Posted on

Cara Mencegah Copy Paste Artikel Dengan 5 Baris Kode CSS

Cara Mencegah Copy Paste Artikel

wpJakarta.Com – Cara Mencegah Copy Paste Artikel Dengan 5 baris Kode CSS. Pernah merasakan ketika sebuah artikel yang anda buat dan di post di website anda juga ada di website atau blog orang lain ? Apalagi jika artikel yang anda buat termasuk ada sebuah riset, data atau tools yang anda buat sendiri ? Ini beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mencegah “pencurian” artikel anda.

Cara Mencegah Copy Paste Artikel

Banyak cara mencegah copy paste artikel di website anda. Mulai dari melakukan restrict pada beberapa artikel tertentu dan mengharuskan pengunjung untuk melakukan sesuatu untuk dapat mengakses konten tersebut. Atau sekedar untuk mempersulit orang melakukan copy paste dengan menambahkan beberapa baris kode CSS ke dalam file css anda.

Tips-trik dan tutorial WordPress

Artikel kategori WordPress kami mungkin bisa membantu anda mengkustom website WordPress anda. Kami banyak menulis tentang artikel, tips-trik dan tutorial WordPress. Yang di tulis berdasarkan masalah yang kami temui ketika sedang mengkustomisasi website kami sendiri. Kebanyakan di dapatkan dari sumber lain dengan penyesuaian pada skrip tema website yang kami gunakan.

Kenapa orang melakukan plagiarisme konten orang lain ?

Jawaban pertanyaan di atas karena orang ingin yang instan. Semakin kesini, google mensyaratkan konten yang berkualitas untuk bisa tampil pada halaman dan ranking pertama. Semakin banyak artikel yang ada di halaman pertama, maka semakin bagus kualitas blog tersebut. Semakin bagus kualitas website atau blog tersebut, maka semakin mudah untuk mendapatkan layanan-layanan dari google.

Anda mungkin yang termasuk bahwa menulis artikel untuk di baca orang. Itulah kenapa anda selalu ingin bahwa yang anda tulis bisa memberikan nilai guna bagi orang lain. Tapi di luar sana, banyak para blogger “kardus” yang membuat blog atau website dan menulis untuk google. Tidak peduli dengan kualitas atau struktur websitenya. Tidak peduli dengan kualitas kontennya. Yang penting punya banyak artikel dan sebisa mungkin ada di halaman pertama google.

Dan pada akhirnya anda harus melindungi konten anda dan mencari cara mencegah copy paste artikel di website anda agar tidak sembarangan di comot orang.

Buat “copyright notice”

Membuat copyright notice sebenarnya merupakan salah satu cara mencegah copy paste artikel di website anda. Meskipun banyak orang sebenarnya yang tidak mengerti tentang fungsi copyright notice yang biasanya ada di bagian paling bawah halaman website. Anda juga bisa menambahkan point-point untuk tidak mengambil konten di website anda melalui halaman Terms anda Condition atau biasanya dalam website berbahasa berada pada halaman Syarat dan ketentuan.

Tips-trik dan tutorial WooCommerce

Kami juga banyak menulis artikel, tips-trik, tutorial WooCommerce dan kustomisasi tema website storefront by WooCommerce. Artikel yang juga kami tulis karena masalah yang kami temui dan kustomisasi yang di lakukan pada portofolio website kami. Lihat selengkapnya artikel-artikel yang di tag sebagai “storefront” mungkin dapat membantu perencanaan membuat website atau blog WordPress menjadi lebih matang.

Cara mencegah copy paste artikel di website anda

Akan sangat menjengkelkan rasanya ketika anda mengetahui ada seseorang yang mencuri artikel anda. Jika dilakukan dengan menulis ulang, mungkin masih bisa di tolerir. Tapi ini di lakukan secara sporadis mulai dari paragraph pertama hingga paragraph terakhir. Alias hanya dengan melakukan copy paste. Beberapa cara ini mungkin bisa mencegah orang untuk mencuri konten atau artikel anda. Paling tidak, mereka tidak bisa se-enaknya melakukan copy paste.

Cara mencegah copy paste artikel dengan kode CSS

Cara mencegah copy paste artikel paling umum dengan mendisable “klik kanan” di browser pengunjung. Mungkin ini akan sedikit membuat orang yang hendak melakukan plagiarisme agak sedikit susah. Dengan hanya beberapa kode CSS, anda dapat mendisable klik kanan dan mencegah orang melakukan aksi “copy”. Tambahkan beberapa baris kode CSS berikut ke dalam file additional CSS di halaman customizer website WordPress anda. Lihat juga artikel-artikel di wpJakarta.Com yang berhubungan dengan CSS yang kami tag sebagai CSS di halaman “belajar CSS” kami.

/*antiCopas*/
* {
	user-select:none;
	-ms-user-select:none;
	-moz-user-select:none;
	-khtml-user-select:none;
	-webkit-user-select:none;
	-webkit-touch-callout:none;
}

Lindungi konten berharga anda dengan melakukan restrict konten

Cara lainnya adalah dengan dengan “merestrict” beberapa halaman di website anda. Anda merasa bahwa website anda begitu berguna karena mayoritas atau beberapa artikel anda di buat dengan riset yang panjang. Walaupun mungkin tidak semua artikel di anggap penting, hanya beberapa artikel yang anda bisa batasi dari orang yang hendak mengaksesnya. Namun bukan berarti bahwa artikel tersebut tidak dapat di baca atau di akses sama sekali. Anda bisa membatasi lalu membiarkan orang untuk mengaksesnya setelah melakukan sesuatu. Misalnya “memaksa” pengunjung untuk melakukan registrasi dan login dan anda bisa membangun “community” di website anda.

Atau minta mereka untuk “membayar” biaya berlangganan atau memberikan donasi. Apakah mereka mau untuk membayar hanya untuk sebuah konten. Tentu saja mereka akan mau membayar jika konten anda benar-benar berguna. Misalnya anda mengelola sebuah website yang kontennya memuat data hasil riset. Yang datanya bisa memberikan revenue kepada para pembaca. Atau halaman website anda yang memuat sebuah tools, dimana orang bisa memanfaatkan dan memberikan “impact” yang menguntungkan bagi mereka sendiri.

Artikel lainnya