Posted on

Yang Perlu Di Ketahui Tentang Tanaman Kangkung

Ketahui Tentang Tanaman Kangkung

wpJakarta.Com – Yang Perlu Di Ketahui Tentang Tanaman Kangkung. Kangkung, yang memiliki nama sains Ipomoea aquatica adalah tanaman yang tidak di ketahui secara jelas dari mana asal mulanya. Tumbuh subur di manapun di daerah yang berair, di negara-negara asia tenggara sering di sebut kangkong (O), di indonesia di sebut kangkung (U). Dalam bahasa inggris sering disebut water spinach atau bayam air, river spinach atau bayam sungai, water morning glorywater convolvulus dan kubis rawa.

Baca Juga :

Ketahui tentang kultivasi tanaman kangkung

Meskipun tidak jelas dari negara mana asal pertama kalinya. Kangkung secara masif dapat di jumpai di negara-negara asia tenggara, asia timur hingga asia selatan. Hasil olahan (masakannya) sudah secara luas terdapat pada masakan indonesia, burma, thailand, laos, kamboja, malaysia, vietnam, filipina, dan cina. Yang perlu di ketahui juga tentang tanaman kangkung adalah, bahwa pada masa perang dunia ke-dua, kangkung dimanfaatkan tentara jepang sebagai bahan makanan. Karena ketersediaannya yang luas di kawasan asia tenggara yang notabene sebagai daerah pertempuran di dekat kawasan pasifik.

Faktanya kangkung dapat dipanen hanya dalam 20 hari saja dan membutuhkan hanya sedikit perawatan. Tumbuh baik dalam kondisi panas dan lembab dengan hanya membutuhkan sedikit benih dan pupuk, dan tanpa penyiraman yang teratur. Tapi ternyata kangkung memiliki berbagai manfaat kesehatan yang membuat tanaman ini menarik perhatian hingga di budidayakan di seluruh dunia. Saat ini kangkung sudah lama di budidaya di negara-negara eropa dan amerika dengan metode rumah kaca dan hidroponik.

Ketahui tentang nutrisi tanaman kangkung

Kangkong sarat dengan gizi. Mulai dari serat makanan hingga sejumlah vitamin penting bagi tubuh.

Sumber vitamin & mineral

Kangkung di kenal sebagai sumber vitamin dan mineral. Kangkung mengandung vitamin-A yang tinggi hanya dari per 100 gram. 210% dari kebutuhan harian vitamin A manusia. Vitamin-A sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan mata. Vitamin lain yang banyak terdapat pada kangkung adalah Vitamin-C. Vitamin-C sangat bagus untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Vitamin-C juga dikenal bagus untuk perbaikan kulit dan rambut.

Selain vitamin, kangkung juga sumber utama mineral penting seperti zat besi, magnesium, dan kalsium. Magnesium dan kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kangkung mengandung 21% kalsium kebutuhan harian manusia dan 18% magnesium harian dari konsumsi per 100 gram.

Selain vitamin dan mineral ini, kangkung juga sumber dari beberapa zat berikut :

Folat, Niasin, Asam pantotenat, Piridoksin, Tiamin, Riboflavin, Tembaga, Mangan, Fosfor, Selenium, Seng. Kangkung juga memiliki banyak serat dan antioksidan, tinggi beta-karoten, antioksidan alami, protein, karbohidrat, serat makanan, kaya akan elektrolit, seperti natrium dan kalium. 100 gram kangkung sudah mewakili 7,5% dari asupan natrium harian dan 6,6% dari asupan potasium harian.

Artikel kami lainnya :

Ketahui tentang manfaat tanaman kangkung

Setelah mengetahui tentang nutrisi dan manfaat kangkung, mungkin akan mengubah kebiasaan anda saat sedang makan di restoran. Mulailah untuk selalu memesan kangkung sebagai pelengkap hidangan anda. Beberapa yang perlu di ketahui tentang manfaat tanaman kangkung adalah sebagai berikut.

Beli kangkung secara b2b untuk usaha makanan dan restoran

Beli kangkung secara b2b untuk usaha makanan dan restoran, kunjungi FRESHPLUS62.COM Order secara online untuk pemenuhan produk usaha makanan, restoran dan katering. Dapatkan harga bersahabat dengan pembayaran berjangka yang fleksibel. Kemudahan order secara online dan bebas biaya kirim.

Meningkatkan Kekebalan.
Kandungan vitamin A dan mineral lainnya dalam daun kangkung diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A adalah vitamin yang diperlukan secara signifikan dalam sistem kekebalan tubuh. Tubuh bergantung pada vitamin A untuk menjaga kesehatan. Dengan kandungan Vitamin A yang begitu tinggi, mengkonsumsi daun kangkung merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menyembuhkan anemia.
karena kaya akan zat besi, mengkonsumsi kangkung sangat bagus untuk orang yang menderita anemia. Zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin yang merupakan kebutuhan penderita anemia. Kangkung sangat bagus untuk mengatasi kekurangan zat besi apa pun.

Kesehatan Kulit.
Kandungan vitamin C yang tinggi pada daun kangkung sangat membantu kesehatan kulit dan mata. Vitamin C memiliki sifat anti-penuaan. Kangkung juga dapat mengurangi keriput secara signifikan dan bahkan dapat mempercepat proses penyembuhan dan pembentukan jaringan parut.