Posted on

Pengaturan Setting Permalink WordPress

wpJakarta – Pengaturan Setting Permalink WordPress. Secara default ada dua seksi pengaturan permalink WordPress, yaitu common setting atau pengaturan umum dan opsional. Pada pengaturan umum akan menentukan bagaimana struktur URL dari website kita secara keseluruhan. Sedangkan opsional setting memberikan pilihan untuk menghilangkan base kategori atau tag atau menggantinya dengan base lain.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Pengertian Permalink

Permalink adalah susunan URL yang permanen yang mengarah pada artikel blog atau konten disebuah website. Seperti contohnya blog post yang anda baca ini memiliki URL permalink : https://wpjakarta.com/blog/pengaturan-setting-permalink-wordpress. Yang jika link tersebut dishare dan di klik maka akan mengarah pada original halaman artikel ini.

Di WordPress ada pilihan-pilihan untuk mensetting permalink. Tapi kami sarankan anda untuk mensetting permalink tepat sebelum anda menuliskan artikel blog pertama. Setelah menentukan tipe permalink yang tepat dan menulis serta mempublish artikel, usahakan untuk tidak mengganti struktur permalink.

Pilihan Pengaturan Setting Permalink WordPress

Pengaturan umum atau common setting

Di WordPress terdapat beberapa pilihan struktur permalink yang bisa anda pilih, juga pilihan opsional untuk menghilangkan kategori atau tag base atau menggantinya dengan kata lain.

Baca Juga :

Pada pilihan biasa atau plain dan numerik dimana 123 adalah post ID dari artikel yang diterbitkan. Pilihan setting ini memang terlihat sederhana dan “minimalis”. Tapi dalam hal aspek SEO tidak disarankan untuk digunakan.

Yang berikutnya terdapat tahun, bulan dan tanggal atau tahun, bulan dan tanpa tanggal dengan struktur terakhir adalah judul artikel. Akan sangat jelas kapan tepatnya artikel tersebut dipublish. Untuk sebuah website berita atau majalah online pilihan ini bisa dipilih agar judul artikel yang mungkin sama tidak akan tumpang tindih.

Mungkin dari setiap website WordPress, pilihan setting permalink yang paling sering digunakan adalah pilihan custom sebagai berikut, dimana anda dapat menentukan sendiri tag yang akan mengisi struktur URL.

Dimana pilihan TAG yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :

Pilihan Pengaturan Setting Permalink WordPress

Opsional setting

Terdapat dua pilihan setting yang dapat membuat struktur permalink anda menjadi “lebih custom”

Secara default category base adalah “category” dan tag base adalah “tag” dengan kondisi setting tersebut maka halaman arsip kategory sebuah website akan menjadi https://domain.com/category/nama-category. Untuk mengganti dengan base lain cukup ketikan kata yang ingin digunakan. Jika misalnya disikan “topik” maka akan menjadi https://domain.com/topik/nama-category.

Jika ingin sama sekali tidak ingin menggunakan base ketikan titik (.) maka struktur kategori akan menjadi https://domain.com/nama-category.

tips ! Jika anda menghilangkan base kategori harap selaraskan juga dengan setting pada plugin SEO. Misalnya pada plugin Yoast SEO, terdapat setting “Remove the categories prefix : Keep / Remove”. Pastikan untuk toggle ke remove, setting yang tidak selaras menyebabkan halaman anda 404 not found.