in

Apa Itu Javascript ? Dan Bagaimana Menggunakan Javascript di WordPress

wpJakarta.Com – Apa Itu Javascript ? Dan Bagaimana Menggunakan Javascript di WordPress. Setelah artikel kami sebelumnya tentang Apa Itu CSS ? Dan Bagaimana Menggunakan CSS di WordPress. Kami coba untuk mengulik tentang apa itu javascript. Maklum bahwa CSS dan javascript (juga html) tentunya adalah bagian yang tidak dapat di pisahkan dalam pengembangan website.

Apa Itu Javascript ?

Bagi kalangan developer, mungkin tidak asing dengan apa itu javascript ? JavaScript, juga sering di sebut secara singkat JS, adalah bahasa pemrograman yang sesuai dengan spesifikasi ECMAScript. JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang memungkinkan kita menerapkan fitur yang lebih kompleks pada halaman website. Javascript dapat mengubah dari hanya sekedar informasi statis pada halaman website. Namun dapat menampilkan update konten yang tepat waktu, menampilkan peta interaktif, animasi 2 dimensi / grafik 3 dimensi.

Javascript sering berada pada “lapisan ketiga” dari struktur teknologi web standar. Kita tau bahwa dua lainnya adalah HTML dan CSS. Tentang tutorial HTML dan CSS anda bisa melihat pada kategori lain di website ini.

Tutorial Pemrograman website wpJakarta

Tentang apa itu vavascript ?

Di samping HTML dan CSS, JavaScript adalah salah satu teknologi inti dari World Wide Web. JavaScript memungkinkan halaman website menjadi interaktif dan merupakan bagian penting dari aplikasi berbasis website. JavaScript berjalan di sisi klien web, yang dapat digunakan untuk merancang atau memprogram bagaimana halaman website berperilaku saat terjadinya suatu event. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari.

JavaScript adalah bahasa yang ringan, di interpretasikan, dan pemrograman berorientasi objek (object oriented). Meskipun lebih sering di kenal untuk di gunakan sebagai bahasa pemrograman untuk halaman website. Namun nyatanya juga sering di gunakan pada aplikasi non-browser. Ini menjadikan javascript adalah bahasa pemrograman yang multi-paradigma berbasis prototipe yang dinamis, dan mendukung gaya pemrograman berorientasi objek, imperatif, dan fungsional.

Artikel Dan Tips-trik WordPress

Sejarah javascript

Untuk memahami tentang apa itu javascript, tampaknya penting untuk sedikit membuka sejarah javascript. Baiklah, artikel ini mungkin hanya akan membahas tentang apa itu javascript, sejarah bahkan juga tentang kata “java” sebelum kata script pada nama javascript. Tentang tutorialnya sendiri dan tentang bagaimana menggunakan Javascript di WordPress akan ada pada artikel tutorial selanjutnya.

Javascript di buat oleh Brendan Eich yang saat itu bekerja di Netscape Communications Corporation. Eich awalnya bergabung untuk menempatkan Skema pada browser, namun sintaks tersebut mirip dengan bahasa pemrogramanJava. Akhirnya, Eich merancang bahasa yang memiliki banyak fungsi skema, self object oriented, dan sintaks java. Versi pertamanya selesai hanya dalam sepuluh hari dan disebut dengan “Mocha”, lalu berganti nama menjadi LiveScript dan akhirnya berubah menjadi nama Javascript. Tentang perubahan nama menjadi javascript dan hubungannya dengan bahasa pemrograman java milik Sun Microsystems bisa anda simpulkan pada akhir artikel ini.

Artikel Dan Tips-trik WooCommerce

Tentang nama “java” pada javascript

Sebagai orang indonesia, mungkin kita bertanya-tanya apakah nama java pada javascript di ambil dari nama pulau jawa di indonesia ? Sebelum mengenal javascript, anda pasti sudah mengenal (atau mendengar) lebih dulu tentang bahasa pemrograman java. Ya java dengan lambangnya sebuah cangkir yang berisi kopi yang masih panas dengan asap di atasnya.

Apa Itu javascript

Untuk mengetahui apakah nama “java” pada javascript, maka perlu sedikit ke belakang untuk mengetahui tentang bahasa pemrograman java. Di samping adalah lambang dari bahasa program java yang masyhur.

Java sendiri adalah bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis kelas yang dirancang untuk memiliki dependensi implementasi seminimal mungkin. Java adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang dimaksudkan agar pengembang aplikasi dapat menulis sekali, dan dapat berjalan di mana saja. Yang berarti bahwa kode Java yang di compile dapat berjalan di semua platform yang mendukung Java tanpa perlu kompilasi ulang.

Java pada awalnya di kembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystems (saat ini telah di akuisisi Oracle). Di rilis pada tahun 1995 sebagai komponen inti dari platform Java Sun Microsystems. Singkatnya, bahasa program ini awalnya disebut Oak merujuk pada pohon oak yang berada di luar kantor Gosling. Kemudian proyek ini di namai Green dan pada akhirnya berganti nama menjadi Java, yang memang merujuk dari Java coffee, jenis kopi yang berasal dari dari Indonesia.

Java dan Javascript

Java dan JavaScript tidak terkait dalam bentuk apa pun. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek sedangkan Javascript adalah bahasa skrip. Sedangkan nama Javascript berasal dari kesepakatan pemasaran (marketing) antara Sun Corporation yang mengembangkan Java dan Netscape sebagai penemu Javascript. Katanya mereka ingin menggabungkan browser yang kuat dengan runtime Java untuk membuat bahasa scripting yang memiliki sintaks yang mirip dengan java. Nah, silahkan simpulkan sendiri apakah nama “Java” pada javascript berhubungan dengan nama jawa di indonesia ?

Bagaimana menggunakan Javascript di WordPress

Nah, sudah tau apa itu javascript ? Setelah mengetahui tau apa itu javascript, lalu bagaimana menggunakan Javascript pada website WordPress ? Lihat artikel kami berikutnya tentang bagaimana menggunakan Javascript di WordPress. Untuk tutorial dan tips-trik javascript, kunjungi halaman kategori /snippet/javascript/.

Artikel lainnya

What do you think?