Posted on

Langkah Optimasi Website Usaha Yang Harus di Lakukan

wpJakarta – Langkah Optimasi Website Usaha Yang Harus di Lakukan. Saat ini rata-rata “page size” sebuah halaman situs website sudah melebihi 2 MB data. Sehingga optimasi konten menjadi lebih penting dari sebelumnya. Hal ini akan sangat membantu bagi orang-orang atau pengunjung yang berada pada wilayah yang akses internetnya masih lambat. Pada artikel ini kami sampaikan 7 Langkah Optimasi Website Usaha yang dapat anda lakukan. Demi mendukung usaha anda.

Website Untuk Menunjang Usaha Kecil

Kita yang tinggal dan menjalankan usaha di Jakarta semestinya sangat bersyukur. hampir semua operator sudah mencover Jakarta atau kota besar lainnya dengan jaringan 4G. Tapi bagi sebagian orang di daerah atau pelosok, akses internet yang cepat masih jadi hal yang sulit untuk didapatkan. Padahal mereka juga punya hak yang sama untuk mengakses informasi melalui internet.

Seiring dengan pertumbuhan ukuran dan kompleksitas situs website. Usaha kecil yang juga menggunakan website untuk mendukung usahanya sangat perlu metode atau tools untuk mengoptimalkan konten yang dapat meningkatkan performa situs websitenya.

Baca Juga :

Jika loading website usaha anda lambat, bukan tidak mungkin orang akan “ogah” menyambangi bisnis anda. Dan berikut ini yang bisa anda lakukan beberapa tools maupun cara atau langkah langkah optimasi website penunjang usaha anda.

Langkah Optimasi Website Usaha –> Gunakan Layanan CDN

Langkah Optimasi Website Usaha

CDN (Content Delivery Network) membuat situs website menjadi lebih mudah dan lebih cepat di akses bagi pengunjung dari seluruh dunia. Dengan menyajikan konten dari berbagai lokasi server (disini kami sebut dengan server cabang) dari layanan CDN tersebut.

CDN adalah jaringan server yang mengirimkan halaman web dan konten lain kepada pengguna berdasarkan lokasi geografis. Misalnya kita yang berlokasi di Jakarta mengakses sebuah situs berita amerika yang sumber datanya pasti ada di amerika, New York misalnya.

Karena situs berita tersebut menggunakan layanan CDN yang memiliki server cabang di singapura, maka server di singapura lah yang akan melayani permintaan kita. Dengan kata lain, ini membantu mengurangi waktu yang diambil oleh server utama untuk merespon kembali dengan data yang diminta oleh kita sebagai pengguna.

Keunggulan lain dari menggunakan layanan CDN adalah, layanan CDN dapat memberikan ketahanan tambahan. Jika server/hosting anda offline, permintaan untuk konten statis akan dapat terus dilayani oleh server cabang.

Beberapa layanan CDN yang bisa anda gunakan antara lain CloudFront, Cloudflare, atau Google Cloud. Atau anda bisa menggunakan CDN lokal Nusacloud.

Langkah Optimasi Website Usaha –> Gunakan HTTP Reverse Proxy (Web Application Accelerators)

Mirip dengan CDN, Web Application Accelerators menyediakan fungsi caching yang dilokalkan untuk meningkatkan kecepatan loading konten. Jika layanan CDN lebih cocok untuk konten statis, HTTP Reverse Proxy justru dirancang untuk menyajikan konten dinamis.

Seperti halnya CDN, konten disajikan kepada pengguna dari server cabang terdekat mereka. Hal ini dapat mengurangi waktu bolak-balik untuk setiap request.

Langkah Optimasi Website Usaha –> Lakukan Kompresi Gzip, Brotli atau yang sejenisnya

Membawa ukuran file yang lebih kecil sudah pasti membuat waktu transfer menjadi lebih cepat. Sama halnya pada teknologi kompresi file seperti winzip atau winrar yang sudah kita kenal. Misalnya saat kita mengcopy file MP3 ke sebuah USB, satu file sudah di zip (MP3.ZIP) dan satu lagi belum di zip (.MP3). Maka proses copy data yang sudah di zip sudah pasti lebih cepat dibanding yang tidak di zip.

