. Maka pastikan bot mesin pencari dapat merayapi setiap halaman yang anda yang ingin tampilkan. Semua usaha anda untuk membangun link building akan menjadi sia-sia jika halaman anda memblock kunjungan bot mesin pencari. Periksa file robots.txt dan pastikan anda tidak memasukan perintah yang salah kepada mesin bot perayap.

Membuat sitemap dalam jenis file XML juga dapat membantu anda agar mesin pencari memahami struktur website anda. Anda juga bisa membuat halaman sitemap HTML yang bisa memberikan navigasi yang jelas kepada pengujung tentang bagian-bagian website anda. Hal penting lainnya yang bisa anda lakukan untuk membangun link building adalah dengan memperbaiki link atau tautan yang rusak (404 / not found).

Cari (dengan menggunakan tools) dan perbaiki satu demi satu tautan yang rusak di website anda secara teratur. Link atau tautan yang rusak dapat menghentikan laju bot mesin pencari ketika sedang merayapi jalurnya link website anda. Hal tersebut dapat mencegah mereka untuk menemukan dan mengindeks halaman yang lain. Untuk memeriksa link-link mati tersebut hal tersebut anda bisa menggunakan plugin. Atau banyak tools yang bisa di gunakan secara online.

Artikel kami lainnya yang mungkin ingin anda kunjungi

Anda tidak perlu membeli backlink untuk membangun link building

Di luaran sana banyak penawaran-penawaran tentang backlink yang katanya berkualitas dan dapat menaikan pagerank. Yang di tawarkan dengan harga tertentu dan secara instan dapat membangun link building. Sebaiknya hindari hal demikian. Bukan hanya backlinknya, bahkan kami sangat meragukan para penjualnya. Mungkin saja penjualnya adalah anak alay yang baru membuat website dan mencoba memonetisasi websitenya dengan menawarkan backlink.

Misalnya, bahwa kami lebih percaya diri bahwa kami cukup ahli dalam hal niche WordPress yang di usung di webste ini. Maka kami hanya perlu menerbitkan artikel-artikel berkualitas dan unik tentang WordPress. Banyak website atau blog sejenis dengan niche yang sama. Namun dengan menerbitkan konten-konten unik maka kami mencoba untuk membangun image yang kuat dan memberikan pengalaman pengguna yang berbeda ketika menjelajah website ini.

Desain ulang dan lakukan restrukturisasi website

Yang sering terjadi dan mengaburkan konteks sebuah website adalah keluar dari jalur niche. Sebuah website tentu saja bisa dan boleh berbicara tentang apapun. Misalnya sebuah website yang awalnya berisi artikel teknologi, lalu mulai menerbitkan konten tentang olah raga, bahkan hingga tentang gosip. Itu artinya anda sudah harus mulai untuk mendesain ulang website anda.

Bukan hanya tampilan dan desain yang mendukung sebuah blog multi niche. Struktur website juga harus anda susun ulang agar pengunjung mengerti tentang konten-konten yang di usung. Tanpa susunan struktur yang baik, blog multi niche justru akan mengaburkan pandangan mesin pencari tentang website anda. Bukannya membangun link building, justru hal tersebut akan merubuhkan pondasi SEO website anda.