Posted on

SEO : Mengetahui SEO Dan Tujuannya (Search Engine Optimization)

wpJakarta – SEO : Mengetahui SEO Dan Tujuannya (Search Engine Optimization). Mengenal Apa itu SEO Search Engine Optimization Dan Tujuannya. Internet memang hal yang sangat luas dan universal. Bahkan seseorang dari belahan dunia lain bisa dengan mudah mengakses website, aplikasi atau layanan lainnya dari benua lainnya jika keduanya memiliki akses internet. Saat kita mengunjungi sebuah website dengan mudah kita bisa berpindah ke website lainnya hanya dengan meng-klik sebuah link.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Dominasi Google di segmen mesin pencari

Mengetahui SEO Dan Tujuannya

Saat ini anda sedang membaca sebuah artikel di blog berbahasa Indonesia revyou.id. Hanya dengan meng-klik link >> apa itu SEO? <<, dan anda sudah berpindah ke situs lainnya dengan mudah. Dan menemukan jawaban dari website lain yang terpercaya atas pertanyaan anda. Tapi jangan harap artikel di website anda akan dengan mudah di baca orang. Bahkan oleh teman anda sendiri jika anda tidak “mensusupi”nya dengan teknik-teknik SEO.

Teknik-teknik SEO bertujuan supaya website atau artikel kita bisa di baca dan ditampilkan oleh mesin pencari. Tentu saja target utamanya adalah mesin pencari google. Layanan-layanan SEO berbayar pun sama, Semua bertujuan akhir ke Google. Padahal saya berfikir bahwa website yang kita buat, atau artikel yang kita tulis tentu saja kita persembahkan untuk para pembaca. Bukan untuk google.

Ya, tanpa mengesampingkan mesin pencari lainnya. Memang google lah yang saat ini memegang kendali “lalu lintas” internet global dengan kemampuan dan teknologi yang dimilikinya. Dengan 90% market mesin pencari ditambah layanan seperti youtube, google maps dan android, wajarlah kalau semuanya saat ini “menghambakan” websitenya kepada google.

Revyou.id Blog Promosi Yang SEO Friendly

Seperti halnya Blog Revyou.id ini. Kami buat dan kami tujukan untuk mendukung pelaku usaha kecil di Indonesia dalam mempromosikan produk dan usahanya secara gratis di internet. Bukan untuk google. Toh, internet juga bukan di ciptakan oleh google atau oleh bosnya google. Tapi….. jika tanpa mesin pencari google, orang juga tidak akan menemukan website ini.

Website ini memang kami bangun dengan penerapan SEO yang baik. Tentu saja bertujuan supaya menjadi web yang SEO friendly. Saat ada pelaku usaha kecil yang memanfaatkan dan membuat konten promosi di blog ini, maka itu akan membantu pelaku usaha tersebut untuk memperomosikan usaha dan produknya di internet

Baca Juga :

Pengertian SEO Dan Tujuannya

Kembali pada definisi dan tujuan Mengetahui SEO Dan Tujuannya. Jadi apa itu SEO? SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Dan Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs website pada posisi teratas. Atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs website yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

SEO bukan sekedar bagaimana membuat tulisan yang menarik, tulisan panjang atau menambahkan gambar-gambar yang menarik pada sebuah artikel dan melakukan share ke media sosial. Struktur data, Skema data, Penulisan kode-kode HTML, JS, dan CSS, URL bahkan kecepatan sebuah website juga adalah proses-proses penting untuk meng-optimasi SEO.

Berbicara tentang SEO mungkin tidak akan selesai tiga hari tiga malam. Maka kami akan coba menyederhanakan bahasan ini hanya pada beberapa segmen supaya mudah dipahami. Dan yang hanya berhubungan dengan jika anda membuat konten promosi pada blog ini, sehingga konten promosi anda adalah konten yang SEO friendly.

ON-PAGE SEO

SEO on page lebih menekankan pada teknik optimasi SEO. Supaya website secara keseluruhan atau konten artikel yang dibuat bisa ditampilkan pada halaman pertama dan urutan teratas dari sebuah mesin pencari. Karena kontennya yang mudah dibaca dan dipahami oleh manusia. (seperti misalnya artikel yang sedang anda baca ini).

