Posted on

Verifikasi Domain Melalui TXT Record Google Search Console

wpJakarta – Verifikasi Domain Melalui TXT Record Google Search Console. Tidak bisa dipungkiri bahwa blog atau website yang kita buat adalah “aset” buat mesin pencari google. Melalui artikel dan post yang kita buat pada blog dan website kita, maka google dapat menjadikan website kita sebagai “komoditi” index pada search enginenya.

Simbiosis mutualisme akhirnya terjadi. Sebaliknya karena google juga kita bisa menyampaikan tulisan dan literasi melalui internet. Bahkan juga bisa memonetisasi blog atau website yang kita buat melalui beberapa cara atau dari layanan yang kita buat. Tapi untuk memulai itu semua harus ada tahap “registrasinya”. (Baca juga : Merubah Properti Google Search Console).

Baca Juga :

Verifikasi Domain Melalui TXT Record DNS Zone Editor

Melalui tools google yaitu “Google Search Console”, Kita harus “memberitahu” google terlebih dahulu bahwa kita memiliki sebuah website dengan nama “nama-domain.com”. Lalu google perlu untuk memverifikasi apakah benar bahwa kita adalah pemilik dari nama domain tersebut, atau sering mereka sebut sebagai webmaster.

Pada tahap dimana menambahkan nama domain (properti type: domain), maka google akan memberikan serangkaian baris kode txt untuk nantinya kode tersebut harus ditambahkan pada record konfigurasi DNS. Kode tersebut biasanya adalah sebagai berikut : google-site-verification=C0NtOh-900gl3-s1te-V3rif1c4Ti0N-h4RusD1T4Mb4hKanp4daD0m4inN4M3cONF19Ur47IoN.

  • Akses cPanel pada menu “Domain” submenu “Zone Editor”
  • Pada baris nama domain yang dimaksud klik “Manage”
  • Klik “Add Record”
  • Pastikan untuk memilih tipe TXT Record
  • Pada kolom value masukan kode verifikasi tersebut
  • Klik “Save”

Sampai disini anda sudah berhasil memasukan TXT Record kode verifikasi google. Sementara proses verifikasi akan memerlukan waktu beberapa hari kedepan hingga konten anda terindex pada database mesin pencari. Dan url website anda yang terindex dapat di lihat melalui halaman https://search.google.com/search-console?utm_source=about-page

Verifikasi di plugin SEO

Untuk membantu performa SEO, sudah pasti anda akan memasang atau menginstall plugin SEO. Misalnya Yoast SEO, All in One SEO Pack, WP SEO dan plugin lainnya. Yoast SEO misalnya, pada menu general setting terdapat tools untuk menambahkan kode verifikasi tersebut.

Tools tersebut berfungsi untuk menambahkan tag meta di halaman homepage website. Tapi ini bukan yang “harus” untuk dilakukan, tidak dilakukan pun tidak mengapa. Hanya saja untuk membuat SEO website menjadi lebih “legit” anda dapat menambahkan kode TXT dari google tersebut untuk anda masukan pada kolom yang tersedia.

Dari kode lengkap yang anda dapatkan “google-site-verification=C0NtOh-900gl3-s1te-V3rif1c4Ti0N-h4RusD1T4Mb4hKanp4daD0m4inN4M3cONF19Ur47IoN”. Hanya masukan “C0NtOh-900gl3-s1te-V3rif1c4Ti0N-h4RusD1T4Mb4hKanp4daD0m4inN4M3cONF19Ur47IoN.

Pada menu tersebut, anda juga bisa memasukan kode verifikasi dari mesin pencari lainnya seperti Bing.


100% website WordPress transparan dan “ecofriendly”, tidak ada data pengunjung yang kami kumpulkan dan tidak ada tracking data apapun terhadap data-data pengunjung”.​ Selengkapnya kunjungi halaman tentang kami.

wpJakarta

Blog “native” yang fokus pada usaha online berbasis WordPress & WooCommerce. Lihat penawaran terbaik untuk merchandise WordPress (Kaos, Hoodie, Topi, Tas dll).

Selengkapnya, klik : https://wpjakarta.com/shop/

Fresh (+62)

e-Commerce produk fresh online. Order secara online sayur, daging, buah dan bumbu rempah atau kirim list pesanan untuk pemenuhan usaha makanan dan restoran.

Selengkapnya, klik : https://freshplus62.com/about/