Toge Goreng, Makanan Khas Bogor Bercitarasa Eropa Oriental

wpJakarta – Toge Goreng Makanan Khas Bogor. Di antara banyak makanan saat food truck festival beberapa waktu lalu dijakarta. Kami memilih toge goreng untuk makan siang. Makanan khas bogor dan sudah lama tidak menjumpai makanan ini. Kebetulan karena tidak perlu kebogor untuk menikmati makanan lezat ini. Wajar saja karena cuaca yang panas saat itu, jadi ingin menikmati makanan dengan sayuran segar yang berkuah. Sepertinya toge goreng adalah pilihan tepat untuk santap makan siang saat itu.

Toge Goreng Makanan Khas Bogor

Bagaimana tidak, kita bisa makan nasi (ketupat), mie, tauge, oncom dan dihidangkan dengan kuah panas dalam satu mangkuk. Slurp….. benar-benar nikmat. Lho, kok judul artikelnya “Toge Goreng Makanan Khas Bogor Bercitarasa Eropa Oriental ?” Percaya tidak percaya. Saat kami mulai menikmati toge goreng ini, rasanya seperti sedang menikmati spaghetti italia. Heheheheheh….. lebay.

Artikel lainnya

Sejarah dan literatur toge goreng

Toge Goreng Makanan Khas Bogor
Ilustrasi gambar toge goreng: Gunawan Kartapranata / CC BY-SA

Dari berbagai literatur ternyata toge goreng ini mempunyai sejarah dan keterkaitan antara orang eropa, indonesia dan tionghoa. Lalu apakah togenya di goreng terlebih dahulu, sehingga namanya disebut tauge goreng ? Ternyata tidak, Toge, mie dan tauco ternyata di rebus. Tapi tidak direbus pada umumnya. Melainkan seperti ditumis gitu dengan sedikit minyak. Lalu dihidangkan diatas ketupat yang sudah di iris-iris dan disiram dengan kuah tauco.

Cara memasak dan menghidangkan

Mungkin karena taugenya di masak menggunakan alat masak yang menyerupai penggorengan. Lalu kuah yang di hidangkan tidak terlalu banyak seperti ketupat. Tetapi hanya sedikit kuah atau agak kering. Biasanya hanya di siram lalu di tiriskan lagi sebelum di hidangkan. Makanya makanan ini disebut toge goreng.

Dimana bisa menemukan toge goreng

Memang tidak perlu pergi ke kota bogor untuk menikmati makanan ini. Tapi tahukah anda, saat kita menikmati makanan khas suatu daerah. Akan terasa lebih nikmat jika kita menikmatinya langsung di daerah asalnya tersebut. Istilahnya kita bukan cuma menikmati rasa makanannya. Tapi juga dapet psikologinya, lebay…

Bagi anda yang ingin menikmati tauge goreng. Silahkan meluncur ke kota bogor. Sambil menikmati suasana kota bogor yang pastinya sejuk, banyak pedagang-pedagang atau restoran yang menghidangkan tauge goreng. Lalu kenapa harus ke bogor ? Ya, karena tauge goreng ini makanan khas bogor. Bukannya di jakarta juga ada ? Di jakarta juga banyak tempat makan untuk kita bisa menikmati toge goreng ini. Semua makanan pasti ada di jakarta, tapi ya itu tadi, kurang dapet pskikologinya

Artikel WordPress, WooCommerce dan pemrograman