Posted on

Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress

wpJakarta – Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress. Pada artikel sebelumnya “Dua Cara Mudah Kustomisasi Website WordPress.” Di jelaskan secara sederhana untuk melakukan kustomisasi website wordpress. Yaitu dengan menginstall plugins atau memberikan tambahan kode atau fungsi ke dalam file WordPress atau file tema website anda.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Jika memilih cara yang kedua, artikel ini mungkin bisa membantu anda dalam mengatur secara “administratif” terhadap kode-kode yang anda tambahkan. Artikel ini membahas bagaimana memberikan tambahan kode kustomisasi secara tidak langsung pada file tema website WordPress.

Melainkan ditulis dulu pada file editor yang disebut “Site Specific Plugin”. Sebelum bagaimana membuat site specific plugin, ada baiknya untuk mengetahui apa itu site specific plugin ? Dan apakah sesuatu yang memang harus di buat ?

Baca Juga :

Apa yang dimaksud Site Specific Plugin ?

Kami tidak mengartikan kalimat “Site specific plugin” ke dalam Bahasa Indonesia, lebih penting untuk mengetahui apa dan bagaimana fungsinya. Lebih tepatnya site specific plugin adalah “plugin” yang anda buat sendiri dalam bentuk file editor yang akan memuat kode-kode atau fungsi PHP tambahan.

Fungsi dan untuk apa Site Specific Plugin ?

Fungsinya untuk menampung kode-kode tambahan kustomisasi WordPress anda. Ketimbang menuliskannya langsung pada file “function.php”, kode tersebut akan ditulis pada “site specific plugin” untuk memberikan kustomisasi pada website WordPress.

Apakah harus atau wajib membuat sebuah Site Specific Plugin ?

Tentu saja tidak harus dan tidak wajib, tanpa site specific plugin, website WordPress akan berjalan normal tanpa malfungsi apapun.

Jadi kesimpulan tentang Site Specific Plugin itu apa ?

Karena site specific plugin adalah kode editor tambahan untuk kustomisasi WordPress. Maka “perbendaharaan” kode kustomisasi akan lebih rapi dan “manageable”. Ketimbang menulis kode langsung pada file tema, karena saat terdapat update tema websiste WordPress, maka kode tambahan tersebut akan terhapus.

Bisa saja kode tambahan ditulis pada pada file “child theme” atau tema anak. Tapi tetap mengganti tema website maka kode tersebut akan tetap terhapus. Di WordPress mengganti tema adalah satu hal yang asyik untuk dilakukan, bukan ?

Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress

Dari pertanyaan dan jawaban diatas, sekarang tinggal terserah anda, apakah mau membuat site specific plugin atau tidak ? Jika ya, harap ikuti Tips-Trik Membuat Site Specific Plugin WordPress berikut ini.

  • Dari PC atau laptop, buatlah folder dengan nama “websitesaya-plugin” di sini kami membuat folder dengan nama “wpjakarta-plugin”.
  • Buat file php dengan menggunakan notepad dan isikan baris kode berikut, dan simpan ke dalam folder yang baru di buat dengan ekstensi .php : (kami menyimpannya dengan nama wpjakarta-plugin.php).
 <?php
 /*
 Plugin Name: Snippet Code wpjakarta.com
 Description: Kustom code wpjakarta.com
 */
 /* Awal penambahan kode */

 /* Akhir penambahan kode */
 ?>
  • Kompres file folder yang berisi file .php tersebut hingga ber-extensi .zip. Contohnya akan memiliki nama “websitesaya-plugin.zip”
  • Lalu seperti anda ingin menginstall plugin dengan cara upload. Uploadlah file websitesaya-plugin.zip dan wordpress akan membongkar paket dan menginstallnya.
  • Jika berhasil plugin anda akan terlihat pada menu daftar plugin dan mungkin perlu untuk di aktivasi terlebih dulu.
  • Jika tidak berhasil membongkar dan memasang plugin periksa lagi baris kalimat yang ditambahkan. Biarkan nama plugin atau “plugin name” dan “description” ditulis dalam bahasa inggris. Ganti saja dengan nama website anda.
  • Coba tes dengan menambahkan kode kustomisasi, jika berhasil maka kode yang ditambahkan akan dieksekusi dan memberikan perubahan pada “section” yang anda inginkan.

Pastikan setiap kode yang ditambahkan berada diantara baris berikut:

/* Awal penambahan kode */

/* Akhir penambahan kode */

100% website WordPress transparan dan “ecofriendly”, tidak ada data pengunjung yang kami kumpulkan dan tidak ada tracking data apapun terhadap data-data pengunjung”.​ Selengkapnya kunjungi halaman tentang kami.

wpJakarta

Blog “native” yang fokus pada usaha online berbasis WordPress & WooCommerce. Lihat penawaran terbaik untuk merchandise WordPress (Kaos, Hoodie, Topi, Tas dll).

Selengkapnya, klik : https://wpjakarta.com/shop/

Fresh (+62)

e-Commerce produk fresh online. Order secara online sayur, daging, buah dan bumbu rempah atau kirim list pesanan untuk pemenuhan usaha makanan dan restoran.

Selengkapnya, klik : https://freshplus62.com/about/

.