Posted on

5 Cara Memaksimalkan Google Adsense

Cara Memaksimalkan Google Adsense

wpJakarta.Com – 5 Cara Memaksimalkan Google Adsense. Ingin meningkatkan pendapatan dari tayangan iklan google adsense ? Lihat 5 cara memaksimalkan google adsense untuk membuat situs website anda menjadi sumber untuk menghasilkan uang dengan google adsense.

Mengoptimalkan website untuk memaksimalkan penghasilan google AdSense

Berencana untuk mulai membuat situs website anda untuk dapat menghasilkan uang melalui Google AdSense, atau bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan penghasilan Google AdSense ? Jika ya, berikut beberapa tips, 4 cara memaksimalkan google adsense. Cara tentang membuat situs website dalam kondisi yang prima untuk mendapatkan hasil maksimal dari iklan google adsense dan memaksimalkan penghasilan.

Untuk artikel khusus tentang google adsense di wpJakarta.Com, kunjungi artikel yang kami tag sebagai google adsense. Sedangkan artikel terkait dengan marketing afiiliasi, lihat di halaman https://wpjakarta.com/tag/afiliasi/.

Tips-trik WordPress

Kami banyak menulis tentang artikel, tips-trik dan tutorial WordPress. Yang di tulis berdasarkan masalah yang kami temui ketika sedang mengkustomisasi website kami sendiri. Kebanyakan di dapatkan dari sumber lain dengan penyesuaian pada skrip tema website yang kami gunakan.

Daftar google adsense

Sebagai langkah awal permulaan dari 5 cara memaksimalkan google adsense, tentu saja situs website harus mendapatkan persetujuan dari google adsense. Anda dapat mendaftarkan situs website atau blog melalui halaman homepage google adsense. Gampang-gampang susah memang. Untuk dapat mendaftar di google adsense di perlukan beberapa requirement hingga google dapat mengklasifikasikannya sebagai situs website yang berkualitas. Dan pantas mendapatkan tayangan iklan. Lain halnya dengan situs website yang menggunakan platform blogger.

Blogger lebih mudah mendaftar google adsense

Website blogger memang secara otomatis bisa mendaftar di google adsense tanpa hambatan. Mungkin karena daleman (SSL, schema, struktur dan lainnya) sudah di handle sendiri oleh google. Berbeda dengan platform lain, WordPress misalnya, tentu google tidak ingin serta merta menyetujui website untuk mendapatkan iklan dari google adsense karena banyak hal-hal teknis yang harus di penuhi oleh si pemilik website.

Buat persiapan sebelum mendaftar google adsense

Ketika anda baru saja memulai membuat website, anda bisa saja untuk mencoba mendaftar google adsense. Tapi kemungkinannya adalah pengajuan tersebut akan di tolak. Maka itulah waktu dimana (setidaknya enam bulan) untuk mempersiapkan beberapa hal di website yang anda buat. Tentang bagaimana cara efektif mendaftar dan mendapatkan persetujuan google adsense, lihat artikel kami Cara Mendaftar & Mendapat Persetujuan Google Adsense.

Baca juga :

5 Cara Memaksimalkan Google Adsense – (1) Buat konten yang unik dan berkualitas

Sebaliknya, ketika berhasil mendaftar,cara pertama dari 5 cara memaksimalkan google adsense adalah dengan membuat konten dari sesuatu yang anda sukai (niche) dan orang lain (pengunjung) juga menyukai hal yang sama. Itulah kenapa akan lebih efektif jika blog / website anda fokus pada satu niche. Misalnya ketika anda membuat blog tentang travel dan wisata. Orang yang datang membaca artikel anda adalah orang yang juga suka travel atau orang yang mencari referensi tentang perjalanan. Maka jangan heran jika iklan google adsense yang muncul juga lebih dominan pada kategori travel, makanan dan sebagainya.

Perbaiki konten yang sudah ada

Maka anda perlu untuk merevisi beberapa artikel post yang sudah ada di website anda. Artikel lama yang sebelumnya sudah di buat mungkin saja akan terlihat “tidak rapi”. Antara heading, paragraph mungkin tidak nyambung, beberapa paragraph yang terlalu pendek atau terlalu panjang. Isi artikel yang tidak sampai 400 kata, dan lain-lain kekurangannya. Maka disini anda perlu mendesain ulang struktur postingan artikel anda. Misalnya satu artikel paling tidak harus selalu berisi 1200 kata, 10 paragraph dengan 5 heading.

Kenapa harus demikian ? karena google memiliki algoritma yang dapat menyesuaikan iklan yang tampil dengan isi artikel atau niche website anda. Ketika artikel anda tampil rapih dengan iklan yang tampil, maka hal tersebut dapat menimbulkan ambience yang baik bagi pengunjung website. Akan lebih besar kemungkinan konversi yang terjadi (proses klik) pengunjung website dengan iklan yang di tampilkan.

Tips-trik WooCommerce

Kami juga banyak menulis artikel, tips-trik, tutorial WooCommerce dan kustomisasi tema website storefront. Artikel yang juga kami tulis karena masalah yang kami temui dan kustomisasi yang kami lakukan. Lihat selengkapnya artikel-artikel yang di tag sebagai “storefront”.