Selain faktor-faktor kecepatan website, struktur URL, kategori dan lainnya. Beberapa teknik On-Page SEO (yang mesti anda lakukan jika membuat konten promosi di blog ini) antara lain :

Judul (H1) : Judul yang diberikan pada sebuah artikel harus mewakili dari keseluruhan artikel yang di tulis.

Heading (H2) : Karena panjangnya artikel yang di tulis (bisa mencapai lebih dari 1000 kata dan puluhan paragraph). Maka kita perlu untuk membuat heading. Heading akan membantu kita men-split fokus-fokus yang di tuliskan pada masing-masing paragraph. Heading bisa anda lihat pada kalimat yang kami tulis di awal paragraph dengan huruf yang besar.

Paragraph : Saya rasa, kita semua tau apa itu paragraph. Membuat artikel dengan lebih dari 1000 kata hanya dalam satu paragraph tidak akan menarik bukan. Lebih baik jika satu paragraph berisi setidaknya tiga baris pada lembar tulisan atau maksimalnya lima baris. Seperti paragraph-paragraph yang anda lihat pada artikel ini.

Kalimat : Sedangkan kalimat merupakan satuan bahasa dari beberapa rangkaian kata. Dan rangkaian kalimat pasti akan membentuk sebuah paragraph. Kalimat yang baik berisi tidak terlalu banyak kata, memiliki tanda baca seperti koma, di akhiri dengan tanda baca titik. Dan di awali dengan huruf besar.

Seperti kembali ke masa-masa SD saat kita belajar Bahasa Indonesia bukan? Ya pelajaran Bahasa Indonesia saat SD dulu, matematika dasar dan aljabar memang adalah bagian-bagian penting dari teknologi informatika saat ini.

Teknik On-Page SEO Lainnya

Selain teknik penulisan di atas, beberapa teknik on-page SEO seperti : Menebalkan huruf pada kalimat yang ingin kita tekankan. Atau membuat huruf miring pada sebuah kata atau kalimat yang kita anggap perlu. Atau mungkin menautkan kata pada link eksternal maupun link internal secara relevan. Juga merupakan bagian dari on page SEO.

Pada artikel ini juga kami memberikan gambar headlines yang relevan dengan topik SEO. Dan memberikan gambar-gambar yang relevan pada masing-masing heading juga merupakan teknik on page SEO.

Breadcrumbs juga merupakan cara optimasi On page SEO. Coba anda scroll ke atas dan lihat pada bagian bawah gambar headlines. Jika anda menemukan sebuah link seperti ini : Home » Non WordPress » SEO : Mengetahui SEO Dan Tujuannya. Ya itu adalah rangkaian navigasi yang disebut breadcrumbs.

Dengan melihat sebuah breadcrumbs anda jadi tau bahwa anda berada pada kategori fokus di website revyou.id, dan anda sedang membaca artikel yang berjudul : SEO : Mengetahui SEO Dan Tujuannya.

Off-Page SEO

Jika On-page SEO menekankan bagaimana membuat artikel sebaik mungkin. Maka Off page SEO lebih menekankan optimasi diluar dari konten yang kita buat. Misalnya :

Membentuk link building, Menautkan suatu kalimat ke website lain yang terpercaya dengan tujuan mencari definisi tertentu yang relevan. Atau sebaliknya mungkin ada konten dari website lain yang mengarah pada artikel ini merupakan sebuah praktek Off-page SEO yang baik. Media Sosial, membuat artikel yang berkualitas dan melakukan share ke social media dengan harapan orang akan terbantu dengan resolusi yang kita buat pada konten tersebut. Juga merupakan praktek Off-page SEO yang mesti di gunakan.

Jadi sudah jelas jika On-page SEO Off-Page SEO adalah proses yang seharusnya kita gabungkan, jika kita ingin website atau setiap artikel yang kita buat mau “nangkring” di halaman pertama atau pada nomor satu di mesin pencari. Mudah-mudahan artikel ini bisa menjawab atau menjadi referensi di internet tentang Mengetahui SEO Dan Tujuannya.