Posted on

Mengenal Tanaman Kubis Dan Perbedaannya Dengan Kol

Fakta unik kubis sejarah nutrisi manfaatnya

wpJakarta.Com – Mengenal Tanaman Kubis Dan Perbedaannya dengan Kol.

Kubiskolkobis, atau kobis bulat (terdiri dari beberapa kelompok kultivar dari Brassica oleracea) adalah tanaman dua tahunan hijau atau ungu berdaun, ditanam sebagai tanaman tahunan sayuran untuk kepala padat berdaunnya. Erat kaitannya dengan tanaman cole lainnya, seperti brokolikembang kol, dan kubis brussel, itu diturunkan dari B. oleracea var. oleracea, kubis lapangan liar. Kepala kubis umumnya berkisar 0,5 hingga 4 kilogram (1 hingga 9 pon), dan dapat berwarna hijau, ungu dan putih. Kubis hijau berkepala keras berdaun halus adalah yang paling umum, dengan kubis merah berdaun halus dan kubis savoy berdaun crinkle dari kedua warna terlihat lebih jarang. Kubis adalah sayuran yang berlapis-lapis. Dalam kondisi hari diterangi matahari panjang seperti yang ditemukan di garis lintang utara di musim panas, kubis dapat tumbuh jauh lebih besar

Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Kubis)

Mengenal tanaman kubis

Kubis atau kol adalah tanaman sayuran dua tahunan. Anda pasti pernah melihat ada kubis yang berwarna hijau segar agak keputihan, ungu dan yang berwarna putih pucat. Tanaman kubis erat kaitannya dengan tanaman sayuran lainnya yaitu brokoli dan kembang kol.

Baca Juga :

Sejarah tentang kubis kemungkinan besar sudah di domestikasi di benua eropa sebelum tahun 1000 SM, meskipun sulit untuk melacak sejarah yang tepat dari tanaman kubis. Pada Abad Pertengahan, kubis sudah menjadi bagian penting dari masakan Eropa. Kepala kubis umumnya diambil pada tahun pertama daur hidup tanaman kubis itu sendiri. Sedangkan tanaman yang hendak dijadikan benih dibiarkan tumbuh sampai tahun kedua dan harus dipisahkan dari tanaman cole lain untuk mencegah penyerbukan silang. Kubis rentan terhadap beberapa kekurangan gizi, serta beberapa hama, dan penyakit bakteri dan jamur.

Mengenal tanaman kubis dan perbedaannya dengan kol

Tanaman Kubis Perbedaannya Dengan Kol

Lalu apa perbedaan kubis dan kol ? masih mengutip dari halaman wikipedia bahwa kubis adalah anggota dari genus brassica. Kubis adalah salah satu tanaman dari grup tanaman tanaman “cole crop”. Tanaman lainnya dari grup cole crop seperti brokoli, collard hijau, kubis brussel, kohlrabi dan sprouting brokoli tumbuh baik di daerah dingin atau “cold”. Sehingga banyak orang berfikir bahwa cole adalah variasi dari penyebutan cold.

Namun yang sebenarnya adalah, kata cole adalah variasi dari kata latin “stem” atau sejenis batang (mungkin karena memiliki ciri-ciri stem yang sama). Kata cole berasal dari kata bahasa Inggris Tengah “col”. Bangsa romawi menyebut tanaman ini dengan “caulis”, dan orang Yunani menyebutnya “kaulion”. Semua kata ini berarti stem.

Kubis (Brassica oleracea atau B. oleracea var. capitata,[1] var. tuba, var. sabauda[2] atau var. acephala)[3] adalah anggota dari genus Brassica dan keluarga mustar, Brassicaceae. Beberapa sayuran cruciferous lainnya (kadang-kadang dikenal sebagai tanaman cole[4]) dianggap kultivar B. oleracea, termasuk brokoli, collard hijau, kubis brussel, kohlrabi dan sprouting brokoli. 

Wikipedia

Artikel kami lainnya :

Perbedaan kubis dengan kol

Setelah sedikit mengenal tentang penjelasan di atas tentang tanaman kubis, lalu apa perbedaannya dengan kol ? Menurut kami sama saja. Meskipun dalam penjelasan diatas merujuk pada tanaman yang berbeda. Namun di indonesia kubis dan kol merujuk pada tanaman yang sama. Mungkin untuk mudahnya adalah coba anda pergi ke pasar induk lalu hampiri pedagang kol dan belilah dengan menyebut “kol”. Dari pedagang lainnya beli juga dengan menyebut “kubis”. Jika diberikan produk yang sama, itu berarti kubis dan kol memang tanaman yang sama dan hanya beda karena penyebutannya saja.

Nah, sekarang apakah sudah mengenal tanaman kubis dan perbedaannya dengan tanaman kol ? atau ada opini, dapat memberikan komentarnya. Tentang fakta-fakta tanaman kubis, kandungan gizi yang tekandung dan perbedaannya dengan kol. Kunjungi artikel kami lainnya Fakta-fakta tentang tanaman kubis atau kol.

Beli kol atau kubis untuk usaha makanan dan restoran

Beli kol atau kubis untuk usaha makanan dan restoran, kunjungi Freshplus62.Com Order secara online untuk pemenuhan produk usaha makanan, restoran dan katering. Dapatkan harga bersahabat dengan pembayaran berjangka yang fleksibel. Kemudahan order secara online dan bebas biaya kirim.