5 Cara Memaksimalkan Google Adsense – (2) Buat atau ubah menu navigasi menjadi “sticky”

Cara kedua dari 5 cara memaksimalkan google adsense adalah membuat menu navigasi di website atau blog anda jelas. Logikanya mudah, menu sticky kemungkinan membuat pengunjung website anda tidak langsung pergi setelah selesai membaca satu artikel. Menu sticky akan tetap berada dalam pandangan pengunjung ketika mereka “menscroll” halaman postingan. Menu navigasi pada header lebar yang eye catching juga bisa membantu memaksimalkan hal ini.

Berikan juga menu navigasi yang jelas, jika perlu bisa menggunakan “mega menu”. Intinya anda harus memastikan bahwa pengunjung yang datang ke situs website anda menjadi betah dan tidak buru-buru pergi. Tentang bagaimana membuat sticky menu, kunjungi artikel kami berikut, Membuat Menu Sticky WordPress Untuk Meningkatkan Konversi Adsense.

Buat tautan internal maupun eksternal

Cara memaksimalkan google adsense selanjutnya, adalah membuat konten artikel tertaut atau memiliki banyak link ke konten lainnya, internal maupun eksternal. Dengan begitu, lebih besar kemungkinan pengunjung membaca lebih banyak konten artikel di website anda. Terakhir, menautkan artikel pada sidebar juga bisa membantu memberi tahu pengunjung tentang konten dari masing-masing kategori, yang paling populer, ataupun yang paling terbaru.

Pengunjung mungkin akan penasaran mengapa salah satu konten anda bisa begitu populer. Pengunjung website jadi lebih betah berlama-lama dan bertahan di website atau blog anda. Dan semakin sering halaman website di muat atau di baca, maka semakin banyak iklan yang akan di lihat, yang mengarah pada lebih banyak potensi penghasilan google adsense.

5 Cara Memaksimalkan Google Adsense – (3) Berikan pengunjung beberapa cara untuk kembali

Setelah kunjungan pertama, maka cara memaksimalkan google adsense selanjutnya adalah jangan biarkan pengunjung melupakan website atau blog anda begitu saja. Header, sidebar, akhir konten, dan footer adalah tempat yang tepat untuk memasukkan beberapa langkah yang dapat membuat pengunjung anda kembali bahkan mengikuti. Perlu juga untuk menyertakan opsi seperti opt-in email dan media sosial. Dengan begitu, setiap kali anda membuat konten baru, anda dapat memberikan informasi kepada pengunjung tentang artikel yang baru di terbitkan di website atau blog anda. Dan mudah-mudahan membuat mereka kembali yang berpotensi mengklik lebih banyak iklan adsense yang muncul.

Tips-trik WooCommerce

5 Cara Memaksimalkan Google Adsense – (4) Optimalkan pengalaman pengguna

Cara memaksimalkan google adsense berikutnya adalah mengoptimalkan pengalaman pengguna ketika mengakses website anda. Mungkin ini lebih teknikal karena termasuk bagaimana meningkatkan pagespeed website anda. Karena satu hal yang merugikan banyak pemilik website atau blogger adalah pengalaman jelek pengguna. Anda mungkin memiliki konten berkualitas dan penempatan iklan baik, tetapi jika website lambat loadingnya, tidak mobile friendly. Maka anda akan kehilangan banyak pengunjung bahkan sebelum mereka mendapatkan kesempatan untuk masuk ke website anda.

Optimasi pagespeed

Pertama, jalankan beberapa pengujian sederhana menggunakan test seperti mobile friendly test, pagespeed, pingdom tools dan tools online lainya untuk memastikan bahwa website anda berfungsi dengan baik untuk pengguna mobile dan dapat memuat halaman (loading) dengan cepat. Jika ada masalah pada website, maka tools tersebut akan dapat menunjukan dimana letak masalahnya dan anda segera dapat memperbaikinya.

Kedua, daftarkan website anda ke Google Analytics dan Google Search Console (jika belum). Google Analytics akan memberikan laporan tentang trafik website, jika terlihat penurunan, anda dapat segera memeriksanya. Google Search Console memiliki beragam tools atau laporan yang akan membantu mengetahui apakah situs website anda memiliki masalah kinerja atau kesalahan lainnya.

Artikel lainnya

Artikel umum kami selain bikin website WordPress dan WooCommerce. Kami juga suka menulis tentang hal-hal umum. Tentang dunia usaha, komoditas, produktifitas, kreatifitas dan hobi.

5 cara memaksimalkan google adsense – (5) Jaga konten atau website agar tidak melanggar peraturan google

Yang terakhir cara memaksimalkan google adsense adalah, hindari pelanggaran-pelanggaran terkait peraturan adsense. Melanggar dan mendapatkan penalty akan membuat website anda “sulit” untuk kembali mendapatkan iklan meskipun ada kesempatan untuk “banding” atau memperbaikinya.

Jika dapat kami simpulkan tentang artikel kami 5 cara memaksimalkan google adsense adalah semuanya berkutat di internal website anda sendiri. Anda tidak perlu melakukan “menyebar” spam link ke website anda. Meskipun secara wajar anda dapat melakukannya, misalnya memberikan komentar atau review di blog lain. Semoga artikel kami 5 cara memaksimalkan google adsense dapat membantu anda.