Posted on

Tips-trik Menghilangkan Iklan Banner Sidebar Yoast SEO

wp-Jakarta.Com – Tips-trik Menghilangkan Iklan Banner Sidebar Yoast SEO. Jika melihat halaman setting plugin yoast SEO, maka 1/2 (setengah) halamannya ternyata hanya berisi iklan. Yaitu ajakan untuk mengupgrade menggunakan plugin yoast SEO premium. Ada tips-trik nya untuk menghilangkan iklan banner yang tampil di sidebar halaman admin Yoast SEO. Saat ini tips-trik mudah berikut masih bekerja. Tapi mungkin nanti, saat yoast mengupdate pluginnya, maka iklan banner sidebar tersebut akan kembali muncul. Dan mereka akan mengganti dengan skrip fungsi yang baru untuk memunculkan iklan sidebar tersebut.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Omong-omong, sudah pake plugin gratis, masih mau hilangin iklannya pula ? ya biarlah, gratis karena yoast memang menawarkan versi plugin gratisnya? Dan bukan berarti kami tidak bisa menolak iklan yang muncul pada halaman dashboard WordPress kami sendiri. Itung-itung sedikit ningkatin performa halaman backend juga.

Baca Juga :

Berikut tips-trik menghilangkan iklan banner sidebar Yoast SEO

Tips-trik berikut efektif menghilangkan iklan yang ada pada sebelah kanan atau sidebar halaman plugin yoast tanpa menghilangkan fungsi lain dari plugin tersebut. Atau dengan kata lain aman untuk dilakukan.

  • Melalui file manager cPanel, silahkan menuju folder yoast SEO (/wp-content/plugin/wordpress-seo/)
  • Dan pada folder wordpress-seo, silahkan trace lagi ke dalam folder /admin/views/
  • Temukan file sidebar.php
  • Buka dan edit file sidebar.php
  • Non aktifkan baris kode yang ada didalam file sidebar.php tersebut kecuali :
 <?php

 $wpseo_plugin_dir_url = plugin_dir_url( WPSEO_FILE );
 $new_tab_message      = WPSEO_Admin_Utils::get_new_tab_message();

 ?>
  • Selebihnya non aktifkan dengan memberikan tanda comment “//” atau “/* ….. */” sehingga kode-kode tersebut menjadi tidak aktif.
  • Save
  • Dan purge dengan plugin caching yang di gunakan.

Kini iklan banner yoast SEO yang ada pada sidebar sebelah kanan akan hilang. Memang terasa agak janggal, karena hampir setengah nya terlihat kosong.

Yoast SEO, Plugin SEO paling populer

Seperti di ketahui bahwa Yoast SEO adalah plugin SEO paling populer dengan lebih dari 5 juta instalasi. Fungsinya tentu saja memaksimalkan SEO yang tujuan akhirnya adalah mendapatkan konversi dari teknik-teknik memaksimalkan konten untuk tampil pada halaman mesin pencari.