Begitu juga dengan konten website. Langkah pertama adalah mengoptimalkan konten web, yang kedua mengkompresnya. Dengan menggunakan gzip anda dapat mengkompres halaman web saat pengunjung mengakses website anda.

Mengkompresi konten menggunakan gzip dapat meningkatkan 60% lebih cepat dibanding yang tidak di kompres.

Langkah Optimasi Website Usaha –> Beralih ke HTTP / 2

HTTP / 2 atau disebut http 2.0 awalnya dikembangkan oleh google. Dan di desain untuk mengurangi latensi data dan meningkatkan kecepatan loading halaman website. HTTP / 2 berfokus pada pengoptimalan “flow” konten antara klien dan server. Kompatibel dengan HTTP1.1, Dan semua browser support http/2.

Langkah Optimasi Website Usaha –> Meminify Kode

Kode-kode yang digunakan untuk membangun sebuah website (HTML, Javascript, CSS dan lainnya) sejatinya untuk di baca oleh mesin komputer. Tapi tetap saja kode tersebut di tulis atau diketikan pada editor oleh manusia. Dan biasanya developer web membuatnya secara kelompok atau tim.

Sangat umum jika developer web juga menyelipkan komen, memberikan spasi atau menulis kode pada baris baru agar mudah di baca oleh kelompoknya. Meminify kode berarti menghilangkan komen, spasi, atau baris baru pada editor sehingga bisa mempercepat loading website.

Meskipun hal demikian akan sangat sulit dibaca oleh kita atau jika sewaktu-waktu untuk membenarkan kode-kode tersebut jika terjadi error. Maka pastikan anda melakukan backup saat hendak meminify meskipun menggunakan tools atau plugin.

Minifikasi berfokus pada penghapusan karakter yang tidak perlu dari kode, termasuk spasi, karakter baris baru, komentar, dan lainnya yang tidak diperlukan untuk mengeksekusi kode. Teknik ini mengurangi ukuran keseluruhan halaman tanpa mengubah fungsi apa pun.

Dari gambar diatas, kotak sebelah kiri adalah ilustrasi kode yang belum di minifikasi. Sangat mudah bagi kita untuk di mengerti. Tapi hal tersebut memberikan hambatan pada mesin untuk meload semua skrip tersebut.

Sedangkan pada kotak sebelah kanan adalah kode yang sudah di minifikasi. Sulit di baca oleh manusia tapi bisa secara signifikan mengurangi waktu memuat konten website.

Langkah Optimasi Website Usaha –> Gunakan Browser Cache

Browser cache juga merupakan bagian penting dari strategi pengoptimalan situs website anda. Dengan memanfaatkan cache browser di komputer pengguna, kita dapat meningkatkan kinerja halaman yang dikunjungi pengunjung situs web berikutnya.

Item yang disimpan dalam browser cache dapat diambil secara lokal pada saat situs web dikunjungi lagi oleh user. Ini berarti elemen berulang yang umum seperti logo website bisa dipanggil dari cache. Jauh lebih menghemat waktu loading jika dibandingkan memuat request atau permintaan ke server website.

Langkah Optimasi Website Usaha –> Monitor Website Secara Berkala

Langkah terakhir dari Langkah Optimasi Website Usaha yang dapat anda lakukan. Kita pastinya harus memiliki referensi yang akurat untuk mengoptimasi sebuah website. Banyak tools-tools online yang andal bisa kita manfaatkan untuk memonitor performa situs website. Pingdom, GTmetrix atau Google pagespeed bisa memberikan referensi yang akurat. Dan memberikan informasi pada parameter apa yang perlu di optimalkan.

Monitoring juga harus dilakukan secara rutin. Atau anda bisa gunakan layanan yang juga dapat memberikan “alert” atau semacam peringatan dari tools tersebut jika ada yang perlu untuk di optimalkan.

Monitoring juga harus dilakukan secara manual. Coba anda berperan sebagai pengunjung dan akses situs website anda sendiri menggunakan laptop, PC, HP high end, HP Low end, tablet dan gunakan juga browser yang berbeda misalnya chrome, edge, firefox dan safari. Secara visual anda akan menemukan bagian mana dari website anda yang perlu di optimalkan.