Posted on

Mengatasi Masalah Gambar Yang Tidak Muncul di WordPress

Mengatasi Masalah Gambar Tidak Muncul WordPress

wpJakarta – Mengatasi Masalah Gambar Yang Tidak Muncul di WordPress. Pernahkah anda tiba-tiba semua gambar yang biasanya menghiasi postingan artikel tidak muncul pada website WordPress. Cek dan ricek semua gambar tersebut masih ada pada folder upload, tetapi hanya terlihat blank berwarna abu-abu. Clear cache sudah dilakukan namun hasilnya gambar masih juga belum mau “nongol. Berikut beberapa penyebab dan solusi yang mungkin bisa diambil untuk mengatasi masalah gambar yang tidak mau nuncul yang terjadi pada website WordPress

Mengatasi masalah gambar tidak muncul WordPress dengan mengecek setting image & permalink

Lakukan dulu “checking” dari hal-hal yang sepele, seperti misalnya pengaturan media. Dari dashboard admin Setting >> Media atau Pengaturan >> Media. Tanpa melakukan perubahan apapun, klik “save changes”. Begitu juga dengan setting permalink klik lagi “save changes” tanpa merubah settingan untuk “merefresh” file .htaccess.

Mengatasi masalah gambar tidak muncul WordPress dengan mengecek file .htaccess

Coba untuk mengecek file .htaccess, jika sebelumnya terdapat kode untuk mencegah hotlinking, coba untuk dihilangkan dulu untuk melihat apakah gambar masih belum mucul juga. Jika perlu hapus dulu file .htaccess dan generate file .htaccess yang baru dengan cara meng-klik “save changes” tanpa merubah settingan apapun pada setting permalink.

Mengatasi masalah gambar tidak muncul WordPress dengan mengecek plugins

Coba cek apakah hal tersebut terjadi karena adanya “interefence” dari sebuah plugin yang terpasang pada website anda. Caranya deaktivasi semua plugin yang ada. Jika saat semua plugin terdeaktivasi dan gambar bisa muncul berarti masalah tersebut memang di sebabkan karena masalah dari salah satu plugin. Aktivasi plugin satu persatu untuk mendeteksi plugin apa yang menyebabkan masalah tersebut.

Mengatasi masalah gambar tidak muncul WordPress dengan mengecek tema website

Tidak ada salahnya untuk mengecek tema website, katakanlah mungkin ada kode atau fungsi yang secara “tidak sengaja” telah terubah atau berubah formatnya. Coba gunakan tema lainnya seperti tema default WordPress untuk melihat apakah masalah gambar yang tidak muncul pada website WordPress memang disebabkan oleh tema yang anda gunakan. Jika ternyata saat menggunakan tema lain gambar mau muncul, berarti anda harus menginstall ulang tema anda. Atau coba selidiki dengan cara debug untuk mengetahui bagian atau file apa yang bermasalah. Sehingga file tersebut bisa anda gantikan dengan file baru dengan cara transfer FTP.

Tapi jika ternyata saat menggunakan tema lain, gambar tersebut tetap tidak muncul, maka masalahnya kemungkinan erjadi pada CMS WordPress.

Mengatasi masalah gambar tidak muncul WordPress dengan mengecek file permission

Coba cek file permision folder “upload” menggunakan aplikasi FTP. Dan coba untuk mengubah setting file permission menjadi “744”. Coba juga untuk merubah ke parameter lainnya misalnya “755” dan “644”.

Buat kopi dan nyalakan sebatang rokok

Jika beberapa cara diatas sudah anda lakukan dan belum juga membuahkan hasil. Kami khawatir anda mulai “kehilangan” kesabaran. Coba untuk break sebentar untuk “nyeduh” dan minum kopi, dan jika anda merokok coba nyalakan sebatang rokok sambil ngopi.

Kesimpulan :

Coba longok juga file wp-config dan ketikan kode berikut :

 define('UPLOADS', 'wp-content/uploads');

Masalah gambar yang tidak muncul pada website WordPress cukup sering terjadi. Kadang-kadang hanya karena masalah sepele dan mudah di atasi. Tapi terkadang juga sulit diatasi hingga akhirnya harus dilakukan “re-upload” gambar-gambar tersebut. Jika masalah tersebut masih juga belum menemukan solusi coba hubungi support hosting untuk mengetahui adakah “kegiatan’ dari sisi hosting yang menyebabkan masalah tersebut. Misalnya proses back-up yang “kurang sempurna” atau kemungkinan hal lainnya.

Beberapa lagi masalah yang menyebabkan hal tersebut adalah :

  • Format salah satu file penting php yang salah, seharusnya adalah utf-8.
  • Menggunakan tema baru.
  • Atau yang paling buruk adalah kemungkinan website anda di hack.