in

Memaksimalkan Internal Link Untuk Mendatangkan Trafik Website

wpJakarta.Com – Memaksimalkan Internal Link Untuk Mendatangkan Trafik Website. Internal link memainkan peranan penting untuk perkebangan situs website atau blog. Karena internal link seakan bisa membuka tabir bagi mesin pencari untuk mengetahui tentang apa sebuah website, terutama website atau blog baru. Namun sebenarnya internal link bisa lebih penting dari itu, bahkan untuk website atau blog yang sudah lama terbentuk.

Advertisement (Iklan)

Banyak orang terutama para pemula yang “lebih memikirkan” external link atau tautan eksternal. Yaitu link dari situs website lain yang mengarah ke situs website anda. Sebagian rela membayar, sebagian lagi justru membuat hal yang salah karena external link mereka justru hanya di anggap sebagai spam. Ketika praktek external link mungkin lebih susah dan lebih “mahal”, ada baiknya anda untuk memikirkan bagaimana memaksimalkan Internal Link agar bisa mendatangkan trafik ke website atau blog anda secara maksimal. Dengan memaksimalkan internal link yang ada dalam lingkup website atau blog anda sendiri, jelas dapat memberikan manfaat bagi situs website, di antaranya :

  • Internal link dapat membantu situs website atau blog anda pada peringkat yang lebih tinggi untuk pencarian yang relevan.
  • Internal link bisa memberikan informasi yang jelas bagi pengunjung website anda, terutama terkait pengalaman ketika menjelajah situs website anda.
  • Internal link dapat mengarahkan pengunjung ke halaman yang anda unggulkan, misalnya halaman produk, layanan, atau halaman yang dapat menghasilkan pendapatan di situs website anda.

Artikel tentang WordPress

Apa itu internal link

Anda sudah pasti tau dengan apa itu internal link. Supaya lebih clear tentang topik artikel yang di bahas ini, mari sepakati bersama terlebih dahulu tentang pengertian internal link. Internal link adalah jenis link atau pada satu halaman website yang mengarah ke halaman atau sumber lain pada website atau domain yang sama. Link bisa seperti gambar, file, atau tipe post lainnya di domain yang sama.

Sedangkan external link juga memiliki definisi yang sama dalam konteks penautan antar halaman atau file, hanya saja bersumber dari atau menuju website lain dan domain yang berbeda.

Internal dan external link bukan hanya sekedar menautkan secara manual sebuah teks (anchor) dengan metode tag <a href> yang biasanya adalam sebuah konten. Seksi navigasi atau menu, artikel terkait di bagian sidebar atau mungkin iklan yang anda pasang juga juga merupakan sebuah link.

Advertisement (Iklan)

Memaksimalkan internal link

Memaksimalkan internal link seharusnya bertujuan untuk pengoptimalan website anda sehingga bisa di temukan orang melalui mesin pencari. Ujung-ujungnya jelas dapat mendatangkan trafik dalam jumlah yang masif. Meskipun dalam langkahnya, trafik tersebut meningkat dalam beberapa tahap. Lalu bagaimana seharusnya cara yang tepat untuk memaksimalkan internal link ?

Memaksimalkan internal link untuk menciptakan struktur website

Tentang bagaimana memaksimalkan internal link seharusnya dapat membentuk struktur website. Bot mesin pencari atau biasa disebut “crawler” mengandalkan internal link untuk dapat menemukan halaman lainnya di situs website anda. Mesin pencari lalu akan mengindeks postingan konten berdasarkan topik. Mengidentifikasi teks tautan untuk mencari tahu tentang apa halaman website tersebut dan keterkaitannya dengan halaman lainnya.

Ketika mesin pencari mengindex halaman website, mereka kemudian akan menampilkannya jika ada user yang mencari melalui keyword yang relevan dengan topik konten yang anda buat. Yang jadi pekerjaan selanjutnya adalah tentu saja mengoptimisasi konten atau website anda secara keseluruhan demi menempati peringkat pencarian yang paling tinggu.

Sebaliknya jika mesin pencari seperti google tidak dapat menemukan halaman website anda dengan mudah, maka halaman website mungkin tidak akan terindex. Dan jika halaman website anda tidak terindex, maka halaman tersebut benar-benar tidak akan tampil pada halaman hasil pencarian. Dan itu merupakan seharusnya menjadi sebuah mimpi buruk bagi anda.

Advertisement (Iklan)

Memaksimalkan internal link untuk “memikat” pengunjung website anda

Memaksimalkan internal link juga akan membuat orang mau berlama-lama. Menghabiskan lebih banyak waktu di situs website anda. Ketika seseorang mengunjungi situs website melalui halaman A, lalu kemudian melakukan klik tautan internal. Maka hal tersebut dapat meingkatkan meningkatkan metrik tertentu yang digunakan mesin pencari untuk memberikan penilaian dan evaluasi seberapa bermanfaat halaman website anda.

Satu metrik yang paling jelas adalah persentase bounce rate. Meskipun pada beberapa jenis website tertentu, bounce rate yang tinggi tidak selalu berarti jelek. Tapi jika jenis website atau blog anda dengan penerbitan artikel yang rutin, bounce rate yang tinggi mengindikasikan bahwa pembaca tidak betah untuk berlama-lama di website anda.

Advertisement (Iklan)

Perlu di ingat juga bahwa bounce rate bukan hanya di tentukan soal pengunjung betah atau tidak. Bounce rate juga sangat di tentukan dari kecepatan loading sebuah website. Dalam kombinasi analysis jika tampilan halaman tinggi dan sebaliknya angka bounce rate rendah, maka itu adalah sinyal bagus dan dapat membantu halaman website anda tampil lebih tinggi lagi dalam hasil pencarian.

