Posted on

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Salah satu tips untuk menjaga privasi yaitu dengan cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi. Namun pada tutorial kali ini kita tidak akan menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketiga karena fitur ini memang sudah ada di smartphone xiaomi.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi mereka, salah satunya adalah untuk menjaga privasi, mengamankan smartphone, maupun mengunci aplikasi berisi foto atau video yang tidak ingin dilihat oleh orang lain.

Dulunya untuk menghilangkan aplikasi atau menyembunyikannya kita membutuhkan aplikasi lain yang kita download dari google playstore dan semacamnya. Tetapi biasanya aplikasi tersebut akan banyak berisi iklan, tidak mendukung semua smartphone dan memiliki bug.

Sekarang semua hal tersebut dapat kita lakukan dengan mudah seperti menyembunyikan aplikasi, menampilkan aplikasinya kembali hingga memberi password untuk mengunci aplikasi yang diinginkan pada hp xiaomi. Berikut cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi menurut situs Vasiota.com.

Tips-trik WordPress

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Jadi seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi yang berisi foto, video atau data privasi kamu. Maka kamu tidak perlu menginstall aplikasi hidden apps atau semacamnya karena fitur ini sudah terdapat di semua seri xiaomi.

1. Menyembunyikan Aplikasi

Hal yang pertama kita lakukan yaitu menyembunyikan sebuah aplikasi, Semua aplikasi dapat kita sembunyikan mulai dari galeri, whatsapp, youtube, instagram dan yang lainnya. Tentunya ketika kita mengunci sebuah aplikasi maka kita juga tidak dapat mengakses semua data yang ada di dalamnya. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Jalankan aplikasi keamanan/security di hp xiaomi.
2. Gulir ke bawah lalu tap menu Kunci Aplikasi.
3. Dengan begitu kamu akan diarahkan ke halaman kunci apl.
4. Swipe ke kanan pada bagian Apl tersembunyi.
5. Dan berikan tanda centang pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
6. Selesai.

Semudah itulah cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi tanpa perlu root, menginstal aplikasi dan semacamnya. Jika aplikasi masih belum menampilkan password, pola, PIN, facelock, atau PIN saat dibuka silahkan hapus dari recent apps atau restart hp xiaomi kamu.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot dan Panas.

2. Menampilkan Aplikasi Tersembunyi

Setelah kita sembunyikan aplikasinya, maka sebenarnya aplikasi tersebut tidak hilang atau terhapus. Hanya saja tidak di tampilkan pada homescreen atau beranda aplikasi. Oleh karena itu untuk menampilkan aplikasinya kembali caranya juga hampir sama, namun kita akan mencoba mengaksesnya melalui menu pengaturan :

1. Silahkan pergi ke Pengaturan xiaomi.
2. Lalu gulir ke bagian bawah dan tap pada menu Apl.
3. Setelah itu pilih Kunci aplikasi.
4. Geser ke arah kanan untuk pergi ke halaman apl tersembunyi.
5. Dan hilangkan tanda centang di aplikasi yang ingin ditampilkan kembali.
6. Selesai.

Jadi sebenarnya caranya sama dengan yang sebelumnya melalui aplikasi keamanan, tetapi kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi lewat pengaturan dengan cepat.

Sekedar informasi setiap aplikasi baik itu aplikasi bawaan atau yang telah disembunyikan dan ditampilkan kembali akan direset posisi ikon aplikasinya ke paling terbaru. Sebenarnya tidak ada masalah sih, oleh karena itu kamu jangan heran apabila aplikasi tersebut tidak berada dalam folder ikon apps yang telah kamu buat sebelumnya.

Tips-trik WooCommerce

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Apabila menyembunyikan aplikasi dirasa terlalu merepotkan, kamu bisa mengunci aplikasi agar orang lain tidak dapat masuk ke dalam aplikasi yang kamu berikan password. Dengan begitu aplikasi akan tetap aman tanpa perlu kamu sembunyikan dari layar utama.

1. Buka aplikasi Keamanan di xiaomi.
2. Seret ke arah bawah lalu tap Kunci aplikasi.
3. Atur pola, kata sandi, PIN, face lock, atau sidik jari yang ingin digunakan.
4. Lalu pilih semua aplikasi yang ingin kamu kunci dengan password yang sama.
5. Selesai.

Mengingat password yang digunakan akan sama di semua aplikasi, maka kamu harus berhati-hati dalam menjaga password tersebut, Jika ada yang mengetahuinya tentu saja mereka juga bisa membuka semua aplikasi yang telah kamu kunci. Oleh karena itu jenis password yang kami rekomendasikan yaitu face lock, atau sidik jari karena bersifat sensor dan tingkat keamanannya lebih tinggi.

Catatan : Kamu juga bisa mengunci seluruh aplikasi sekaligus, mengganti tipe kata sandi, membuka dengan sidik jari, kunci wajah dan menyembunyikan notifikasi dari aplikasi yang telah disembunyikan melalui setelan yang ada dipojok kanan atas halaman kunci apl dan apl tersembunyi.

Sekian penjelasan cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi yang kami bagikan kepada mifans semua, Dengan begitu kamu tidak perlu lagi khawatir apabila hp kamu hilang, atau digunakan orang lain karena data privasi tetap aman.

Artikel lainnya

wpJakarta Write For All

wpJakarta Write For All

Artikel atau konten ini di tulis oleh salah satu pengunjung wpjakarta.com melalui wpJakarta Write For All. Wadah kami untuk menerima artikel, konten atau promosi dari komunitas atau pelaku usaha untuk di posting di website wpJakarta.Com.

Segala isi konten adalah tanggung jawab penulis yang bersangkutan. Setiap bentuk penawaran kerjasama dan promosi, agar di cross cek lebih lanjut kepada penulis yang bersangkutan. Lebih lanjut cek halaman kebijakan website kami.