Posted on

Mengatasi Masalah Error WordPress Technical Difficulties

wpJakarta – Mengatasi Masalah Error WordPress Technical Difficulties. Ketika sedang melakukan setting pada dashboard admin WordPress (atau biasanya setelah install plugin baru), tiba-tiba mengalami error. Error dimana halaman dashboard admin menjadi tidak bisa diakses sama sekali.

Website secara keseluruhan juga tidak dapat diakses. Hanya layar putih yang bertuliskan “This site is experiencing technical difficulties. Please check your site admin email inbox for instructions”. Lalu email yang dimaksud pun datang dengan link dan instruksi yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga :

Error karena plugin konflik

Meskipun pesan errornya mengatakan “experiencing technical difficulties”. Ternyata masalahnya tidak difficulties-difficulties amat, atau tidak susah-susah amat. Jika tiba-tiba error tersebut muncul setelah menginstal plugin baru dan sedang mensettingnya. Maka sudah pasti itu karena plugin yang baru dipasang konflik dengan tema atau dengan plugin yang lain.

Masalahnya adalah dashboard admin tidak bisa diakses. Tapi selama anda masih bisa mengakses cPanel maka anda dapat memulai mengatasi masalah error WordPress technical difficulties tersebut dari cPanel anda.

Akses layanan hosting anda untuk mengakses cPanel file manager atau melalui akun FTP. Rename folder Plugins (public_html / wp-content / plugins) misalnya menjadi PluginsOFF.

Dalam kondisi folder pluginsOFF cobalah untuk mengakses dashboard admin WordPress. Setelah berhasil masuk pada area admin WordPress kembalikan lagi nama folder pluginsOFF ke seperti semula “plugins”. Setelah dikembalikan ke nama semula, anda akan mendapati semua plugin dalam status non-aktif atau deactivated.

Aktifkan plugin satu persatu untuk melihat plugin mana yang menyebabkan error tersebut. Langkah selanjutnya anda bisa membuka tiket pada layanan support plugin yang error tersebut untuk mendapatkan bantuan.

Masalah error karena tema website

Jika error tersebut terjadi sesaat setelah anda memasang atau mengganti tema, maka masalahnya kemungkinan ada pada tema website yang baru dipasang. Sama seperti diatas lakukan rename folder tema yang aktif (bukan pada folder induk themes). Misalnya jika nama tema anda adalah “responsipro” maka rename menjadi “responsiproOFF”.

Lalu akses atau refresh admin dashboard dan sementara gunakan tema default cadangan WordPress. (Pastikan dalam instalasi wordpress anda selalu terdapat tema cadangan). Saat ini misalnya tema default WordPress adalah twentytwenty.

Lakukan investigasi pada bagian kode mana dari tema yang mengalami error, atau hubungi support dimana anda membeli atau mendapatkan tema tersebut.

Jalankan WP DEBUG

Dari dua solusi diatas seharusnya sudah bisa mengatasi masalah error WordPress technical difficulties tersebut. Atau jika bukan karena plugin atau tema yang bermasalah, anda bisa menjalankan opsi wp_debug dengan langkah sebagai berikut :

  • tambahkan kode berikut pada file “wp-config.php” tepat sebelum atau di atas komen “/* That’s all, stop editing! Happy publishing. */”.  Biasanya pada baris tersebut sudah terdapat kode define( 'WP_DEBUG', false ); ganti “false” menjadi “true” dan tambahkan dua baris kode berikutnya hingga menjadi seperti berikut :
define('WP_DEBUG', true);
define('WP_DEBUG_LOG', true);
define( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false );
  • Refresh website (seharusnya bisa diakses).
  • Lihat pada folder wp-content file untuk melihat file dengan nama : debug.log.
  • Lihat pada bagian baris dimana berisi kalimat : PHP Fatal error: bla_bla_bla_bla()

Setelah menemukan dimana masalahnya. Kembalikan mode debug seperti sebelumnya menjadi define( 'WP_DEBUG', false );


100% website WordPress transparan dan “ecofriendly”, tidak ada data pengunjung yang kami kumpulkan dan tidak ada tracking data apapun terhadap data-data pengunjung”.​ Selengkapnya kunjungi halaman tentang kami.

wpJakarta

Blog “native” yang fokus pada usaha online berbasis WordPress & WooCommerce. Lihat penawaran terbaik untuk merchandise WordPress (Kaos, Hoodie, Topi, Tas dll).

Selengkapnya, klik : https://wpjakarta.com/shop/

Fresh (+62)

e-Commerce produk fresh online. Order secara online sayur, daging, buah dan bumbu rempah atau kirim list pesanan untuk pemenuhan usaha makanan dan restoran.

Selengkapnya, klik : https://freshplus62.com/about/