Posted on

Mengatasi Masalah Mixed Content Di WordPress

wpJakarta – Mengatasi Masalah Mixed Content Di WordPress. Jika anda mengalami masalah mixed content atau content mixer yaitu dimana sebagian halaman website anda menampilkan sebagai halaman yang tidak aman alias non https. Atau mungkin halaman homepage anda yang terdeteksi masalah content mixer. Tentu hal tersebut membuat kita kesal karena sebenarnya kita sudah melapisi website kita dengan SSL, apalagi SSL premium alias bukan gratisan. Masalah mixed content sering terjadi jika anda menggunakan plugin page builder elementor.

Baca Juga :

Mengatasi masalah mixed content karena plugin elementor

Misalnya anda baru saja mengganti tema website lama anda dengan yang baru. Dan tema website yang baru membundle “elementor” sebagai plugin page buildernya. Sesaat setelah demo import anda dapati bahwa URL bar halaman homepage anda tidak menampilkan gambar gembok, melainkan tanda seru dengan label “Not Secure”. Jangan khawatir, karena pada elementor sendiri sudah menyiapkan built in tools untuk mengatasi content mixer. Dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Dari dashboard admin anda, silahkan menuju Elementor >> Lalu pilih Tools.
  • Lalu pada page tools elementor, lakukan “Regenerate CSS”, dan klik save changes atau simpan perubahan.
  • Lalu pindahlah ke tab “Replace URL”.
  • Pada kolom input yang pertama masukan nama domain anda dengan prefix http (http://example.com).
  • Pada kolom input yang kedua masukan nama domain anda dengan prefix https (https://example.com).
  • Lalu klik “Replace URL”.
  • Elementor akan mereplace semua halaman non http tadi menjadi https, dengan informasi berapa row yang berhasil di replace.
  • Bersihkan cache anda dan akses kembali website anda, seharusnya website anda secara keseluruhan akan menampilkan halaman yang https.

Mengatasi masalah mixed content yang masih membandel

Seringkali banyak laporan dari pengguna yang sudah melakukan replace url dan regenerate CSS elementor tapi websitenya masih menampilkan halaman non https. Hal ini disebabkan karena halaman tersebut memang masih mengandung atau terasosiasi dengan element atau link ke situs yang non https.

Mengatasi masalah content mixer WordPress dengan chrome dev tools

  • Caranya anda deteksi dulu pada halaman mana terdapat content mixer.
  • Klik kanan pada halaman dimana terdapat content mixer, lalu klik inspect
  • Klik “console” dan lihat masing-masing element apa yang masih mengandung content mixer.

Abaikan saja jika anda menemukan “A cookie associated with a cross-site resource at http://…..”. Karena hal tersebut tidak terlalu berpengaruh pada penyebab content mixer. Coba cari misalnya ada file gambar, background atau logo tema website anda masih terasosiasi (hotlink) dengan situs demo penyedia template website yang non https.

Mungkin anda perlu melokalkan dulu file-file tsb, lalu upload kembali ke file upload anda untuk anda jadikan background, logo dan sebagainya. Sampai disini mengatasi masalah content mixer di wordPress, semoga dapat membantu menyelesaikan masalah anda.


Baca Juga :