Posted on

Setting Kustomisasi WordPress

wpJakarta – Setting Kustomisasi WordPress. Sesaat setelah melakukan instalasi WordPress maka yang harus dilakukan adalah melakukan kustomisasi. Kustomisasi dapat dilakukan secara live preview, artinya setiap perubahan setting yang dilakukan bisa langsung dilihat bagaimana perubahannya.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Halaman setting kustomisasi bisa diakses melalui dashboard admin pada menu : Tampilan >> Sesuaikan >> atau Appearance >> Customize jika setting bahasa WordPress anda dalam bahasa inggris.

Baca Juga :

Menu Setting Kustomisasi WordPress

Menu setting kustomisasi bisa saja berbeda-beda tergantung tema yang digunakan, tapi pada umumnya menu kustomisasi terdiri dari :

Identitas Situs atau Site Identity

Dimana kita dapat memberikan Judul situs, Slogan dan Ikon situs. Jika kita tidak memberikan logo pada situs, maka nama yang kita ketikan tadi akan berfungsi sebagai pengganti logo. Sementara ikon situs berupa sebuah logo berukuran 512 x 512 px yang akan muncul sebagai logo kecil pada browser yang mengunjungi situs kita.

Menu atau Menus

Disini anda akan menyeting susunan menu. Website anda mungkin bisa saja memiliki satu hingga lima menu tergantung tema yang digunakan. Yang biasanya lokasi menu terdiri dari :

  1. Primary menu
  2. Secondary menu
  3. Footer menu
  4. Social menu
  5. Mobile menu

Anda harus mensettingnya satu persatu mulai dari halaman, kategori atau tautan tersuai/link.

Widget

Menu widget biasanya terdiri dari dua lokasi, yaitu sidebar widget dan footer widget. Pada sidebar widget anda bisa menambahkan sebanyak widget yang anda suka, dan akan terpampang pada sebelah kanan/atau kiri halaman post. Sedangkan footer widget biasanya mengakomodasi hingga lima lokasi yang akan berada pada bagian bawah halaman website (Footer 1, Footer 2…… hingga footer 5).

General

Pada menu ini biasanya pengembang tema akan menempatkan setting untuk logo website termasuk juga retina logo, typography, layout halaman secara keseluruhan, bentuk atau warna form, tombol atau button, dan lain-lainnya.

Background and Color

Pada menu setting background and color, dimana anda akan memberikan warna background pada website atau ingin background adalah sebuah gambar. Secara default background warna tema website mungkin tidak berwarna putih murni. Jika anda suka dengan tampilan website yang minimal dan clean maka dapat diubah dengan warna putih, atau dengan warna apapun sesuka anda.

Pengaturan beranda atau homepage setting

Pilihannya ada dua, yaitu :

  1. Your latest posts, dimana halaman homepage akan bersifat dinamis, setiap post atau artikel yang dibuat maka akan terdisplay pada halaman homepage. Anda hanya perlu menentukan mode display blog, apakah blog list, blog grid atau blog alternate.
  2. A static page, halaman homepage akan bersifat tetap sesuai yang anda desain. Jika anda memilih setting statis ini maka perlu untuk menentukan halaman untuk menampung artikel post yang diterbitkan. Atau tempatkan kategori pada setting menu, sehingga artikel post akan menempati kategorinya masing-masing.

Theme Option

Pada setting theme option tergantung dari tema yang digunakan. biasanya terdiri dari layout website secara keseluruhan apakah full width, boxed dan framed. Selain itu disini juga biasanya disetting apakah ingin menampilkan “artikel terkait”, “enable/disable comment”, “apakah ingin menampilkan author box” dan lain-lainnya sesuai tema website yang digunakan.

Tambahan CSS atau Additional CSS

Jika anda ingin sedikit sentuhan pada website, maka anda bisa memberikan sentuhan css. Pada kotak tambahan CSS anda dapat memberikan kode-kode CSS tanpa harus merubahnya pada file CSS tema website anda.

Semua setting diatas tentu saja bergantung pada tema website yang digunakan. Semakin banyak fitur pada tema website anda maka akan semakin banyak dan lengkap juga pilihan setting kustomisasi situs website WordPress anda.