Posted on

Fakta Unik Tentang Kubis Atau Kol, Sejarah, Nutrisi Serta Manfaatnya

Fakta unik kubis sejarah nutrisi manfaatnya

wpJakarta.Com – Fakta Unik Tentang Kubis Atau Kol Mulai dari Sejarah Dan Nutrisi Serta Manfaatnya. Artikel kami sebelumnya mengulas tentang perbedaan kubis dan kol, juga sedikit tentang sejarahnya. Pada artikel ini kami bahas lebih dalam tentang fakta unik kubis atau kol mulai dari sejarah, kandungan nutrisi dan manfaatnya.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Fakta unik tentang kubis, sejarah, kandungan nutrisi & manfaatnya

Sejarah berkaitan dengan kubis

Tanaman cole liar ditemukan tumbuh di sepanjang pantai mediterania dan atlantik di eropa. Kubis di perkirakan berasal dari Eropa Barat. Sedangkan kembang kol dan brokoli di wilayah mediterania. Kubis merupakan tanaman pertama yang di domestikasi di eropa dari tanaman cole. Kira-kira dimulai sejak lebih dari 2000 tahun sebelum masehi.

Artikel kami lainnya :

Sebelum tanaman ini di jadikan bahan makanan, kubis dikumpulkan dari alam liar dan digunakan sebagai tanaman obat. Setelah kubis tanaman cole yang di domestikasi selanjutnya adalah kubis brussel, yang merupakan adalah tanaman baru, yang muncul kira-kira kurang dari 500 tahun yang lalu.

DI china utara kubis sudah di kultivasi kira-kira tahun 4000 sebelum masehi. Yang merupakan kubis “tak berkepala” yang kemudian dikultivasi oleh orang-orang celtik di eropa tengah dan eropa utara. Di mesir kubis baru di kultivasi ketika zaman dinasti ptolemaic.

Di asia kubis yang sudah di kultivasi di bawa melalui ekspedisi bangsa portugal ke india pada perkiraan abad ke 14, lalu ke negara asia lainnya. Sedangkan di benua amerika, kubis di bawa oleh para penjelajah dari eropa pada perkiraan tahun 1500an.

Beli kol atau kubis untuk usaha makanan dan restoran

Beli kol atau kubis untuk usaha makanan dan restoran, kunjungi FRESHPLUS62.COM. Order secara online untuk pemenuhan produk usaha makanan, restoran dan katering. Dapatkan harga bersahabat dengan pembayaran berjangka yang fleksibel. Kemudahan order secara online dan bebas biaya kirim.

Fakta unik tentang kubis, sejarah, kandungan nutrisi & manfaatnya

Baca juga :

Kandungan nutrisi kubis

Kubis atau kol memang sangat rendah kalori, meskipun demikian kubis atau kol memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Fakta dalam ukuran 1 cangkir (+/- 89 gram) kubis atau kol hijau mentah mengandung sebagai berikut :

  • Kalori: 22
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin K: 85% RDI
  • Vitamin C: 54% RDI
  • Folat: 10% RDI
  • Mangan: 7% RDI
  • Vitamin B6: 6% RDI
  • Kalsium: 4% RDI
  • Kalium: 4% RDI
  • Magnesium: 3% RDI
  • Kubis juga mengandung sejumlah kecil zat gizi mikro lainnya, termasuk vitamin A, zat besi, dan riboflavin.

Dalam daftar nutrisi di atas, kubis kaya akan vitamin B6 dan folat, keduanya sangat penting untuk proses-proses di dalam tubuh, termasuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf. Selain itu, kubis atau kol kaya akan serat dan mengandung antioksidan kuat, termasuk polifenol dan senyawa sulfur. Antioksidan kita tau dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang memiliki jumlah elektron ganjil. Dan ketika level radikal bebas terlalu tinggi di dalam tubuh, maka hal tersebut dapat merusak sel-sel tubuh manusia. Kubis juga sangat tinggi akan vitamin C, antioksidan kuat yang dapat melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, dan gangguan penglihatan

Fakta unik tentang kubis, sejarah, kandungan nutrisi & manfaatnya

Manfaat kubis

Segudang manfaat bagi tubuh dengan mengkonsumsi kubis secara sehat adalah sebagai berikut :

  • Menjaga tubuh dari inflamasi atau peradangan. Kubis masuk dalam kelompok sayuran cruciferous yang banyak mengandung antioksidan berbeda, yang telah terbukti mengurangi peradangan kronis Penelitian juga menunjukkan bahwa makan lebih banyak sayuran cruciferous mengurangi peradangan didalam darah.
  • Kubis kaya akan vitamin C. Tubuh sangat membutuhkan vitamin C untuk banyak fungsi penting dan juga sebagai antioksidan yang kuat kuat. Kol ungu memiliki kandungan nutrisi ini dan menyediakan kira-kira 85% RDI setiap 89 gram.
  • Membantu sistem pencernaan. Kubis mengandung serat yang tidak larut, yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menyediakan “bahan bakar” untuk bakteri baik yang dapat meningkatkan pergerakan usus secara teratur.
  • Membantu menjaga kesehatan jantung. Kubis mengandung pigmen kuat yang disebut anthocyanin, yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Membantu menjaga tekanan darah. Kalium yang terkandung di dalam kol dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat. Meningkatkan asupan makanan kaya kalium seperti kol dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah tinggi.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol. Kubis merupakan sumber serat larut dan sterol yang baik. Zat-zat tersebut telah terbukti mengurangi kolesterol LDL.
  • Sumber vitamin K.
  • Asupan diet yang sehat.