Posted on

Tips-Trik Dan Cara Membuat Custom Field WordPress

wpJakarta.Com – Tips-Trik Dan Cara Membuat Custom Field WordPress. Pada artikel berikut kami tuliskan tentang bagaimana tips-trik ringan membuat kustom field. Ringan karena hanya tentang bagaimana tips-trik atau cara membuat custom field, namun meskipun ringan nyatanya custom field bisa jadi suatu hal yang sangat powerful dan berguna saat kita ingin memberikan kustomisasi pada website WordPress secara keseluruhan. Pada website WordPress jenis apapun. Baik website dengan niche blog khusus, tutorial, bahkan toko online. Nantinya custom field dapat digunakan untuk “mengekstensi” kemampuan atau fitur website WordPress yang anda bangun.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Tips-trik / cara membuat custom field menggunakan plugin custom field

Selain custom field bawaan dari WordPress, ada beberapa plugin kategori kustom field, bisa anda cari disini. Yang paling terkenal tentu adalah Advance Custom Field, Bahkan pengembang plugin lainpun mengembangkan ekstensi khusus untuk plugin tersebut. Tapi pada artikel ini kami tidak membahas membuat custom field menggunakan plugin. Melainkan tentang bagaimana tips-trik / cara membuat custom field fitur bawaan WordPress. Saat kita mengetahui cara tersebut maka akan mudah nantinya jika kita ingin membuat custom field menggunakan plugin PRO.

Tips-trik / cara membuat custom field menggunakan fitur core WordPress

Untuk menampilkan setiap custom field meta box pada klasik editor, maka klik “screen options” yang ada pada bagian atas sebelah kanan editor, dan pastikan untuk mencentang checkbox “custom field”. Sedangkan jika menggunakan blok editor atau gutenberg, klik titik 3 disebelah kanan atas, lalu pilih option, dan klik “custom field”.

Lalu di bagian bawah editor akan muncul beberapa field-field baik yang sudah ada atau field baru yang ingin ditambahkan. Seperti misalnya pada gambar disamping terdapat custom field dengan nama “sidebar” dengan nilai 0.

Dan untuk menambahkan custom field yang sudah ada kedalam post, maka anda dapat menggunakan menu dropdown yang ada dibawah, pilih nama field dan berikan nilainya.

Sedangkan Jika ingin membuat custom field baru, maka pilih pada bagian bawahnya, klik link “masukan yang baru” atau “enter new” dan berikan skrip fungsi untuk mengaktifkan custom field yang sudah dibuat.

Nantinya setiap nilai atau value yang anda berikan tersebut akan dapat ditampilkan pada post, page atau halaman produk WooComerce atau pada apapun yang ingin anda tampilkan, pastinya dengan memberikan kode yang seusai dengan template atau kode seksi dimana custom field ingin ditampilkan.

Kesimpulan tips-trik / cara membuat custom field WordPress

Pada artikel ini kami memang hanya menulis tentang bagaimana cara “memunculkan” custom field pada editor post atau page. Dan tidak secara rinci bagaimana memunculkan nilai atau value yang anda buat pada custom field untuk muncul pada halaman atau post. Tentang bagaimana cara melakukan hal tersebut kami berikan tutorial terpisah secara lengkap pada artikel kami berikut. Membuat variasi unit harga yang berbeda pada website WordPress (WooCommerce). Pada artikel tersebut kami melakukan sedikit customisasi pada harga produk halaman WooCommerce single, cart dan checkout dengan menggunakan value sebuah custom field.