Artikel tentang WooCommerce

Internal link yang baik adalah yang relevan

Memaksimalkan internal link bisa di lakukan dengan mudah pada website WordPress. Hanya dengan menggunakan widget “latest post” atau postingan terbaru anda dapat menyematkan beberapa link artikel ke dalam konten yang anda buat. Namun yang bagus adalah ketika link artikel yang di sematkan ke dalam konten tersebut adalah konten yang relevan, atau berkaitan satu sama lain. Ini juga bisa membantu anda untuk terus menyematkan link ke artikel lama ke dalam konten baru.

Misalnya ini adalah artikel baru kami yang kami buat dan membahas tentang internal link (SEO). Lalu pada artikel ini juga kami membuat link relevan menuju ke artikel yang pernah kami buat pada tahun lalu, Tips-trik Memperbaiki Dead Link Canonical. Menyematkan link yang relevan dari satu konten ke konten yang lain akan membuat peringkat halaman website menjadi lebih baik, baik per halaman maupun situs website secara keseluruhan.

Memaksimalkan internal link dengan skema piramida

Memaksimalkan Internal Link

Memaksimalkan internal link dengan skema piramida tampaknya adalah cara konventional yang paling mudah dan ampuh untuk menaikan trafik website. Akan lebih mudah jika skema piramida anda lakukan ketika pertama kali anda membangun sebuah website. Buatlah perencanaan dengan menulisnya pada kertas kosong, tentang apa (niche) website anda ? Berapa halaman yang akan di buat ? Berapa kategori dan tag yang ada, hingga artikel yang anda terbitkan benar-benar bersirkulasi dan relevan satu sama lain.

Kami pernah menulis tentang poin-poin perencanaan dalam membuat sebuah website. Perencanaan yang baik dalam membuat website akan membuat biaya maupun waktu menjadi lebih efisien. Mendapatkan hasil yang maksimal dalam hal menjaring trafik kunjungan ke website anda.

Bagaimana jika anda terlanjur membuat sebuah website dan kenyataannya bukan website yang terstruktur dengan baik ? Maka anda harus memperbaikinya. Luangkan waktu paling tidak beberapa minggu hingga satu bulan untuk merestrukturisasi website anda. Mulai dari menentukan kembali tentang niche, bagaimana tampilan homepage, dan bagaimana pengunjung akan di arahkan. Anda bisa mengadopsi skema piramida dengan menuliskannya pada selembar kertas kosong, atau gunakan tools flow seperti microsoft visio.

Artikel lainnya

Memaksimalkan internal link bukan dari banyaknya jumlah yang anda sematkan pada satu halaman

Coba anda lihat dari awal artikel ini dan scrol hingga akhir. Ada berapa link yang kami sematkan disini. Rasanya ada lebih dari 45 link internal dan sekitar 5 link external. Namun tentang banyaknya jumlah internal link yang disematkan tidak juga mencerminkan bahwa hal tersebut adalah yang terbaik. Lalu kenapa kami menyematkan begitu banyak link di satu halaman konten ini ?

Itu hanya sekedar gaya kami, kami hanya sekedar membuat “related link” ke dalam beberapa grup kategori artikel. Secara berurutan dari paling atas ada sepuluh link artikel dalam kategori WordPress, WooCommerce, artikel selain WordPress dan terakhir dari kategori pemrograman. Mengenai jumlah tidak ada batasan dari mesin pencari berapa link yang bisa di sematkan dalam satu artikel. Namun coba untuk menyesuaikan dengan seberapa panjang artikel yang di terbitkan. Akan menjadi tidak elok jika internal link yang disematkan lebih banyak dari isi konten / artikel itu sendiri.

Artikel tentang pemrograman website

Memaksimalkan internal link untuk mendatangkan trafik website

Pada akhirnya, tujuan dari memaksimalkan internal link adalah untuk mendatangkan trafik website. Asal jangan salah mengartikan, jika anda berfikir bahwa anda sudah maksimal dalam pengoptimalan link baik internal maupun external. Namun kenyataannya trafik masih segitu-segitu aja bahkan cenderung menurun. Mungkin ada praktek yang salah. Mesin pencari mungkin bisa saja mengartikan bahwa link anda adalah spam. Balik lagi ke atas bahwa mungkin link tersebut tidak relevan.

Buat dan gunakan link secara natural. Ketika anda menyematkan sebuah link, pikirkan bahwa link tersebut untuk menavigasi pengunjung website ke artikel lainnya yang pengunjung tersebut perlukan. Bukan yang mesin pencari inginkan.

Memaksimalkan internal link dengan membangun link building

Kami menyarankan anda untuk mengunjungi artikel kami selanjutnya. Artikel tersebut masih akan membahas soal link. Ada beberapa cara yang ampuh dalam memaksimalkan internal link bukan hanya untuk mendatangkan trafik blog. Namun juga akan berguna untuk mengembangkan website bisnis yang sedang anda jalankan.

Advertisement (Iklan)

Report

What do you think?

Written by wpJakarta.Com

a Solitary WordPress Enthusiast

Advertisement (Iklan)

Advertisement (Iklan)

WordPress Menghentikan Dukungan Untuk Internet Explorer

WordPress Menghentikan Dukungan Untuk Internet Explorer 11

Membangun Link Building

Membangun Link Building Untuk Mengembangkan Otoritas Website